Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Membuat Channel YouTube Di PC dan HP Untuk Pemula

cara membuat channel youtube
sumber: unsplash

Kamu pernah terpikir nggak untuk menjadi seorang YouTuber? Jika iya langkah pertama yang kamu harus ambil adalah dengan membuat channel Youtube sendiri. Berikut cara membuat Channel YouTube dengan 2 langkah mudah.

Platform digital yang satu ini begitu sangat diminati di dunia. Bahkan data terbaru dari SimilarWeb menunjukkan Youtube menempati peringkat kedua situs yang paling sering dikunjungi di dunia.

Dengan begitu banyaknya orang mengunjungi YouTube, kamu bisa menyalurkan hobi ataupun kemampuan kamu di sana.

Nah, ini bagi sebagian orang saat ini, YouTube menjadi mata pencaharian utama karena begitu cepatnya pertumbuhan ekosistem di sana. Penghasilan yang didapatkan juga cukup menggiurkan.

Dikutip dari Detik, jika video kamu mendapatkan 1000 views rata-rata bisa menghasilkan Rp45-75 ribu. Belum lagi dengan iklan yang muncul sebelum video di mulai.

Tanpa berpanjang lebar lagi, kita langsung aja ke langkah cara membuat channel YouTube.

Apa itu Channel YouTube?

Channel YouTube itu kalau diibaratkan mirip sama dengan channel tv. Di channel tv kita bisa liat berbagai tayangan dari yang bagus hingga yang biasa aja.

Kenapa Membuat Channel Youtube?

Orang yang membuat channel YouTube itu memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada yang untuk dokumentasi kegiatan bersama keluarga, ada yang menarik traffic ke toko online seperti yang dilakukan oleh brand, atau yang paling sering adalah untuk menghasilkan uang dari membuat video di YouTube.

Syarat Membuat Channel YouTube

Syarat utama untuk membuat Channel YouTube adalah sudah mempunyai akun Google. Dengan kata lain kamu punya akun email Gmail.

Baca Juga:  5 Tips Promosi Channel YouTube Biar Nggak Sepi Pengunjung

Cara Membuat Channel YouTube

1. Di PC

  • Buka situs YouTube.com, kilk icon yang ada di pojok kanan atas nanti akan muncul seperti gambar di bawah ini.
Cara Membuat Channel YouTube
  • Kemudian pilih Create a Channel.
  • Masukan foto profil yang kamu inginkan, nama channel bisa diisi dengan nama kamu sendiri atau bebas. Lalu klik create channel. Lihat gambar di bawah ini.
Cara Membuat Channel YouTube
  • Setelah berhasil membuat channel, hal pertama yang kamu harus lakukan adalah kustomisasi kanal YouTube. Ada beberapa bagian yang harus kamu isi antara lain adalah Layout, Branding dan Basic Info. Ketiga bagian ini memiliki tujuannya masing-masing.
Cara Membuat Channel YouTube

Layout untuk memilih tampilan yang ada pada halaman awal channel Youtube. Contohnya nih, jika ada orang yang belum subscribe, kamu nanti bisa memberikan cuplikan video unggulan dari channel kamu.

Selain itu, pada tampilan awal channel kamu ini bisa menampilkan banyak hal lagi seperti jadwal live stream, playlist buatan kamu hingga video populer dari channel YouTube kamu.

Branding untuk menampilkan foto yang akan menjadi ciri khas channel YouTube kamu seperti banner dan watermak video.

Pada bagian Branding, ada beberapa foto yang harus kamu upload dengan berbagai macam ukuran. Yang pertama Foto Profil, YouTube menyarankan untuk berukuran setidaknya 98 x 98 pixel dengan maksimal 4 MB.

Kedua ada banner, gambar yang akan muncul di bagian atas channel kamu. Untuk ukuran banner sendiri YouTube memiliki batas minimal agar gambar tersebut bisa masuk ke semua perangkat. Ukuran yang disarankan adalah 2048 x 1152 piksel dengan maksimal 6 MB

Yang terakhir ada watermark, foto ini akan muncul di pojok kanan bawah video. Ukuran yang disarankan oleh YouTube adalah 150 x 150 piksel. Bisa menggunakan file PNG, GIF, BMP, atau JPEG berukuran 1 MB atau kurang.

Baca Juga:  Nonton Video YouTube di Apple Watch? Bisa Aja, Tapi Yah Gitu..

Basic Info disni kamu bisa menuliskan deskripsi channel, informasi kontak dan link media sosial yang kamu miliki.

Cukup mudah bukan? Tidak hanya bisa menggunakan PC/Laptop saja, pembuatan channel YouTube juga bisa kamu buat menggunakan smartphone. Berikut cara membuat channel YouTube dengan menggunakan smartphone.

2. Di HP

  • Buka aplikasi YouTube pada ponselmu. Login menggunakan email yang sudah kamu buat.
  • Setelah masuk klik icon yang ada di pojok kanan atas. Nanti akan muncul seperti gambar di bawah ini.
Cara Membuat Channel YouTube Pake HP
  • Kemudian pilih Your Channel, nanti kamu di minta untuk mengisi nama channel dan foto profil.
Cara Membuat Channel YouTube Pake HP
  • Kini kamu sudah berhasil membuat channel Youtube menggunakan hp. Pengaturan channel YouTube yang ada di HP sama dengen yang sudah dijelaskan di atas.

Sebelum mengunggah video ke YouTube, alangkah baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu tentang apa yang akan kamu buat di video. Lihat yang sedang trending atau pembahasan apa yang sedang ramai di bicarakan orang.

What’s Next?

Nah, itulah tadi cara membuat Channel YouTube dengan menggunakan PC atau Laptop dan HP. Cukup mudah bukan? Sekrang kamu sudah siap menjadi konten kreator yang akan mendobrak khasanah YouTuber Indonesia.

Jika kamu punya pertanyaan mengenai artikel ini, kamu bisa sampaikan ke email [email protected] Atau bisa langsung ninggalin jejak di kolom komentar. xoxo

Jangan lupa baca artikel menarik lainnya seputar teknologi di Urbandigital. Kalau kamu tertarik dengan tulisan saya, kamu bisa baca-baca artikel berita teknologi seperti ini atau tutorial lainnya dari saya Hendra.