ASUS UX304
ASUS UX304
ASUS UX304

4 Cara Memperbaiki SSD Tidak Terbaca di Windows 10, Pasti Ampuh!

4 Cara Memperbaiki SSD Tidak Terbaca di Windows 10
Febri Content Writer

Meskipun performa dan kualitas SSD lebih baik dari pada HDD & SSHD, SSD juga bisa rusak dan tidak bisa terbaca. Oleh karena itu di sini saya mau sharing cara memperbaiki SSD tidak terbaca di Windows 10/Windows 11 terbaru.

Jika kamu baru saja beli SSD tapi dia tidak terbaca juga di Windows 10 atau Windows 11, jangan khawatir. Kamu bisa juga coba tutorial yang akan saya sampaikan di bawah ini supaya SSD baru kamu bisa terdeteksi di PC/laptop milik kamu.

Apa sih SSD Itu?

SSD (Solid-state drive) adalah teknologi baru di dunia penyimpanan data dan merupakan evolusi dari teknologi HDD dan SSHD. SSD punya lebih banyak keunggulan dibanding HDD konvensional, salah satunya dari segi performa yang jauh lebih baik dari HDD maupun SSHD.

Secara umum, SSD itu memiliki ukuran lebih kecil dan tipis jika dibandingkan dengan SSHD ataupun HDD. Kecepatan rewrite/read -nya pun jauh berbeda meskipun memiliki desain yang lebih ringkas.

SSD juga memiliki ketahanan data rusak lebih baik dibandingkan HDD dan SSHD, karena teknologi penyimpanannya sudah tidak menggunakan piringan seperti yang masih digunakan oleh HDD pada umumnya.

Tapi di balik itu semua, SSD punya masalah umum yakni sering tak terdeteksi di OS Windows. Biasanya walau sudah tersambung dengan benar ke komputer, SSD mungkin tak akan muncul di File Explorer atau Disk Manager.

Nah buat kamu pengguna Windows 10 dan mengalami masalah yang sama seperti di atas, kamu bisa pakai cara memperbaiki SSD tidak terbaca di Windows 10/Windows 11 berikut ini.