memperbesar ukuran foto jpg

Memperbesar Ukuran Foto (JPG) Dengan Hasil Bagus

Melihat foto atau gambar dengan ukuran kecil itu menyebalkan. Apalagi kalau itu foto cewek cakep. Ada beberapa tool yang bisa membantu memperbesar ukuran foto. Salah satunya adalah Let’s Enhance.

Let’s Enhance adalah sebuah aplikasi online yang menggunakan teknologi machine learning untuk memperbesar ukuran foto atau gambar JPEG. Aplikasi ini menyebutkan bahwa teknologinya bisa memperbesar sampai 4 kali dari ukuran asli.

Tentu saja ini menarik. Karena memperbesar foto di Photoshop pun, kalau resolusinya rendah, butuh kerja cukup keras untuk edit foto itu. Kita harus menangani JPEG artifacts, pixel, blur, dll.

Sementara, kalau kita lihat di film-film, prosesnya terlihat mudah dan canggih (lihat video di bawah). Hampir seperti sihir! Mungkinkah kita bisa memakai teknologi seperti itu?

Memperbesar Ukuran Foto dengan Mudah

Karena Let’s Enhance merupakan aplikasi online, kita harus menuju ke website itu untuk menggunakannya (link di akhir artikel). Tampilan website Let’s Enhance sangat sederhana.

Yang perlu kita lakukan pun sederhana. Hanya meletakkan foto di bidang yang disediakan, atau klik tombol untuk upload. Simpel.

website lets enhance

Saya sudah beberapa kali mencoba. Sebelum membahas hasilnya, mari kita lihat prosesnya terlebih dulu. Karena developer-nya menggunakan istilah ajaib di sana.

Jadi, kamu letakkan foto yang ingin kamu perbesar ukurannya. Let’s Enhance akan upload foto itu dan memprosesnya. Akan ada tampilan foto beserta informasi perkiraan waktu proses.

proses memperbesar ukuran gambar

Dalam beberapa kali percobaan, proses bisa berjalan dalam waktu bervariasi. Kadang cepat, kadang lama. Mungkin tergantung juga berapa banyak orang yang sedang menggunakannya.

Sebagai hasilnya, Let’s Enhance mengeluarkan tiga pilihan (dengan istilah ajaib).

  • Anti-jpeg: Merubah gambar JPEG menjadi PNG dengan ukuran sama.
  • Boring: Memperbesar ukuran gambar JPEG dan merubahnya jadi PNG.
  • Magic: Memperbesar ukuran gambar JPEG, memperbaiki,, dan merubahnya jadi PNG.

Hasil Memperbesar Ukuran Gambar

Dalam beberapa kali percobaan, hasilnya juga cukup beragam. Tidak semua berhasil dengan bagus. Foto memang menjadi lebih besar resolusinya. Seperti yang disebut, bisa sampai 4 kali lipat. Tapi dari sisi kualitas, beberapa gambar yang saya coba tidak meningkat drastis dari sisi kualitas.

Beberapa foto yang aslinya sudah berkualitas jelek, tidak mendapat peningkatan kualitas berarti. Yah, JPEG artifact memang berkurang. Tapi foto tetap kabur.

Tapi kalau foto asli sudah bagus dan tajam (walau berukuran kecil), hasilnya memang luar biasa. Harus saya akui, masih ada blur di gambar karena hasil pembesaran. Saya kira hal ini bisa dimaklumi.

Walau begitu, hasilnya cukup luar biasa. Yuk kita lihat bersama.

hasil memperbesar ukuran foto jpeg
Perbandingan hasil memperbesar foto (klik gambar untuk melihat versi besar)

Resolusi foto yang saya coba adalah 209 x 300 px. Hasilnya, untuk pilihan Boring dan Magic, menjadi 836 x 1200 px. Empat kali ukuran semula.

Di layar monitor komputer (saya pakai Macbook 15 inci), blur di hasil foto memang sedikit terlihat. Tidak setajam foto asli.Yang cukup mengejutkan, hasilnya cukup halus. Tidak pecah dan tidak terlalu blur. Strukturnya masih baik.

Kalau di handphone, saya yakin hasilnya tidak begitu kentara. Apalagi kalau kamu edit lagi dengan Snapseed (kamu bisa baca di artikel Tool Edit Foto Snapseed Paling berguna). Hasilnya dijamin ciamik.

Jadi, ya… secara keseluruhan, aplikasi ini memang berhasil memperbesar ukuran foto. Untuk hasilnya, tetap tergantung foto asli. Apakah aplikasi ini berguna? Saya pikir sih iya. Nah, kalau kamu mau coba, silakan saja.

Kunjungi Website

More Stories
Next Music Player Android
Next Music Player Untuk Android Punya Fitur Asik dan Tampilan Keren