Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

3 Cara Membuat PowerPoint yang Menarik dan Mudah untuk Pemula

3 Cara Membuat PowerPoint yang Menarik dan Mudah untuk Pemula
Febri Penulis

Cara membuat PowerPoint untuk presentasi kini semakin mudah saja setelah Microsoft merilis aplikasi Office terbarunya. Fitur yang sangat saya suka adalah, kita bisa membuat presentasi PowerPoint dengan desain menarik, tanpa harus memiliki kemampuan desain.

Sudah menjadi rahasia umum, selain kemampuan dalam menyampaikan materi, desain presentasi menjadi faktor penting apakah presentasi kita nanti bakal disukai atau tidak oleh audience. Raja presentasi seperti Steve Jobs, Panos Panay dan beberapa orang lainnya, selalu menampilkan slide-slide yang menarik.

Cara Membuat PowerPoint yang Menarik

Nah bagaimana cara buat ppt menarik dan mudah menggunakan Microsoft PowerPoint untuk presentasi tanpa harus memiliki kemampuan desain.

Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk membuat presentasi menarik, baca panduan lengkapnya berikut ini:

1. Gunakan template bawaan PowerPoint

Fitur ini sudah ada sejak Office 2013 (cmiiw), dan bisa dengan mudah kalian temui saat pertama kali membuka aplikasi Microsoft PowerPoint. Kalian akan melihat ratusan template presentasi yang bisa kalian unduh dan gunakan secara gratis. Cukup pilih template yang kalian inginkan dan kalian tinggal memasukkan isi dari presentasi.

Cara Membuat PowerPoint Yang Menarik dan Mudah Untuk Pemula - Templates PPT

Jika kalian merasa bahwa ratusan template gratis yang diberikan oleh Microsoft kurang, jangan khawatir, di internet banyak resources yang bisa digunakan. Baik yang gratis atau berbayar. Beberapa situs yang menyajikan koleksi template presentasi adalah, www.free-power-point-templates.com, www.smiletemplates.com dan www.presentationmagazine.com.

2. Gunakan fitur Design Ideas

Bagi beberapa orang, menggunakan template untuk membuat presentasi terasa kurang pas, saya pun demikian. Hal yang menyebalkan adalah, bagaimana mencari sebuah template presentasi yang cocok mulai dari halaman pertama hingga halaman terakhir presentasi.

Baca Juga:  Cara Membuat Daftar Isi Microsoft Word Secara Otomatis dan Rapi

Jika kalian merasakan hal tersebut, tak perlu khawatir, kita masih bisa membuat desain presentasi yang menarik dan mudah. Microsoft PowerPoint menyediakan fitur ‘Design Ideas’, dimana fitur tersebut akan memberikan beberapa ‘saran’ dari sebuah slide presentasi berdasarkan gambar yang dilampirkan.

Untuk menampilkan fitur ini sangat mudah, cukup drag and drop gambar ke slide kosong maka fitur Design Ideas ini akan muncul di samping kanan, seperti yang bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.

fitur design ideas powerpoint

Kalian cukup klik tombol ‘Let’s Go’ untuk mendapatkan beberapa desain yang disarankan oleh Microsoft PowerPoint. Ada sekitar 8 desain slide yang bisa kalian gunakan. Pilih dan klik desain yang diinginkan untuk menerapkan pada slide presentasi kalian. Lakukan hal tersebut di setiap slide presentasi.

DESIGN IDEAS MICROSOFT POWERPOINT

3. Gunakan template premium

Cara Membuat PowerPoint Yang Menarik dan Mudah Untuk Pemula - Templates PPT
sumber: graphicriver.net

Di tahun seperti 2022 ini, sudah banyak para content creator yang menjual hasil karya desainnya di internet, termasuk template PowerPoint. Jika kamu ingin hasil presentasi kamu jadi lebih menarik, apa salahnya untuk membeli template PPT premium.

Kamu bisa beli template PPT premium di berbagai platform marketplace yang ada, tapi saya bisa kasih rekomendasi ke kamu, salah satunya milik Wowly_Infographics yang ada di graphicriver.net.

Saya sendiri sudah membelinya dan terbukti kalau template premium yang dijual memang bagus dan unik tampilannya, kita tidak perlu repot-repot lagi untuk menentukan ide presentasi, tinggal edit sedikit maka PPT pun sudah jadi.

Tips Membuat PowerPoint yang Menarik

  • Pilih tema yang sesuai dengan topik yang dibahas.
  • Gunakan gambar pendukung resolusi HD.
  • Masukan teks secukupnya, jangan berlebihan.
  • Tidak lebih dari 220 kata.
  • Hindari penggunaan gambar bergerak berlebihan.
  • Pastikan pemilihan warna tidak terlalu kontras atau membuat sakit mata.
  • Warna tulisan dan background harus terlihat jelas perbedaannya.
  • Gunakan ukuran teks yang besar, 14pt-18pt untuk paragraf dan 20pt-26pt untuk judul atau sub judul.
  • Gunakan desain yang sederhana supaya point of views dari presentasinya jelas.
Baca Juga:  Inilah 6 Skill Microsoft Word yang Harus Dikuasai oleh Pelajar

What’s Next

Bisa menyiapkna presentasi dengan tampilan menarik itu memang sebuah kebanggaan, apalagi jika nantinya mendapat pujian kalau hasilnya bagus.

Kira-kira kamu sudah dapat gambaran untuk membuat PPT menarik (PowerPoint) atau belum, setelah membaca tips cara membuat PowerPoint yang Menarik dan mudah untuk pemula di artikel ini?

Kalau kamu masih bingun dan mungkin ingin mendapatkan ide keren lainnya soal membuat presentasi menarik, bisa sampaikan saja di kolom komentar. Nanti kita diskusi kan berama.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, bisa tulis di kolom komentar, atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa mengikuti kami di Google News.