4 Cara Mudah untuk Mematikan dan Restart Samsung Galaxy Z Flip 3

Indri Penulis

Cara mematikan dan restart HP Samsung Galaxy Z Flip 3 agak unik. Kalau bingung, kamu boleh simak beberapa caranya dalam artikel ini.

Mematikan atau me-restart HP Samsung keluaran beberapa tahun yang lalu sangat mudah. Kamu cukup menekan lama tombol Power, lalu pilih opsi yang mau kamu gunakan (mau mematikan atau me-restart HP).

Sayangnya cara seperti itu sudah nggak berlaku buat HP Samsung versi terbaru. Apalagi untuk HP baru sekelas Samsung Galaxy Z Flip 3. Saat kamu menekan tombol Power, justru HP-mu akan tersambung ke Bixby.

Lalu bagaimana cara mematikan dan restart HP Samsung Galaxy Z Flip 3? Nggak perlu bingung. Kali ini saya akan kasih beberapa tips buatmu. Oya, kamu juga bisa pakai cara ini untuk mematikan dan restart Samsung Galaxy Z Fold 3 atau ponsel lipat Samsung yang lain lho.

Pakai Tombol Power + Tombol Volume Bawah

Kalau di HP Android lain, kombinasi tombol Power dan Volume bagian bawah dipakai untuk mengambil screenshot. Tapi Galaxy Z Flip 3 berbeda.

mematikan restart z flip 3

Saat kamu menekan dan menahan tombol Power dan Volume bagian bawah selama 2 – 3 detik, maka menu daya akan muncul. Setelah itu, kamu tinggal klik tombol Power Off (untuk mematikan ponsel) atau Restart (untuk me-restart ponsel).

Simpel kan?

Pakai Bixby

Seperti yang saya jelaskan tadi, saat kamu menekan dan menahan tombol Power pada Galaxy Z Flip 3, hal tersebut justru akan mengaktifkan fitur Bixby.

Nah keuntungannya, kamu bisa minta Bixby untuk mematikan atau restart HP-mu. Caranya, kamu tinggal klik dan tahan tombol Power sampai Bixby muncul. Setelah itu katakan “Switch off” atau “Turn off my phone.”

Setelah itu, Bixby akan menampilkan prompt konfirmasi berisi dua tombol yakni “Power off” dan “Reboot.” Kamu bisa klik tombol pertama untuk mematikan HP, atau tombol yang kedua untuk me-restart HP.

Harus pakai bahasa Inggris ya? Iya. Karena sampai sekarang perintah Bixby belum dibekali dukungan bahasa Indonesia.

Pakai Menu Quick Settings

Cara yang ketiga ini gampang banget dan nggak perlu keluar tenaga banyak. Kamu bisa gunakan tombol Switch Off di menu Quick Settings.

mematikan restart z flip 3

Caranya gimana? Cukup swap layar HP ke bawah sebanyak 2x untuk membuka Quick Settings. Kemudian, klik tombol Power sebelah kiri Settings (ikon roda) yang ada di sudut kanan atas. Setelah itu akan tampil menu daya dan kamu tinggal pilih mau menjalankan perintah yang mana.

Atur Kembali Fungsi Tombol Power

Cara terakhir ini agak ribet, tapi hasilnya tokcer. Kamu harus mengubah fungsi tombol Power. Jadi saat nanti tombol tersebut ditekan, yang muncul bukan Bixby tapi menu daya. Nah seperti ini langkah-langkahnya:

  • Klik aplikasi Settings.
  • Setelah itu klik menu “Advanced Features.”
mematikan restart z flip 3
  • Kemudian pilih “Side Key.”
  • Pada bagian “Press and hold,” pilih opsi “Power of menu.”
    %d blogger menyukai ini: