Cara Memeriksa Kualitas Film Sebelum Mengunduhnya

Suka mengunduh film tapi takut kalau kualitasnya buruk? Tenang, begini cara memeriksa kualitas film sebelum kalian mengunduhnya.

Nonton film sering dilakukan banyak orang saat punya waktu senggang. Ya karena tidak bisa dipungkiri, menonton film dapat membantu kita melepas penat setelah beraktivitas.

Aktivitas ini bisa dilakukan di mana saja. Kalian bisa nonton film dari TV, di bioskop, nonton dari platform streaming film, atau mengunduhnya dari situs lain.

Mengunduh film dari website biasanya sering dilakukan orang-orang. Sebab mereka bisa memperoleh film secara gratis. Sayangnya saat mengunduh film, tidak jarang kualitasnya tidak sesuai harapan.

Nah untuk mengantisipasi hal tersebut, kalian perlu memeriksa kualitas film terlebih dulu. Berikut ini cara memeriksa kualitas film sebelum kalian mengunduhnya.

Sumber Gambar : Stocksy United

Cara Memeriksa Kualitas Film

Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum mengunduh film. Hal-hal di bawah ini dapat membantu kalian mengunduh video terbaik sesuai kebutuhan.

Pertama, perhatikan tanggal rilis film. Hal ini berguna untuk mengetahui versi film, apakah remake, trologi dan menghindari salah download (untuk film dengan nama yang sama).

Jangan lupa untuk memeriksa genre film. Ini penting bagi kalian yang hanya suka genre tertentu. Jangan sampai kalian download film dengan genre yang tidak sesuai selera.

Selain itu, perhatikan pula bahasa. Biasanya situs download film akan menyediakan beberapa jenis subtitle. Pastikan ada subtitle Bahasa Indonesia di dalamnya supaya kalian tidak bingung.

Tentukan kualitas resolusi video yang ingin kalian tonton. Biasanya kualitas itu tertera seperti 1080 (FHD), 720 (HD), 480, dll. Ingat, semakin bagus kualitas gambar video, semakin besar ukuran file.

Lalu, biasanya situs unduhan akan menyediakan satu gambar thumbnail. Gambar ini akan membantu kalian melihat kualitas gambar (apa sesuai resolusi) dan mengunduh film yang tepat.

Melihat Rating dan Review Film

Selain tips di atas, kalian juga bisa memeriksa kualitas film dari website lho. Kali ini saya akan rekomendasikan beberapa website yang bisa memeriksa kualitas film.

Metacritic

Metacritic akan memberi nilai maksimal 100 untuk setiap film. Penilaian tergantung pada skor yang diberikan oleh pengulas, website, koran dan blog yang membahas tentang film tersebut.

Setiap skor gabungan akan mempunyai tautan ke review asli. Jadi kalian bisa membaca review film secara lengkap.

Selain itu, skor dikategorikan menjadi beberapa jenis yakni positif, campuran dan negatif. Skor ini akan memudahkan kalian untuk mengetahui kualitas film.

Lalu apa saja film yang bisa diperiksa di Metacritic? Situs ini sebenarnya masih didominasi oleh film Barat. Meski begitu, kalian bisa menemukan beberapa film Indonesia di Metacritic kok.

Rotten Tomatoes

Ada yang unik dari situa Rotten Tomatoes. Situs ini menggunakan ‘Tomatometer’ untuk memberi tahu kalian apakah film tersebut layak ditonton atau tidak.

Saat film tersebut mendapat 60% review positif, film itu akan mendapat label ‘FRESH.’ Tapi jika skor di bawah 60%, maka film tersebut akan mendapat label ‘ROTTEN.’

Sementara untuk film yang punya ulasan positif sangat banyak, film tersebut akan mendapat sertifikat ‘CERTIFIED FRESH.’ Biasanya ini adalah film yang mendapat ulasan positif di atas 75%.

IMDb

Nah, kalau situs ini kalian pasti sudah tidak asing ya. Kalau ingin memeriksa kualitas film, memang kurang afdol jika belum menggunakan IMDb.

Skor yang dihasilkan IMDb 100% berasal dari ulasan pengguna. Setiap film akan mendapat peringkat 1-10. Selain itu, IMDb mengumpulkan review penonton dari berbagai situs, sehingga ulasan bisa dipercaya.

Oya, IMDb juga memungkinkan kalian untuk memberi skor di film. Caranya, kalian cukup mendaftar dalam situs IMDb terlebih dahulu.

%d blogger menyukai ini: