Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Memasang Set Top Box ke TV Tabung Terlengkap dan Termudah, Biar Nggak Salah Kabel!

cara memasang set top box ke tv tabung
Sumber: YouTube/Creative Film
Indri Penulis

Kamu lagi cari cara memasang set top box ke TV tabung terlengkap dan termudah? Kebetulan banget, cobain tutorial di sini yuk!

Indonesia selama beberapa bulan terakhir lagi gencar-gencarnya mengkampanyekan siaran TV digital. Bukan tanpa alasan, siaran TV digital diklaim memiliki kualitas visual dan suara yang lebih bagus daripada siaran analog.

Untuk bisa beralih di siaran TV digital, masyarakat Indonesia dihimbau untuk menggunakan set top box. Alat ini bisa dihubungkan ke berbagai jenis TV, bahkan TV tabung sekali pun.

Zaman sekarang masyarakat mungkin banyak yang sudah beralih ke TV layar datar. Tapi nggak sedikit juga masyarakat Indonesia yang masih menggunakan TV tabung.

Nah karena itulah, dalam ulasan kali ini saya ingin membeberkan cara memasang set top box ke TV tabung? Buatmu pengguna TV tabung, udah nggak usah galau. Langsung aja praktikkan tutorial dari saya berikut ini!

  • Solusi Cepat
    Sambungkan STB ke TV dan antena dengan kabel RCA untuk TV tabung. Lalu masukkan kode pos daerahmu dan simpan pengaturan. Terakhir pilih “Menu > Setting > Pencarian Saluran Secara Otomatis.”

Apa Itu Set Top Box?

STP atau set top box adalah sebuah alat elektronik yang mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang nantinya ditampilkan ke TV, bisa TV LED (TV layar datar) dan TV Tabung (TV layar cembung).

Mengenal Jenis Set Top Box TV Digital

Sebelum saya menjelaskan cara memasang set top box ke TV tabung, mungkin lebih bagus kalau kamu tahu dulu apa aja jenis set top box TV digital.

cara memasang set top box ke tv tabung
Sumber: Suara Merdeka

Secara umum, semua set top box tidak ada bedanya yakni terdapat pengolah sinyal dan remote. Namun secara fitur, jelas ada perbedaan kualitas.

Baca Juga:  Rekomendasi Smart TV Murah Meriah, Harga Setara Smartphone

Set top box terbagi dalam beberapa jenis yakni di antaranya:

  • STB Terestrial T2
  • STB TV Box
  • STB Satelit
  • STB TV Kabel
  • STB Internet

Nah setiap set top box yang saya sebutkan di atas punya fitur berbeda-beda. Kalau kamu ingin tahu dalam tentang fitur-fiturnya, kamu bisa baca artikel “Jenis Set Top Box TV, Jangan Sampai Salah Beli” biar nanti nggak salah beli.

Cara Memasang Set Top Box ke TV Tabung

Memasang set top box ke TV tabung sebenarnya nggak sulit. Tapi ya kamu tetap perlu tahu tekniknya biar nanti nggak salah kabel. Kalau sampai salah kabel, bisa runyam masalahnya. Hi..

cara memasang set top box ke tv tabung
Sumber: Indiantech

Tapi sebelum memasang STB ke TV tabung, saya cuma mau mengingatkan. Pastikan daerahmu saat ini benar-benar sudah mendukung siaran TV digital. Soalnya kalau daerahmu belum mendukungnya, cara yang kamu praktikkan kali ini bakal sia-sia.

Untuk memasang set top box ke TV tabung, kamu bisa langsung praktikkan langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan antena UHF untuk outdoor maupun indoor.
  • Sekarang sambungkan STB ke TV dan antena dengan kabel RCA untuk TV tabung.
  • Kemudian pastikan kabel STB, antena dan TV tabung tersambung dengan baik.
  • Selanjutnya pastikan TV dalam kondisi menampilkan sumber AV.
  • Kalau misalnya ada pilihan AV1 dan seterusnya, kamu bisa sesuaikan sendiri sesuai instruksi di layar TV.
  • Sekarang coba nyalakan set top box.
  • Masukkan kode pos dan isi sesuai domisili rumahmu.
  • Pilih “Simpan” untuk menyimpan data tersebut.
  • Sekarang masuklah ke “Menu” dan pilih “Setting.”
  • Selanjutya, pilih menu “Pencarian Saluran Secara Otomatis.”

Selesai deh. Setelah kamu STB melakukan pencarian saluran otomatis, kamu akan melihat daftar channel TV yang bisa ditonton. Tinggal pencet-pencet remote seperti biasa aja untuk mengganti channel-nya ya.

Baca Juga:  7 Cara Menyambungkan YouTube ke TV Anda, Nonton TV Makin Asik!

Rekomendasi Set Top Box TV Digital Terbaik

Setelah tahu jenis-jenis set top box TV digital lengkap dengan cara pemasangannya, jangan pergi dulu. Karena sekarang saya bakal kasih kamu beberapa rekomendasi set top box TV digital terbaik.

cara memasang set top box ke tv tabung
Sumber: Shopee

Untuk kamu yang baru berencana membeli set top box TV digital, ini dia rekomendasi STB terbaik yang bisa kamu pertimbangkan:

  • Akari ADS-2230
  • Evercoss STB Max
  • Polytron PDV 600T2
  • Tanaka T2 New
  • Matrix Burger DVB-T2

Seperti biasa, setiap STB yang saya sebutkan punya fitur unggulan yang berbeda-beda. Kamu bisa baca artikel “5 Rekomendasi Set Top Box TV Digital Terbaik dan Murah Berkualitas Standar Kominfo Terbaru.

Di artikel tersebut, kamu nggak cuma tahu rekomendasi STB TV digital terbaik. Tapi kamu juga bisa tahu apa saja fitur unggulan yang mereka miliki. Jadi saya jamin, nggak bakal ada istilah salah beli set top box deh jadinya!

What’s Next?

Baiklah Urban People, itu dia cara memasang set top box ke TV tabung. Pakai TV tabung bukan berarti kamu nggak bisa menikmati siaran TV digital yang lagi ngetren saat ini.

Cukup praktikkan cara di atas dan kamu sudah bisa menghubungkan set top box ke TV tabung secara mandiri. Jadi nggak perlu manggil teknisi untuk memasangnya deh.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]