Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Memilih Aplikasi Terbaik Untuk Maksimalkan Produktivitas di Kantor

Foto oleh: Fernando Hernandez
Anom Penulis

Untuk bisa memaksimalkan pekerjaan di kantor memang membutuhkan aplikasi yang tepat. Di sini bisa kamu baca tips cara memilih aplikasi produktivitas terbaik.

Aplikasi terbaik untuk meningkatkan produktivitas di kantor adalah aplikasi yang benar-benar melakukannya untukmu. Memang ada banyak aplikasi di App Store dan Play Store yang mengaku terbaik untuk meningkatkan produktivitas kerja. Tapi sebenarnya tidak semua aplikasi cocok untukmu.

Kenali Kebutuhan dan Masalah

Setiap orang tentu punya kebutuhan dan masalah berbeda yang hanya bisa dipecahkan oleh aplikasi tertentu. Kamu harus mengenali masalah terlebih dulu dan menemukan aplikasi yang bisa menyelesaikannya.

Untuk melakukannya, kamu harus menganalisa permasalahan secara mendalam dan melihat apa sebenarnya yang kamu cari. Hanya dengan cara inilah kamu bisa menemukan aplikasi yang sesuai.

gambar ilustrasi cara memilih aplikasi Produktivitas

Cara Memilih Aplikasi Produktivitas Terbaik

Di artikel ini, kami memberikan beberapa tips untuk apa yang harus jadi perhatian ketika kamu mencari aplikasi produktivitas yang tepat. Beberapa tips ini berguna di berbagai kondisi dan kemungkinan besar akan berguna untukmu.

1. Cari Aplikasi Gratis dan Lihat Kemungkinan Pilihan Berbayar

Jangan habiskan banyak uang untuk membeli produk tanpa tahu bagaimana produk itu berfungsi untuk kebutuhanmu. Carilah aplikasi timesheet gratis untuk melacak tugas-tugasmu, aplikasi komunikasi gratis, atau aplikasi untuk otomatisasi gratis. Setelah itu, kamu bisa membeli versi Pro atau Premium jika memang aplikasi itu sesuai untukmu.

Hampir semua aplikasi punya versi berbayar, tapi tidak semua punya versi gratis. Sebagian aplikasi memang tidak benar-benar mahal. Tapi kamu juga tidak perlu membeli sesuatu yang tidak perlu.

Carilah aplikasi yang punya versi gratis, coba, dan belilah jika memang menyelesaikan kebutuhan atau permasalahanmu. Ini adalah cara memilih aplikasi produktivitas yang harus kamu lakukan.

2. Pastikan Bisa Digunakan Bersama Tim

Sebaiknya, aplikasi yang kamu cari juga bisa diakses oleh anggota tim lain. Ya, beberapa aplikasi memang cocok untuk melacak aktivitasmu sendiri. Tapi jika kamu ingin meningkatkan produktivitas seluruh tim, maka kamu harus mencari solusi yang berguna untuk semuanya.

Ada berbagai aplikasi tersedia untuk memebuhi kebutuhan ini. Misalnya, aplikasi pesan dan panggilan video dengan berbagai fitur sudah tersedia baik secara gratis maupun berbayar. Buka App Store dan Play Store, lihat apa saja yang ada. Lalu ada pula berbagai website yang menyediakan review untuk membantumu memilih.

3. Apakah Aplikasi Itu Memecahkan Masalahmu?

Hal utama yang harus kamu fokuskan ketika mencari aplikasi yang tepat adalah apakah aplikasi itu memecahkan masalah di kantor atau tidak. Dengan pertimbangan ini, kamu harus menganalisa terlebih dulu di mana waktu benar-benar tebuang dan apa yang menghambat proses kerja.

Kamu butuh aplikasi komunikasi jika rekan kerjamu terus mengajak berdiskusi atau bertanya. Jika di sekelilingmu ramai, kamu butuh aplikasi rapat online yang mendukung fitur mengurangi gangguan suara, jika kamu selalu terganggu dengan media sosial, kamu butuh pelacak waktu dan penjadwalan.

Ada solusi untuk setiap masalah jika kamu benar-benar tahu apa masalahnya. Kalau kamu tidak memperhitungkan masalah dan solusinya, itu bukan cara memilih aplikasi produktivitas yang tepat.

4. Apakah Aplikasi Memberi Pemberitahuan untuk Mengingatkan Tugas?

Jika kamu harus selalu membuka aplikasi untuk melihat apa yang terjadi, aplikasi itu kurang bagus. Kamu perlu sesuatu yang mendorongmu bekerja lebih optimal, dan satu-satunya cara adalah terus mengingatkanmu apakah kamu melakukan tugasmu dengan baik.

Ketika sebuah aplikasi mengirim pemberitahuan soal perkembangan dan pekerjaan, kamu selalu diingatkan sejauh mana kamu sudah melangkah.

 Beberapa aplikasi bahkan bisa memberikan gambaran detil perkembangan sesuai jadwal dan menunjukkan apa yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas.

5. Cari Aplikasi Yang Disukai Semua Orang

Membaca review merupakan salah satu cara memilih aplikasi produktivitas yang tepat. Berbagai review sangat penting agar kamu mengetahui apakah produk itu layak kamu miliki atau justru harus kamu hindari.

Daripada membuang waktu menelusuri dan mencoba satu per satu, lihat saja bagian review dan cek opini pengguna lain soal apa yang bagus dan apa yang mengecewakan.

Setiap aplikasi akan punya kelebihan dan kekurangan. Tidak ada aplikasi yang sempurna. DI sisi lain, kamu akan menemukan aplikasi ideal dengan melihat yang sesuai untuk kebutuhanmu dan yang bisa memecahkan masalahmu.

Jika aplikasi itu memenuhi kebutuhanmu, jangan terlalu pusing dengan pendapat orang yang tidak sesuai dengan kriteria yang kamu tetapkan. Jika memang cocok, itulah yang harus kamu pakai.

Berat di Awal, Lancar Kemudian

Seperti kamu lihat, mencari aplikasi produktivitas terbaik untuk kebutuhan kantor membutuhkan riset terlebih dulu. Hal ini mungkin terlihat berat di awal.

Tapi jika kamu melakukan cara memilih aplikasi produktivitas seperti di atas dengan benar, Kamu bisa menemukan yang tepat. Kalau aplikasi itu tepat dengan kebutuhanmu, kamu akan menemukan bahwa aktivitas produktivitas akan berjalan lebih lancar.

Kamu bisa mengatur jadwal dan daftar tugas dengan efisien, berkomunikasi dengan baik, mengecek perkembangan pekerjaan dengan cepat, memetakan dan menyelesaikan masalah lebih mudah.

Dengan semakin kecilnya gangguan, pekerjaan pun akan semakin cepat terselesaikan. Pada akhirnya, produktivitas di kantor pun akan meningkat dengan tajam.