Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

5 Cara Mempercepat Download di Chrome, 1 Menit Auto Beres!

cara mempercepat download di chrome
Sumber: Google
Indri Penulis

Apakah ada cara mempercepat download di Chrome? Ada dong! Kamu bisa coba tutorial terlengkap mempercepat download Chrome di sini.

Google Chrome adalah salah satu browser terpopuler di dunia. Browser yang satu ini terkenal mampu memberikan pengalaman menjelajah web dengan cepat.

Selain itu, Chrome juga memfasilitasi salah satu aktivitas yang paling populer di internet. Yakni download file dari manapun dan kapanpun.

Chrome mampu menawarkan kecepatan download yang lebih ngebut dibanding browser lain. Namun walau sudah pakai konektivitas internet terbaru, kadang kecepatannya nggak sesuai ekspektasi.

Aktivitas download di Chrome yang katanya ngebut, bisa anjlok alias nggak bisa diandalkan. Lalu adakah cara mempercepat download di Chrome?

Nah, itulah yang mau saya bahas dalam artikel ini. Kali ini saya akan bagikan beberapa cara mempercepat download di Chrome via Android, PC, dll. Langsung cuss kita simak tutorialnya yuk!

Cara Mempercepat Download di Chrome

Apakah cara mempercepat download di Chrome untuk semua perangkat sama? Yap, bisa dibilang begitu, karena tidak ada tutorial ilmiah untuk mempercepat unduhan di Chrome.

So, mempercepat download di Chrome Android, PC, iPhone atau perangkat lainnya sama. Kita hanya perlu melakukan beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan download di Chrome. Apa saja itu?

1. Pastikan Koneksi Internetmu Ngebut

Koneksi internet sangat berpengaruh dalam aktivitas download. Sebelum melangkah jauh, coba sekarang cek koneksi internetmu.

Sumber: Zee Business

Siapa tahu paket datamu sudah menipis namun kamu tidak menyadarinya. Atau bisa jadi kamu secara tidak sadar sedang ada di area dengan koneksi WiFi terbatas.

Jika koneksi internetmu terbukti buruk, segera perbaiki atau pindah ke lokasi WiFi yang lebih ngebut. Kalau setelah itu proses download jadi kencang, fix masalah ada pada koneksi internet.

Sebaliknya, kalau koneksi internet sudah stabil tapi proses download masih ngaret, cuss lanjut ke tutorial berikutnya!

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Sambungan Tidak Aman di Chrome, Terlengkap dan Termudah!

2. Update Chrome ke Versi Terbaru Biar Fiturnya Nggak Jadul

Setiap aplikasi atau browser pasti akan melakukan pembaruan versi secara berkala. Fungsinya apa? Fungsinya yakni untuk menambahkan fitur baru yang lebih canggih, dan meningkatkan keamanan data.

Chrome juga sama lho. Kalau kamu mengalami masalah download lemot di Chrome, periksa versi Chrome-mu. Pastikan kamu sudah memakai Chrome versi terbaru.

Lantas bagaimana cara cek Chrome terbaru? Gampang banget. Seperti ini caranya:

  • Klik menu “Overflow” atau ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas Chrome.
  • Selanjutnya klik menu “Settings.”
  • Lanjutkan dengan klik menu “Privacy and security > Safety check.”
cara mempercepat download di chrome
  • Terakhir, klik “Check now.”

3. Buang Jauh-Jauh Ekstensi Chrome yang Nggak Penting

Tidak bisa dipungkiri, keberadaan ekstensi Chrome memang sangat bermanfaat. Tapi itu cuma beberapa, nyatanya nggak sedikit ekstensi yang sebenarnya tidak penting tapi ada di browser-mu.

Fyi, menyimpan terlalu banyak ekstensi tidak penting di Chrome, sama seperti menyimpan kenangan mantan. Tahu nggak? Sama-sama menyakitkan!

Pemakaian terlalu banyak ekstensi bisa memperlambat kinerja Chrome. Apalagi kalau ternyata ekstensi yang dipakai berbahaya. Otomatis bisa berimbas pada kecepatan download Chrome deh.

Makanya mulai sekarang mulailah pilah-pilah ekstensi di Chrome. Hapus ekstensi yang tidak penting dari Chrome. Lalu bagaimana cara menghapus ekstensi Chrome?

Pertama, kamu bisa cek dulu apakah ada ekstensi yang berbahaya di Chrome-mu. Caranya sama seperti saat memeriksa versi terbaru Chrome.

cara mempercepat download di chrome

Kedua, kamu bisa buka menu “Overflow > More Tools > Extentions.” Setelah itu cek ekstensi yang selama ini tidak pernah kamu pakai dan klik “Remove” untuk menghapus mereka.

cara mempercepat download di chrome

Gampang banget kan? Dengan menerapkan tips di atas, Chrome-mu akan terasa lebih bersih. Chrome juga lebih enteng dan kecepatan download bisa meningkat.

4. Hapus History Penjelajahan Supaya Chrome ‘Plong’

Orang kalau terlalu banyak pikiran, biasanya akan error atau sulit fokus. Nah seperti itu jugalah cara kerja Google Chrome, Urban People.

Baca Juga:  Browser Firefox Kini Punya Fitur Terjemahan

Chrome tidak hanya sesak oleh ekstensi yang tidak penting. Namun Chrome juga bisa merasa sesak saat ia menyimpan terlalu banyak history penjelajahan.

Kadang memang tidak ada salahnya membiarkan riwayat penjelajahan tetap di Chrome. Namun terkadang, mereka bisa menyebabkan penurunan kecepatan unduhan.

Berikut ini cara menghapus history Chrome:

  • Klik menu “Overlay” atau ikon titik tiga di pojok kanan atas Chrome.
cara mempercepat download di chrome
  • Setelah itu klik menu “Settings.”
  • Selanjutnya klik “Privacy and Settings.”
cara mempercepat download di chrome
  • Terakhir, klik “Clear Browsing Data.”

5. Pakai Fitur Rahasia Google Chrome “Parallel Downloading”

Siapa sangka kalau Google Chrome diam-diam menyimpan fitur rahasia bernama Parallel Downloading. Fitur eksperimental ini adalah jurus sakti untuk meningkat kecepatan download.

Apa itu Parallel Downloading Chrome? Jadi ini adalah fitur yang akan memecah sebagian besar data menjadi bagian-bagian lebih kecil. Lalu mengunduhnya secara bersamaan.

Untuk mengaktifkan fitur Parallel Downloading, kamu bisa praktikkan langkah-langkah ini:

  • Tulis “chrome://flags/#enable-parallel-downloading” di kolom pencarian Chrome.
  • Dari sana, klik menu naik-turun / drop down di sebelah “Parallel Downloading.”
  • Terakhir, klik label “Enabled.”

Kenapa Download di Google Chrome Lambat?

Ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab utama download di Google Chrome lambat. Seperti jaringan internet jelek, terlalu banyak memakai ekstensi tidak berguna, kebanyakan riwayat penjelahan, sampai pemakaian terlalu banyak tab.

Akhir Kata

Cara mempercepat download di Chrome sangat gampang. Kamu hanya perlu mempraktikkan tips-tips di atas dan rasakan kecepatan download meningkat drastis. Download cepat hati pun bahagia, setuju?

Jika kamu ada masukan, kritik atau saran terkait artikel ini, kamu bisa sampaikan ke email [email protected] Atau kamu juga bisa meninggalkan pesan cinta di kolom komentar. ^_^


Oya, jangan lupa baca juga artikel seru seputar teknologi lainnya di Urbandigital. Seperti artikel seputar tutorial, media sosial, game, dll dari Indri. Jangan sungkan juga untuk meninggalkan komentar di artikel saya atau teman-teman yang lain.


Sumber:

  • Cara Mempercepat Download di Chrome – https://www.laptopmag.com/how-to/downloads-in-google-chrome-too-slow-here-are-4-ways-to-speed-them-up
  • Kenapa Download di Google Chrome Lambat? – https://www.androidauthority.com/speed-chrome-android-682621/