Cara Mematikan Fitur AutoCorrect di Microsoft Word. Biar Nggak Ganggu!

Sering terganggu gara-gara fitur AutoCorrect di Microsoft Word? Tenang, coba saja cara mematikan fitur AutoCorrect di Microsoft Word berikut ini.

Pernah nggak sih, ketika kamu mengetik sebuah kata di Microsoft Word, tapi tiba-tiba kata yang kamu ketik tadi berubah otomatis jadi bahasa Inggris? Kalau pernah, berarti itu artinya fitur AutoCorrect di Microsoft Word-mu aktif.

Kadang fitur ini membantu sih. Apalagi saat kita mengetik kata di awal kalimat. Kita nggak perlu tekan tombol ‘Shift’ agar hurufnya kapital. Karena fitur ini bakal otomatis membuat huruf depan jadi kapital.

Tapi nggak jarang fitur ini justru mengganggu (termasuk saya juga begitu). Contohnya saat kamu nulis ‘teh,’ maka Word bakal otomatis mengubah kata tersebut jadi ‘the.’ Kalau begitu terus, jelas bakal mengganggu kan?

Bisa nggak sih fitur ini dinonaktifkan? Bisa banget dong. Simak artikel ini buat tahu cara mematikan fitur AutoCorrect di Microsoft Word. Yuk, langsung saja.

  • Buka aplikasi Microsoft Word-mu.
  • Klik menu “File” di pojok kiri atas layar.
  • Selanjutnya, pilih menu “Options.”
  • Klik menu “Proofing.”
  • Kalau sudah, lanjut klik tombol “AutoCorrect Options.”
  • Setelah itu akan muncul kotak dialog “AutoCorrect.”
  • Untuk menonaktifkan fitur ini, hilangkan centang pada “Replace text as you type.”
  • Terakhir klik tombol “Ok” untuk mengonfirmasi perintah.

Kalau sudah, sekarang kamu bisa cek di Word apakah kesalahan ketik yang kamu tulis masih akan dikoreksi atau tidak.

Contoh yang paling sederhana, coba ketikkan kata ‘teh’ di Word. Kalau fitur ini sudah nggak aktif, kata tersebut akan tetap ‘teh’ dan nggak berubah menjadi ‘the’ seperti biasanya.

Gimana, gampang banget kan? Nah, cara ini juga bisa kamu pakai kalau ingin mengaktifkan kembali fitur AutoCorrect. Cuma bedanya, kamu harus mencentang opsi “Replace text as you type” di kotak dialog “AutoCorrect.”

Selamat mencoba ya!

%d blogger menyukai ini: