Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

4 Cara Melupakan Jaringan Wifi di Windows 10 dan 11 yang Pernah Terhubung

wifi laptop windows

Buat kamu yang sedang kebingungan mencari bagaiman langkah-langkah atau cara melupakan jaringan Wifi di Windows 10 dan 11 atau seri Windows lainnya bisa simak artikel ini ya!

Perlu diketahui, fitur melupakan jaringan Wifi artinya yakni menghapus history berupa password dan username sebuah jaringan yang pernah tersambung di laptop atau PC Kamu.  

Nah, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk melupakan jaringan Wifi di perangkat laptopmu yang menggunakan Windows 10 dan beberapa Windows lainnya. Yuk, simak penjelasannya baik-baik ya!

Cara Melupakan Jaringan Wifi di Windows 10 dan 11

Melupakan jaringan Wifi atau dalam bahasa inggris disebut dengan ‘forget wifi’ di Windows sering kali dilakukan apabila kamu mengalami kendala saat sedang ingin terkoneksi dengan sebuah jaringan. Langkah ini bisa menjadi alternatif solusi yang bisa dicoba agar bisa terkoneksi kembali.

Menjadi catatan bahwa melupakan jaringan wifi di Windows memiliki beberapa step yang sedikit berbeda satu sama lain pada setiap serinya, berikut uraian lengkapnya!

1. Melalui Open Networks and Internet Settings

Buat pengguna laptop dengan Windows 10 dan 11, kamu bisa melupakan jaringan wifi dengan memanfaatkan pilihan menu di ikon jaringan. Kamu bisa mengikuti langkahnya di bawah ini secara urut ya!

  • Pada sudut bawah layar bagian taskbar, klik kanan ikon jaringan sampai muncul pop-up yang bertuliskan ‘Open networks and internet settings’ lalu klik. Jika ikon jaringan belum muncul, kamu bisa klik ikon panah ke atas ‘Show hidden icons’
melupakan jaringan wifi
  • Muncul beberapa pilihan menu, klik menu ‘Wifi’
melupakan jaringan wifi
  • Klik opsi ‘Manage known networks’
melupakan jaringan wifi
  • Disana akan muncul beberapa nama wifi yang pernah kamu sambung di laptop kamu, cari wifi yang ingin kamu lupakan kemudian klik
melupakan jaringan wifi
  • Klik tombol ‘Forget’ buat melupakan jaringan wifi 

Cara diatas merupakan cara paling mudah dan simple dilakukan dan apabila cara tersebut tidak bisa kamu bisa menggunakan cara lain yang dijelaskan berikut ini.

2. Menggunakan Menu Settings

Langkah-langkah yang bisa kamu ikuti melalui menu setting sebagai berikut ini :

  1. Klik ‘Start’, kemudian pilih menu ‘Settings’
  2. Terdapat beberapa pilihan, klik opsi ‘Network and internet’
  3. Klik ‘Wifi’
  4. Di jendela berikutnya, klik ‘Manage known networks’
  5. Pada nama wifi yang telah muncul di layar, kamu pilih wifi yang ingin kamu lupakan kemudian klik tombol ‘Forget’

Menggunakan menu settings bisa kamu jadikan opsi atau pilihan untuk melupakan jaringan wifi di laptop atau PC Windows 10 dan 11 milik kamu ya.

Baca Juga:  Percantik Tampilan Windows Dengan Rainmeter Skin

3. Menggunakan Taskbar

Berikut ini urutan langkah yang harus kamu ikuti bila ingin menggunakan Taskbar yang ada di Windows kamu:

  1. Pada menu taskbar, pilih ikon jaringan
  2. Akan terlihat beberapa nama wifi yang sedang ada dalam jangkauan laptopmu. Kamu bisa melupakan wifi dengan mengklik kanan namanya, kemudian akan muncul menu pop-up. Klik tombol ‘Forget’

Dengan memakai cara ini, kamu hanya bisa melupakan jaringan wifi yang ada dalam jangkauan dan yang sedang tersambung di laptop Windows 10 atau 11-mu.

4. Menggunakan Command Prompt

Buat cara satu ini lebih rumit dari cara-cara yang sebelumnya, tapi kalau kamu ingin coba melupakan wifi pakai command prompt maka simak langkah-langkahnya dengan baik :

  1. Klik menu ‘Start’ kemudian cari ‘Command prompt’ pada kolom pencarian
  2. Klik kanan command prompt dan jalankan fitur dengan klik ‘Run as administrator’
  3. Ketik netsh wlan show profiles’ lalu tekan ‘Enter’. Pada jendela akan muncul daftar nama-nama wifi yang pernah kamu sambungkan sebelumnya
  4. Ketik perintah netsh wlan show profiles=‘network’ ’ dan tekan ‘Enter’ buat melupakan wifi. Dengan catatan, kamu harus pakai nama wifi atau profil sesuai dengan apa yang sudah muncul di daftar nama-nama wifi 
  5. Buat melupakan semua jaringan wifi yang udah pernah tersambung di laptop kamu, ketik  netsh wlan show profiles=*i=*’

Empat opsi cara di atas bisa kamu coba satu persatu agar perangkatmu bisa melupakan jaringan wifi dan terkoneksi dengan jaringan yang lebih baik lagi.

Cara Menghapus Jaringan Wifi di Windows Lama

Tidak adil rasanya bila tidak memberikan cara melupakan sambungan wifi untuk beberapa Windows lama seperti windows 8 dan 7 karena tidak memungkiri bahwa mungkin saja masih ada yang menggunakan dua versi windows lama ini. Nah bagi kamu para pemilik laptop dengan Windows 8 yang bisa kamu coba cara berikut:

Baca Juga:  Cara Cek Seri VGA Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan

1. Forget Wifi Pada Windows 8

Sebenarnya cara melupakan jaringan wifi di laptop dengan Windows 8 ga beda jauh sama Windows 10. Tapi, memang ada perbedaan beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Apa perbedaannya dan gimana langkah-langkahnya? Kamu bisa ikuti penjelasan di bawah :

  1. Pada taskbar pilih ikon jaringan
  2. Klik ‘View connection settings’
  3. Pilih menu ‘Connections’ kemudian klik ‘Manage known networks’
  4. Akan muncul nama-nama wifi yang pernah tersambung di laptop kamu. Klik wifi yang ingin kamu lupakan kemudian klik tombol ‘Forget’

Windows 8 yang di masa kini udah terbilang sistem windows yang jadul tapi masih ada cara-cara buat melupakan jaringan wifi yang pernah terhubung, windows 7 simak penjelasan di bawah ini ya!

2. Remove Jaringan Wifi di Windows 7

Buat kamu yang masih pakai laptop Windows 7 dan ingin tahu cara melupakan sambungan wifi yang pernah terpasang, berikut ini langkah-langkah yang harus kamu ikuti :

  1. Pada taskbar pilih ikon jaringan
  2. Pilih ‘Open network and sharing center’
  3. Klik ‘Manage wireless networks’
  4. Akan muncul beberapa nama wifi yang pernah tersambung di laptop kamu. Klik wifi yang ingin kamu lupakan dengan mengklik namanya kemudian pilih ‘Remove’

Selain Windows 7, cara yang udah dijelasin di atas juga bisa diterapkan buat kamu para pengguna Windows XP dan Windows Vista ya.

Kenapa Harus Melupakan Jarigan Wifi?

Alasan kenapa harus melupakan jaringan Wifi biasanya karena mengalami kendala saat ingin melakukan koneksi ke jaringan tersebut, atau bahkan biasanya karena jaringan tersebut dirasa lemot sehingga mengharuskan untuk melakukan koneksi ulang.

What’s Next?

Pada dasarnya cara yang digunakan buat melupakan jaringan Wifi cukup mirip antara Windows satu dengan Windows lainnya.

Nah, Gimana? Kamu yang mengikuti langkah-langkah di atas dengan urut pasti sekarang udah tahu cara melupakan jaringan Wifi di Windows yang sesuai dengan laptopmukan? Tertarik untuk mencoba beberapa cara di atas? Bisa langsung berikan pendapatmu di kolom komentar ya!


Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.