Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Membuat November Dump di Instagram 2022, Langkah dan Aplikasinya!

Cara Membuat November Dump di Instagram 2022

Instagram adalah media sosial viral yang seringkali menjadi trending dan membuat fitur yang viral, seperti November Dump. Berikut ini adalah cara membuat November Dump di Instagram.

Trending ini digunakan oleh banyak para pengguna akun Instagram dengan membagikan foto atau video berdasarkan momen-momen menarik yang dialami pada Bulan November 2022.

Sebelum diupload, kamu dapat mengedit video atau foto yang akan diunggah. Kemudian ikuti trend November Dump, deh.


Solusi Cepat

Cara membuat November Dump di Instagram dengan lebih cepat, kamu dapat melihat langsung dari story teman kamu. Cukup dengan klik story teman kamu yang membuat November Dump, kemudian edit foto dan posting langsung ke Instagram.


Cara Membuat November Dump di Instagram

November Dump adalah salah satu trend yang biasa diadakan setiap bulannya, atau biasa dikenal dengan monthly dump. Umumnya monthly dump ini berisikan foto atau video yang kamu ambil di bulan tersebut.

Contohnya, jika kamu akan membuat November dump, maka kamu dapat mengunggah foto dan video yang diambil di Bulan November. Biasanya pengguna Instagram akan mengunggah konten yang dianggap mengesankan ataupun random.

    Biasanya para pengguna akun akan menggunakan smartphone atau ponselnya untuk mengunggah berbagai konten di Instagram. Karena akan lebih mudah untuk melakukan edit video atau foto nantinya,

    Berikut ini adalah beberapa langkah agar kamu dapat membuat November Dump di akun Instagram:

    • Buka aplikasi Instagram, dan login pada akun yang akan kamu upload
    • Edit terlebih dahulu konten yang akan kamu upload
    • Kemudian buka profil akun Instagram kamu, dan buka bagian untuk upload instastory, lalu pilih opsi “Add Yours
    • Lalu masukkan filter dan pilih letak foto yang akan kamu upload untuk dimasukkan pada trend November Dump
    • Tulis monthly dump, contohnya kamu dapat mengetik tulisan “November Dump
    • Pilih tanda centang di bagian bawah, lalu unggah seluruh konten tersebut di Instagram kamu

    Mengedit konten foto yang akan diunggah di Instagram dapat kamu lakukan melalui aplikasi Instagram langsung. Namun, fitur yang diberikan tentu tidak sebanyak dan tidak selengkap aplikasi edit foto lainnya.

    Cara Buat November Dump Dengan Aplikasi Lain di HP

    Kamu dapat menggunakan beberapa aplikasi editing untuk foto dan video berikut ini agar memperindah tampilan konten baik untuk Instagram story maupun feeds kamu.

    1. VSCO

    Cara Membuat November Dump di Instagram 2022

    Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur agar kamu dapat mengedit foto agar mendapatkan hasil yang jauh lebih baik. Melalui VSCO, kamu akan mendapatkan preset maupun alat yang dibuat secara profesional agar kamu dapat bereksperimen.

    Baca Juga:  Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen/Sementara Lewat HP dengan Mudah

    Kamu dapat menggunakan fitur seperti contrast, saturation, atau grain agar konten yang sedang diedit akan memiliki warna yang lebih baik. Fitur “Film X” dapat kamu gunakan sebaik-baiknya agar tampilan film memiliki warna yang selalu hijau.

    Kelebihan lainnya, kamu dapat terhubung dengan komunitas besar pembuat konten melalui aplikasi VSCO. Jadi kamu dapat browsing berbagai macam konten menarik, dan mendapatkan inspirasi nantinya, seperti trik agar dapat meningkatkan keterampilan mengedit dan fotografi kamu.

    2. Snapseed

    svg%3E

    Melalui Snapseed, kamu akan mendapatkan kemewahan saat mengedit agar mendapatkan foto Instagram dengan lebih indah. Tersedia berbagai macam filter yang dapat kamu pilih berdasarkan mood atau tema foto maupun video kamu.

    Melalui file JPG dan RAW, kamu dapat mengedit foto dengan lebih efisien. Seperti gunakan healing tool untuk menghapus orang lain yang ingin kamu hilangkan pada foto tersebut. 

    Gunakan fitur lens blur agar kamu bisa menambahkan efek bokeh pada bidikan yang akan difokuskan. Opsi vintage juga tersedia jika kamu ingin membuat foto yang akan diunggah memiliki tampilan retro atau klasik.

    3. Lightroom

    svg%3E

    Tersedia fitur mixer warna yang dapat kamu gunakan untuk menghaluskan warna sehingga foto yang di edit akan terlihat lebih menarik secara visual. Hal lain yang menarik dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mengimpor dan mengedit gambar RAW.

    Agar mendapatkan fitur lain yang lebih lengkap, kamu bisa meningkatkan aplikasi ini ke versi pro Lightroom. Fitur yang bisa kamu dapatkan dengan versi pro LIghtroom antara lain selective adjustments, healing brush, penyimpanan cloud, dan masih banyak lagi.

    Selain mengedit foto, kamu juga dapat mengedit video dengan menggunakan aplikasi-aplikasi ini. Kamu dapat memotong bagian yang tidak diinginkan dalam video tersebut, hingga mengubah filter atau warna pada video tersebut.

    Cara Buat November Dump Di Laptop

    Bagi kamu pengguna Instagram yang aktif mengikuti trend atau cukup rutin mengunggah konten story khususnya seperti November Dump, tentu mengerti jika tidak hanya konten foto saja yang dapat diunggah, melainkan video pun dapat dimasukkan pada konten viral yang diadakan tiap bulan tersebut.

    Selain menggunakan HP, kamu dapat menggunakan laptop untuk mengedit berbagai video maupun foto. Aplikasi ini tentunya menyediakan berbagai macam fitur, mulai dari untuk memberikan sentuhan warna hingga menghilangkan watermark.

    Berikut ini adalah beberapa aplikasi edit video via Laptop atau PC yang dapat kamu gunakan:

    1. Adobe Premiere Pro

    svg%3E

    Adobe mengeluarkan aplikasi edit video untuk laptop atau PC yang biasa dikenal dengan nama Adobe Premiere Pro. Pada aplikasi ini, Adobe memberikan kemudahan dan berbagai fitur menarik untuk menunjang kamu mengedit video.

    Baca Juga:  Instagram Mulai Uji Coba Fitur Pin Postingan Favorit di Halaman Profil

    Bukan rahasia lagi jika Adobe adalah ahlinya software editing, baik untuk foto maupun video. Aplikasi ini dapat digunakan untuk para profesional maupun pemula. Sehingga tampilan video kamu akan terlihat seperti video profesional.

    2. Beecut

    svg%3E

    Bagi para pemula, aplikasi edit video ini sangat cocok untuk kamu gunakan. Dari aplikasi Beecut, kamu akan mendapatkan fitur keren yang tentu saja mudah untuk digunakan.

    Contohnya seperti filter efek transisi, elemen, opening template video, dan lain sebagainya yang masih dapat kamu temukan. Untuk salah satu fitur terbaiknya, Beecut menawarkan dubbing.

    Jadi kamu dapat langsung merekam suara di aplikasi Beecut. Tidak perlu lagi untuk menggunakan aplikasi terpisah agar dapat memasukkan suara kamu kedalam video.

    3. Shotcut

    Selanjutnya kamu dapat menggunakan aplikasi edit video Shotcut yang menawarkan interface yang dikenal sangat friendly. Jadi bagi kamu yang baru pertama ingin mencoba untuk mengedit video, Shotcut dapat dijadikan sebagai pilihan.

    Selain tampilan antarmukanya yang mudah untuk dimengerti, fitur yang tersedia di dalamnya pun sangat beragam, kamu dapat melakukan trimming di setiap video klip yang ada.

    Selain itu, kamu juga dapat melakukan insert, overwrite, lift, append, hingga ripple delete editing di satu timeline video yang sedang kamu edit. Hal menarik lainnya, kamu dapat mendeteksi audio pada video yang akan diedit. Kamu juga bisa menyimpan video hasil edit dengan berbagai resolusi, lho.

    4. Canva

    Cara Membuat Poster di Canva

    Canva merupakan salah satu pilihan aplikasi untuk editing video yang mudah digunakan oleh pemula dan tentunya bisa untuk mengedit November dump kamu di Instagram.

    Kamu hanya perlu login terlebih dahulu di canva.com, lalu buat lembar edit baru setelah itu pilih foto mana yang ingin dibuat template November Dump, lalu edit sesuai dengan selera dan kebutuhan. Jika dirasa sudah menarik kamu bisa langsung download foto editan kamu.

    Pastikan juga untuk koneksi internetmu aman ya, bila sudah berhasil di download maka foto kamu bisa langsung di posting di Instagram.

    What’s Next

    Sekarang kamu dapat mengikuti trend dari Instagram dengan mengetahui cara membuat November dump di Instagram.

    Jika kamu memiliki pertanyaan atau topik lain yang ingin didiskusikan, tulis di kolom komentar, ya. Agar kita dapat saling berdiskusi seputar topik yang kamu inginkan di kemudian hari.


    Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.