Cara Melihat Spesifikasi Laptop Milikmu (Windows & macOS)

Windows Laptop sony

Saat pertama kali beli laptop, entah Windows atau Macbook, kamu mungkin hafal semua spesifikasi laptop tersebut. Namun, setelah beberapa waktu, bisa saja kamu lupa. Lalu bagaimana melihat spesifikasi laptop tersebut?

Mengetahui spesifikasi laptop cukup penting. Yah, siapa tahu kamu mau melakukan upgrade, reparasi, atau mau menjualnya kembali. Informasi yang tepat sangat dibutuhkan.

Namun seperti yang sudah saya sebut. Setelah beberapa lama, kita sudah sibuk dengan fungsi laptop itu sendiri. Sehingga agak tidak peduli dengan spesifikasinya. Waktu tiba saatnya, bisa saja kita bingung.

Cara Lihat Spesifikasi Laptop Windows

Kalau kamu ingin tahu spesifikasi umum laptop Windows yang kamu punya, kamu bisa melihatnya di halaman Settings. Yang perlu kamu lakukan hanyalah membuka Settings > System > About.

Di sana kamu bisa melihat beberapa informasi seperti edisi Windows beserta versi dan build-nya, prosesor, dan juga RAM.

settings windows 10
Gambar: Windows Central

Kalau kamu ingin tahu informasi spesifikasi teknis lebih detil, kamu bisa melihatnya melalui System Information. Yang perlu kamu lakukan adalah membuka Start Menu, cari msinfo32 atau System Information, dan tekan Enter.

Di sana kamu akan menemui ringkasan sistem (System Summary) yang menampilkan informasi lebih detil soal spesifikasi laptop milikmu. Kamu juga bisa melihat beberapa hal teknis lain di sana. Misalnya info kartu grafis yang bisa kamu temukan di bagian Display.

system information windows 10

Cara Lihat Spesifikasi Macbook

Kalau kamu menggunakan laptop Macbook, kamu pun bisa melakukan hal yang sama.Kalau kamu ingin mengetahui spesifikasi umum Macbook milikmu, kamu bisa menemukannya di bagian About My Mac. Yang perlu kamu lakukan adalah klik logo Apple di menu bar, lalu pilih About My Mac.

Di sana kamu bisa melihat informasi secara umum, termasuk: Versi macOS (atau OS X), versi Macbook, prosesor, RAM, kartu grafis, dan juga serial number Macbook. Kalau kamu klik tab lain, kamu bisa melihat informasi lebih jauh soal layar dan penyimpanan (HDD atau SSD).

about my mac
Gambar: Apple

Kalau kamu ingin informasi yang jauh lebih detil tentang spesifikasi perangkat di Macbook, kamu bisa menemukannya di System Information. Yang perlu kamu lakukan adalah: Tekan logo Apple di menu bar, tekan tombol Option di keyboard, dan klik System Information.

Di sana kamu akan menemukan informasi seperti perangkat audio, Bluetooth, dll. Informasi di sini lebih teknis daripada sekedar melihat spesifikasi di About My Mac.

sistem information macbook
Gambar: Apple

Itulah cara melihat spesifikasi laptop milikmu. Kalau kamu ingin informasi lebih jauh, bisa lihat di halaman dukungan Windows atau halaman bantuan macOS.

More Stories
melakukan jual beli online
Mengenal Beberapa Istilah Jual Beli Online