Cara Membatasi Jumlah Perangkat di Hotspot Ponsel Android

hotspot android

Saat ini ponsel Android sudah bisa berfungsi sebagai hotspot. Artinya perangkat lain bisa terhubung ke internet melalui Wi-Fi berdasar koneksi dari perangkat Android tersebut. Kita pun bisa mengontrol dan membatasi jumlah perangkat maupun kecepatan dan jumlah data.

Ya, membatasi jumlah perangkat memang bisa kita lakukan dengan tidak memberitahukan password atau sering mengganti password. Tapi dengan fitur manajemen hotspot ini, kita bisa menentukan perangkat mana yang bisa menggunakan. Jadi bisa sedikit otomatis caranya.

Memang, semua ini tergantung dari merek ponsel dan sistem Android yang mereka terapkan. Misalnya, ponsel realme 5 Pro dan ROG Phone punya sistem pengaturan berbeda. Di sini, saya akan menggunakan realme 5 Pro sebagai contoh utama, dengan ROG Phone sebagai pembanding.

Kalau merek dan tipe ponsel Android-mu berbeda, kamu bisa membandingkan letak setelan dan pilihan hotspot yang ada dari dua contoh ini. Lalu sesuaikan dengan kebutuhanmu sendiri.

Manajemen Hotspot di realme 5 Pro

Untuk masuk ke setelan Personal Hotspot, kamu harus masuk ke Pengaturan > Sambungan Nirkabel Lainnya > Hotspot Pribadi > Manajer Koneksi.

Pengaturan di Manajer Koneksi:

  • Daftar hitam – Perangkat yang kamu blokir dari Hotspot Pribadi.
  • Maksimum Perangkat Tersambung – Jumlah perangkat yang bisa memakai Hotspot Pribadi sebagai Wi-fi.
  • Pembatasan Data – Membatasi jumlah data yang bisa digunakan untuk perangkat yang terhubung.
  • Pembatasan Kecepatan – Membatasi kecepatan koneksi untuk perangkat yang terhubung.
setelan membatasi perangkat hotspot android realme 5 pro
Setelan Hotspot Pribadi realme 5 Pro

Dengan pilihan pengaturan di atas, kamu tetap bisa berbagi jaringan internet ke temanmu, namun dengan syarat dan ketentuan berlaku πŸ˜„. Sebagai contoh, kamu bisa mencegah teman mengunduh berkas dengan jumlah terlalu besar (yang bisa menghabiskan kuota), atau mencegah koneksi teman lebih cepat dari ponselmu sendiri.

realme 5 Pro menggunakan sistem Android ColorOS. Sistem ini juga dimiliki oleh ponsel OPPO walau ada perbedaan. Kalau kamu memakai ponsel OPPO, mungkin caranya tidak jauh berbeda.

Manajemen Hotspot di ROG Phone

Untuk masuk ke setelan Hotspot, kamu harus masuk ke Pengaturan >Jaringan & Internet > Hotspot & Tethering.

Di ROG Phone, pengaturannya lebih sederhana. Di sini kamu hanya akan mengaktifkan hotspot, menentukan kalau hanya perangkat yang diizinkan yang bisa mengaksesnya, dan menentukan perangkat apa saja yang bisa mengaksesnya.

setelan membatasi perangkat hotspot rog phone
Setelan hotspot ROG Phone

ROG Phone akan mendeteksi perangkat apa yang terhubung dengan jaringan. Lalu, kamu tinggal menentukan mau menambah perangkat itu ke daftar aman atau tidak. Nah, kalau kamu sudah mau menentukan dan ingin membatasi jumlah perangkat yang terhubung ke hotspot, tinggal aktifkan pilihan yang ada.

Giliranmu

Versi dan berbagai jenis sistem Android dari berbagai merek berbeda memang membuat setelan seperti ini tidak seragam. Yah, agak sedikit merepotkan karena tidak ada fungsi atau letak yang pasti.

Namun, kamu seharusnya tetap bisa menemukan setelan hotspot ini di Pengaturan ponsel Android milikmu. Hanya saja, sekalai lagi, mungkin fiturnya berbeda.

Nah, kalau kamu seperti saya yang sering menjadikan ponsel menjadi hotspot alias modem portabel, semoga uraian di atas bisa membantu. Dengan begitu, kuota internet lebih terjaga dan tidak mudah bobol.