Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Memperbaiki iPhone Stuck di Logo Apple

restart iphone

Salah satu permasalahan pada produk Apple khususnya iPhone yang cukup mengkhawatirkan adalah logo Apple yang stuck. Berikut ini adalah cara memperbaiki iPhone stuck di logo Apple yang perlu kamu ketahui.

Kamu perlu mengetahui terlebih dulu apa penyebab iPhone menjadi stuck atau layar hanya menampilkan logo Apple saja dan tidak bergerak. Hal ini tentu saja dapat mengganggu aktivitasmu.

Tidak perlu terburu-buru membawa iPhone kamu ke service centre, karena kamu dapat mencoba beberapa cara berikut ini untuk memperbaikinya secara gratis dan mudah.


Cara Memperbaiki iPhone Stuck di Logo Apple

Jika iPhone kamu menggunakan iOS versi terbaru, dan kamu sedang mencoba memulihkan iPhone dari cadangan atau sedang mencoba memindahkan dari perangkat sebelumnya, kemungkinan kamu akan melihat logo Apple yang cukup lama.

Terdapat alasan kenapa iPhone kamu akan stuck di logo Apple. Seperti pembaruan iOS yang gagal, kesalahan saat jailbreak, iPhone mengalami bootloop ketika memulihkan cadangan, bahkan kemungkinan iPhone kamu mengalami kerusakan akibat terjatuh dan lain sebagainya.

1. Cek Apakah Perangkat Support dengan iOS yang Akan Di update

Hal utama dan yang terpenting adalah, kamu perlu memeriksa terlebih dahulu. Apakah iPhone kamu kompatibel atau support dengan versi iOS yang ingin diperbarui atau tidak.

Karena beberapa pembaruan terbaru hanya tersedia dan dapat digunakan pada iPhone yang baru. Jika iPhone kamu merupakan versi lama, maka kemungkinan kamu tidak dapat menginstal versi iOS terbaru.

Jadi pastikan apakah iPhone kamu termasuk pada perangkat yang didukung di iOS terbaru atau tidak.

svg%3E

2. Restart iPhone/iPad dan Coba Kembali

Memulai ulang atau restart iPhone adalah salah satu cara termudah yang biasanya digunakan para pengguna jika iPhone atau smartphone apapun berada di kondisi layar yang stuck.

Dengan kamu me-reboot iPhone terkesan seperti hal yang sederhana, namun ternyata cara ini cukup ampuh mengatasi permasalahan. Beberapa permasalahan seperti pembaruan pada perangkat lunak yang gagal dapat terselesaikan dengan kamu me-reboot atau merestart iPhone.

Cara ini juga dapat berguna jika iPhone kamu mengalami permasalahan akibat dari Apple yang tidak dapat memproses terlalu banyak permintaan pembaruan di suatu waktu tertentu.

Tidak hanya merestart, kamu juga dapat mematikan iPhone terlebih dahulu lalu nyalakan kembali dengan cara:

  • Pertama tekan tombol Volume-Atas dan Tombol Samping sampai muncul slider.
  • Selanjutnya yakni Geser slider itu dan tunggu 30 detik sampai layar mati.
  • Pencet ulang Tombol Samping untuk menyalakannya.
svg%3E
Untuk iPhone dengan Face ID (kondisi normal)

Kamu bisa menggunakan cara di atas untuk kondisi iPhone dengan Face ID (kondisi normal).

Baca Juga:  Perbandingan iPhone 14 Pro dan 13 Pro, Fitur dan Spesifikasi Lengkap

Sedangkan untuk untuk iPhone dengan seri dan kondisi Touch ID (kondisi normal) bisa menggunakan cara berikut ini:

  • Langkah pertama Tekan Tombol Samping tunggu hingga slider muncul
  • Lalu geser slider itu dan tunggu 30 detik sampai layar mati.
  • Pencet ulang Tombol Samping untuk menyalakannya.
svg%3E
Untuk iPhone dengan Touch ID (kondisi normal)

Cara yang terakhir khusus untuk kamu yang memilki iPhone dengan Tombol Atas (kondisi normal) bisa melalui langkah berikut:

  • Tekan Tombol Atas sampai slider muncul.
  • Geser slider itu dan tunggu 30 detik sampai layar mati.
  • Pencet ulang Tombol Samping untuk menyalakannya.
svg%3E
Untuk iPhone dengan Tombol Atas (kondisi normal)

Oh iya, perlu diingat juga ketika kamu melihat pembaruan perangkat lunak iOS gagal, maka akan muncul error message pada layar, kamu dapat tekan “Close”. Lalu matikan iPhone dengan metode biasa.

Setelah iPhone dimatikan, tunggu sekitar 10 menit atau lebih dan nyalakan kembali dengan menggunakan cara seperti gambar di atas.

3. Force Restart

Cara ketiga kamu bisa mencoba dengan Force Restart jika layar iPhone stuck di logo selama kurang lebih satu jam, kamu dapat menghubungkan perangkat iPhone ke komputer.

Kemudian aktifkan mode pemulihan pada perangkat kamu dengan beberapa langkah ini:

  • Jika menggunakan iPhone 8 atau versi yang lebih baru, kamu dapat menekan dan lepas tombol volume naik, tekan dan lepas volume turun, tekan dan tahan tombol samping, kemudian tahan terus tombol samping sampai kamu melihat layar mode pemulihan
  • Jika kamu menggunakan iPhone 7 atau 7+, kamu dapat menekan dan menahan tombol volume turun dan tombol tidur atau bangun, kemudian tahan terus tombol volume turun sampai muncul layar mode pemulihan
svg%3E
Untuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus (force restart)
  • Bagi iPhone 6s atau versi lebih lama, tekan dan tahan tombol bangun atau tidur serta tombol utama. Kemudian tahan terus tombol utama sampai muncul layar mode pemulihan
svg%3E
Untuk iPhone 6 dan yang lebih lama (force restart)

Cara ini bisa kamu coba bila beberapa cara di atas sebelumnya tidak berhasil di iPhone kamu lebih lengkapnya bisa melihat gambar di atas.

4. Periksa Jaringan

Permasalahan pada jaringan dapat menyebabkan logo Apple stuck dan tidak bergerak, hal ini akibat dari kegagalan dalam pembaruan perangkat lunak iOS.

Jadi kamu dapat memeriksa status jaringan dan menunggu beberapa saat sebelum memulai pembaruan iOS. Kamu dapat memulai dengan periksa router terlebih dahulu.

Pastikan router telah hidup dan berfungsi dengan baik. Lalu matikan router dan tunggu kurang lebih 10 hingga 15 menit.

Baca Juga:  Mulus! iPhone 15 Pro dan Pro Max Bakal Hadir Tanpa Tombol Fisik

Kemudian nyalakan router kembali dan sambungkan WiFi pada iPhone kamu. Setelah berhasil terhubung, buka menu “Pengaturan” lalu “Umum”, dan pilih “Pembaruan Perangkat Lunak”, kemudian install kembali.

5. Update iPhone/iPad dengan iTunes

Cara selanjutnya, kamu dapat mengatasi permasalahan layar stuck di logo Apple akibat gagal pembaruan iOS dengan mengupdate atau memperbaruinya melalui iTunes.

Metode ini direkomendasikan karena cukup sederhana. Kamu dapat mengunduh iTunes versi terbaru pada komputer atau laptop pribadi melalui website resmi Apple.

Kemudian gunakan kabel USB untuk menghubungkan iPHone dengan komputer atau laptop dan tunggu hingga terhubung pada iTunes. Lalu klik “Summary” atau dari opsi yang terdapat di layar, dan tunggu hingga layar berikutnya ditampilkan.

Setelah selesai, pilih “Check for Updates”, dan pilih “Update”. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Dan pastikan iPhone kamu tidak terdisconnect sampai proses selesai.

6. Download Firmware Secara Manual

Solusi terakhir untuk mengatasi permasalahan ini dengan menginstal firmware secara manual. Cara ini menjadi opsi terakhir, karena kamu perlu mempertimbangkan untuk melakukan ini dengan mengunduh file IPSW iOS.

IPSW merupakan file yang dapat membantu kamu untuk mengunduh firmware terbaru jika prosedur normal sebelumnya gagal atau tidak berhasil.

Proses ini cukup rumit dan panjang, jadi kamu perlu memperhatikannya dengan cermat:

  1. Unduh file  https://ipsw.me/ di laptop atau komputer kamu
  2. Gunakan kabel USB, dan pasang pada iPhone kamu. Tunggu hingga iTunes mengenali iPhone kamu, lalu pilih opsi “Summary” di iTunes
  3. Tekan Tab Restore pada iPhone, atau tombol “Shift” di Windows, sedangkan “Option” di Mac kamu untuk memilih file IPSW yang telah diunduh. Tunggu hingga iTunes menyelesaikan proses pembaruan beberapa menit
  4. Setelah proses selesai, kamu bisa mengambil seluruh data yang dicadangkan dan gunakan iPhone versi iOS terbaru.

Cara ini adalah solusi terakhir yang bisa kamu lakukan jika metode sebelumnya tidak dapat kamu gunakan.

What’s Next

Biasanya logo Apple yang stuck diakibatkan oleh pembaruan iOS yang gagal. Cara memperbaiki iPhone stuck di logo Apple yang telah kamu ketahui dapat kamu gunakan untuk memperbarui iOS. Sehingga kamu terhindar dari kondisi layar yang stuck.

Jika memiliki pertanyaan atau topik lain yang ingin dibahas, tulis di bagian kolom komentar, ya. Nantinya kita bisa berdiskusi seputar topik yang kamu inginkan kedepannya


Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.