Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Mematikan Aplikasi Melalui Task Manager Secara Paksa di Windows 10 & 11, Termudah!

cara mematikan aplikasi dengan task manager secara paksa
Indri Penulis

Gimana sih cara mematikan aplikasi melalui Task Manager secara paksa di Windows 10 & 11? Kamu bisa dapatkan cara termudahnya lewat tutorial berikut.

Sebagai pengguna komputer, nggak setiap saat kita bisa lancar memakai komputer. Ada kalanya, bakal muncul beberapa kendala yang bisa bikin aktivitas terganggu.

Contoh yang paling sering terjadi adalah pas kita pakai aplikasi. Lagi asyik-asyiknya pakai aplikasi, eh tiba-tiba aplikasi macet. Parahnya lagi pas kita coba menutup aplikasi tersebut, komputer malah not responding.

Kalau sudah begitu, biasanya kebanyakan orang bakal menutup paksa aplikasi. Kalau kamu pengguna Windows 10 dan Windows 11, kamu bisa pakai Task Manager.

Nah pertanyaannya, gimana sih cara mematikan aplikasi melalui Task Manager secara paksa di Windows 10 dan 11? Udah, nggak usah galau. Kali ini saya akan membocorkan cara termudahnya untuk kamu!

  • Solusi Cepat
    Pertama kamu bisa tekan “ALT + F4” di aplikasi yang ingin ditutup. Kalau nggak mempan, klik “CTRL + Shift + Delete” atau “CTRL + Shift + Esc” untuk membuka Task Manager. Klik kanan aplikasi yang ingin ditutup dan pilih menu “End Task.”

Cara Mematikan Aplikasi Melalui Task Manager Secara Paksa

Mematikan aplikasi secara paksa adalah pilihan yang tepat saat komputer macet. Kamu bisa pakai cara paksa dengan mengandalkan Task Manager.

Sayangnya, ada sedikit perbedaan cara mematikan aplikasi lewat Task Manager di Windows 10 dan Windows 11. Tapi nggak usah khawatir, saya akan membahasnya secara lengkap dalam tutorial Windows berikut ini.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Fitur Nearby Sharing di Windows

1. Cara Menutup Aplikasi dengan Task Manager Windows 10

Metode pertama ini khusus untukmu pengguna Windows 10. Kamu tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tekan shortcutCTRL + ALT + DELETE” di keyboard secara bersamaan.
cara mematikan aplikasi dengan task manager secara paksa
Sumber: Hellotech
  • Kemudian pilih menu “Task Manager” yang ada di daftar.
  • Kalau kamu nggak lihat aplikasi di daftar, klik tombol “More Details” di pojok kiri bawah jendela.
cara mematikan aplikasi dengan task manager secara paksa
Sumber: Hello Tech
  • Selanjutnya klik kanan aplikasi yang ingin kamu tutup paksa.
  • Lalu pilih menu “End Task” untuk menutup paksa aplikasi.

2. Cara Menutup Aplikasi dengan Task Manager Windows 11

Kalau tadi sudah saya bahas yang versi Windows 10, sekarang gantian tutorial khusus untuk pengguna Windows 11. Ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

  • Tekan tombol “CTRL + Shift + Esc” secara bersamaan untuk membuka Task Manager.
cara mematikan aplikasi dengan task manager secara paksa
  • Klik tombol “More Details” yang ada di pojok kiri bawah Task Manager.
  • Selanjutnya klik tabProcesses” di pojok kiri tampilan.
  • Temukan aplikasi yang ingin kamu tutup.
svg%3E
  • Klik kanan aplikasi tersebut, lalu klik menu “End Task.”

Sudah, selesai. Setelah kamu klik menu “End Task,” sistem akan menutup aplikasi tersebut secara paksa. Kalau kamu ingin menutup aplikasi lainnya, kamu tinggal mengulangi langkah-langkah di atas.

Cara Alternatif Menutup Aplikasi Tanpa Task Manager

Selain menggunakan Task Manager, sebenarnya masih ada beberapa cara alternatif yang bisa kamu coba. Cara ini mengandalkan shortcut di keyboard. Kalau manjur, seharusnya cara alternatif ini jauh lebih simpel dibanding pakai Task Manager.

1. Cara Alternatif Menutup Pakai Aplikasi Pakai “ALT + F4”

Sebelum kamu menggunakan Task Manager, saya akan kasih tips alternatif yang lebih simpel. Kalau tips ini manjur, kamu nggak perlu lagi membuka Task Manager.

Baca Juga:  Cara Memindahkan Foto Dari iPhone Ke Laptop Windows

Saat aplikasi yang kamu buka not responding, kamu bisa menekan shortcutALT + F4” secara bersamaan di keyboard. Biasanya kalau kamu menekannya sekali, memang nggak ada respon. Tapi coba tekan shortcut tersebut beberapa kali.

Namun kalau kamu sudah menekan shortcut beberapa kali dan nggak ada respon, sabar. Berarti kamu wajib coba cara mematikan aplikasi melalui Task Manager secara paksa di Windows 11.

2. Cara Alternatif Menutup Paksa Aplikasi Pakai “Windows + R”

Selain menggunakan shortcut “ALT + F4,” kamu juga bisa pakai perintah lain yakni pakai “taskkill.” Perintah tersebut bisa kamu pakai di layanan Run. Begini langkah-langkahnya:

  • Buka layanan Run dengan klik shortcutWindows + R.”
cara mematikan aplikasi dengan task manager secara paksa
  • Di bidang Open, ketik “taskkill / im program.exe / t.”
  • Kemudian ganti “program.exe” dengan nama aplikasi yang ingin kamu tutup paksa.
cara mematikan aplikasi dengan task manager secara paksa
  • Contohnya kamu ingin menutup Word, perintahnya jadi begini “taskkill / im word.exe / t.”
  • Kalau sudah klik tombol “OK.”

Selesai. Kalau masih nggak berhasil, coba restart komputermu. Fyi, restart adalah opsi terbaik untuk menyelesaikan masalah kecil di komputer. Salah satu contohnya adalah gangguan software yang bisa menyebabkan programmu nggak bisa ditutup.

What’s Next?

Itu dia cara mematikan aplikasi melalui Task Manager secara paksa di Windows 11. Saran saya, kamu coba dulu cara alternatif yang sudah saya sediakan. Kalau masih nggak mempan, baru kamu pakai Task Manager untuk menutup aplikasi secara paksa.


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]