Cara Membersihkan PS5 dengan Aman: Dibongkar/Enggak, Semua Aman!

Indri Penulis

Rutin membersihkan PS5 bisa membuat awet dan performanya tetap bagus. Seperti ini tutorial cara membersihkan PS5 dengan aman.

Sudah bukan rahasia lagi kalau setiap barang elektronik pasti akan ada masanya. Semahal apapun harganya, pasti suatu saat akan mengalami penurunan performa dan penampilan fisik.

Walau nggak bisa dihindari, tapi setidaknya dengan rajin merawat dan membersihkannya, kamu bisa menjaga agar penampilan dan performa produk elektronik tetap awet.

Nah hal tersebut juga berlaku buat PlayStation 5 atau PS5. Konsol yang sangat bertenaga ini diklaim punya suara super tenang karena dibekali sistem pendingin rumit. Kipas 120mm yang besar adalah kunci utama dari sistem pendinginnya. Fitur tersebut mencegah agar sirkulasi udara di dalam PS5 tidak tersumbat.

Kalau kamu ingin memastikan agar konsol PS5-mu selalu dalam kondisi terbaik, maka menjaga konsol agar tetap bersih dan bebas debu sangat penting. Bagaimanapun juga, PS5 yang bersih akan menjaga kinerjanya agar tetap bagus.

Kali ini saya akan membahas beberapa cara membersihkan PS5 dengan aman. Ada dua cara yang akan saya berikan, yakni cara membersihkan konsol dengan dan tanpa dibongkar.

Cara Aman Membersihkan Konsol PS5

Sebelum membersihkan konsol, pastikan kamu menyiapkan beberapa benda seperti kain mikrofiber, cotton bud, alkohol isopropil, dan penyedot debut berdaya rendah. Jangan lupa sebelum membersihkan konsol, pastikan kamu telah mencabut semua kabel konsol.

Membersihkan Konsol Tanpa Dibongkar

Untuk metode yang pertama ini, Sony merekomendasikan agar menghilangkan debu dari ventilasi udara menggunakan penyedot debu berdaya rendah. Metode ini bisa kamu lakukan tanpa perlu melepas pelat muka. Gunakan penyedot debu untuk menyedot kotoran yang menempel di lapisan luar konsol dan juga port-nya.

Membersihkan Konsol dengan Dibongkar

Kalau mau konsol bersih luar dalam, kamu juga bisa membongkar bagian dalam konsol. Membersihkan bagian dalam konsol bisa kamu lakukan dengan cara melepas bagian pelat muka. Untuk cara lengkapnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan konsolmu sudah tercabut dan kamu sudah melepas dudukannya.
  • Tarik pelat muka secara perlahan dari konsol sampai terlepas. Nggak perlu menarik paksa, dan ulangi di sisi lainnya.
  • Kalau kamu melihat ada endapan debu, lakukan penyedotan debu secara perlahan menggunakan penyedot debut dengan daya super rendah (hati-hati saat membersihkan bagian dalam).
  • Untuk endapan debu yang bandel, kamu bisa mengusapnya pelan menggunakan ujung kain mikrofiber/cotton bud yang sudah dicelupkan ke alkohol.
  • Terakhir, ada beberapa lubang besar di bagian depan konsol yang berpotensi rawan kena debu. Kamu bisa bersihkan area itu pakai penyedot debu.

Itu tadi beberapa tips membersihkan PS5 dengan aman. Biar konsolmu selalu dalam keadaan bersih, kamu juga perlu memperhatikan tempat penyimpanannya. Pastikan konsol kamu letakkan di atas meja/permukaan datar, bukan di atas karpet.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan area meja/kabinet tempat kamu menempatkan PS5. Hal ini untuk menciptakan area sekitar konsol bebas debu, serta mencegah debu masuk ke dalam konsol.

    %d blogger menyukai ini: