Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Mematikan Touchpad Laptop Saat Mouse Terpasang di Windows 10

keyboard touchpad asus vivobook 14x oled

Touchpad pada laptop menjadi komponen penting, namun seringkali pengguna lupa saat ingin mematikan sementara waktu fitur ini, Nah, berikut cara mematikan touchpad laptop saat mouse terpasang terutama untuk Windows 10.

Bagi kamu pengguna Windows 10, ada beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk mematikan touchpad di laptop diantaranya seperti menggunakan menu settings, device manager dan lain sebagainya.

Agar tidak penasaran bagaimana caranya? Yuk scroll artikel di bawah dan ikuti langkah-langkahnya mudah berikut ini! 


Solusi Cepat

Buka menu settings dengan klik start, kemudian pilih fitur settings. Setelah itu pilih menu devices, dan klik touchpad. Di menu touchpad, klik tombol centang pada tulisan “leave touchpad on when a mouse is connected”.


Cara Mematikan Touchpad Laptop Saat Mouse Terpasang

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi touchpad laptop saat mouse terpasang dengan menggunakan beberapa langkah ini.

1. Menggunakan Menu Settings

Bagi kamu pengguna windows 10, terdapat menu settings yang memudahkanmu buat mengatur penggunaan touchpad. Berikut ini langkah-langkah yang harus diikuti :

  • Buka menu settings yang ada di laptopmu. Kamu dapat mengaksesnya dengan klik ‘Start’ kemudian pilih fitur ‘Settings’
svg%3E
  • Pada settings akan muncul menu menu lain. Di tahap ini, klik menu ‘Devices’
svg%3E
  • Klik ‘Touchpad’
svg%3E
  • Pada menu touchpad terdapat tulisan ‘Leave touchpad on when a mouse is connected’. Klik tombol centang di samping tulisan tersebut sampai warnanya berubah menjadi abu-abu
svg%3E

Kalau fitur ini tidak tersedia di laptop, kamu bisa cari menu ‘Additional Settings’ kemudian klik bagian mematikan touchpad yang tersedia!

2. Lewat Device Manager

Cara selanjutnya bisa melewati Device Manager yang tersedia di pengaturan laptop kamu masing-masing, berikut langkah yang bisa kamu lakukan sebagai berikut:

  • Klik ‘Start’
svg%3E
  • Cari ‘Device Manager’ pada kolom pencarian
svg%3E
  • Pilih menu ‘Mice and other pointing devices’
  • Klik kanan pilihan yang bertuliskan ‘…Touchpad’
svg%3E
  • Kemudian akan muncul pop-out, klik ‘Disable device’ untuk mematikan fitur touchpad ini juga
Baca Juga:  Cara Mengatur Pemakaian Windows 11 Untuk Orang Tua/Lansia Biar Gaul

Namun, tidak semua laptop Windows 10 bisa mematikan fitur touchpad dengan teknik ini karena sering kali tidak ada menu pilihan ‘…Touchpad’ .

Kalau laptop kamu punya masalah yang sama, yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan pilihan cara lain yang ada di bawah berikut.

3. Menggunakan Kombinasi Tombol / Shortcut

Ada beberapa shortcut yang bisa kamu pakai buat memudahkanmu mematikan fitur touchpad saat mouse kamu terpasang. Kombinasinya apa aja sih? Berikut ini shortcut yang bisa kamu gunakan buat beberapa merek laptop :

  • Toshiba >> Fn + F9
  • Lenovo >> Fn + F6 dan Fn + F8
  • Acer >> Fn + F6
  • HP >> Fn + F7
  • Asus >> Fn + F6

Sebenarnya kamu bisa tahu shortcut yang dibutuhkan buat mematikan touchpad dengan melihat simbol atau icon yang sudah ada di Keyboard laptop  yaitu dengan mengklik kombinasi tombol Fn bersamaan dengan tombol keyboardnya.

Apabila kamu masih bingung tentang tombol mana yang harus ditekan, kamu bisa cek pada buku panduan yang sudah disediakan sama laptopmu yaa!

4. Pakai Control Panel

Selain tiga cara yang sudah disebutkan diatas, ada lagi cara lain yang bisa kamu pakai buat mematikan touchpad laptop saat mouse terpasang yaitu dengan menggunakan control panel. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah:

  • Pada menu settings cari menu ‘Control Panel’
svg%3E
  • Klik pada pilihan ‘Hardware and sound’
svg%3E
  • Di bawah bagian ‘Devices and Printer’ kamu klik opsi ‘Mouse’
svg%3E
  • Disana akan terdapat menu ‘Device settings’. Kemudian akan muncul tulisan ‘Disable internal pointing device when external USB pointing device is attached’, klik kolom centang yang ada di samping tulisan

Buat teknik ini juga ga semua jenis laptop bisa support. Ada jenis laptop yang tidak muncul tulisan ‘Device settings’ yang mengakibatkan cara ini ga bisa diterapkan.

Baca Juga:  Aplikasi Intel Unison Jadi Jembatan Penghubung antara PC & HP

Maka dari itu, jangan dipaksakan dan kamu bisa pilih cara lain yang sesuai dengan keadaan laptop kamu ya!

Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop

Kalau sudah dinonaktifkan terus pastinya ada cara dong buat menghidupkan fitur touchpad-nya lagi? Nah, berikut cara yang bisa kamu pakai apabila touchpad laptop ga berfungsi.

Touchpad laptop yang ga bisa dipakai bisa aja disebabkan karena penguncian yang ga sengaja. Kamu bisa mengulangi cara yang ada di bagian Menggunakan Menu settings, tetapi bedanya pada saat kamu ada di bagian tulisan ‘Leave touchpad on when a mouse is connected’, klik kolom centang yang berwarna abu-abu tersebut sampai warna tulisan berubah menjadi biru.

Selain itu, kamu bisa menggunakan cara yang ada pada Kombinasi Tombol / Shortcut. Langkah-langkahnya mirip dengan itu. Kamu tinggal tekan tombol Fn dengan kombinasi tombol lain yang dibutuhkan kemudian touchpad akan bisa dipakai kembali. 

Namun, apabila sudah diaktifkan tapi touchpad tetap ga berfungsi seperti biasanya. Cara yang paling ampuh adalah dengan bawa laptop kamu ke tempat official service terdekat. 

What’s Next

Setelah tahu bagaimana cara buat mematikan dan menghidupkan fitur touchpad laptop saat mouse terpasang dari penjelasan di atas, kamu bisa menerapkannya pada laptopmu.

Dengan catatan kalau ga semua jenis laptop dapat memakai semua cara yang udah dijelasin di artikel ini. Nah, kalau laptop kamu bisa pakai teknik yang mana nih?


Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.