Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Anti Lemot-Lemot Club! Begini Cara Mempercepat Booting di Windows 11

Indri Penulis

Bagaimana cara mempercepat booting di Windows 11? Gampang kok. Langsung saja ikuti langkah-langkah di dalam artikel ini yuk.

Saat menghidupkan laptop, pasti laptop harus masuk dalam proses booting terlebih dulu. Baru setelah itu, laptop bisa mengakses dan menampilkan tampilan Windows seperti biasa.

Biasanya durasi proses booting laptop berbeda-beda. Namun sudah menjadi rahasia umum di kalangan pengguna laptop, kalau proses booting akan lebih ngebut kalau pakai SSD.

Terus gimana kalau pengguna laptop belum punya budget untuk meng-upgrade SSD, tapi ingin booting laptopnya lebih cepat? Hm.. Sepertinya kamu bisa coba cara berikut ini.

Kali ini saya bakal kasih tips dan cara mempercepat booting di Windows 11. Sebenarnya cara ini juga bisa dipakai buat pengguna Windows 10. Kalaupun ada perubahan tata letak/nama menu, paling cuma sedikit. Oke nggak pakai lama, yuk kita simak sama-sama tutorialnya.

Cek Kecepatan Booting

Sebelum kita meluncur ke trik mempercepat booting, alangkah baiknya kalau kita cek lebih dulu kecepatan booting laptop saat ini (dari pencet tombol Power sampai masuk ke tampilan desktop).

  • Klik kanan menu “Start” yang ada di taskbar.
  • Klik aplikasi “Task Manager”.
  • Di halaman Task Manager, klik tabStartup.”
  • Setelah itu, periksa kecepatan booting-mu.
  • Kecepatan booting bisa kamu lihat di bagian “Last BIOS Time” yang ada di pojok kanan atas layar.

Seperti yang bisa kamu lihat dalam gambar di atas, itu adalah kecepatan booting laptop saya. Dia cuma butuh waktu 4 detik untuk masuk ke tampilan desktop. Oya, kecepatan booting laptop setiap orang berbeda-beda ya. Ada yang 4 detik, ada juga yang 8 detik dan bahkan lebih.

Temukan Aplikasi yang Bikin Lemot

Biasanya booting lemot bisa disebabkan oleh pemakaian aplikasi tertentu. Di panel “Task Manager,” kamu bisa melihat daftar aplikasi yang bikin booting lemot kok.

Perhatikan saja di bagian “Startup Impact.” Kalau status aplikasinya “High,” itu artinya dia menjadi salah satu aplikasi yang memberikan efek booting lama. Biar lemotnya hilang, ubah status aplikasi yang “High” menjadi “Disabled” (caranya klik kanan status “Enabled” dan klik “Disabled”).

Selesai. Semoga setelah ini booting laptop Windows 11-mu bisa lebih cepat dari sebelumnya ya. Hehehe.

    %d blogger menyukai ini: