Cara Mempercepat Koneksi Internet PC/Laptop Agar Tidak Lemot

APN Internet full speed 3G, 4G LTE, GPRS, Broadband, MMS & Jaringan mobile terpopuler didunia

Koneksi internet yang lambat atau lemot memang seringkali membuat kita kesal. Apalagi jika kita sedang buru-buru untuk menggunakan internet.

Sebenarnya banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk mempercepat koneksi internet. Tak perlu ribet dan caranya pun cukup mudah dilakukan.

Penasaran apa sajakan cara-caranya? Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian praktikan untuk mempercepat koneksi internet!

Periksa dan bersihkan website yang dikunjungi

Sumber Gambar : Berita Keamanan dan Virus

Cara yang pertama adalah periksa website yang sedang kalian kunjungi. Pada umunya, sebuah browser akan menyimpan cookies, cache dan history.

Ketiga hal tersebut merupakan informasi seputar website yang dikunjungi dengan password yang disimpan untuk masuk ke suatu situs.

Maka dari itu dianjurkan agar membersihkan ketiga hal tersebut satu bulan sekali agar koneksi internet PC atau laptopmu dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun.

Jangan membuka tabs terlalu banyak

Sumber Gambar : LINE Today

Berikutnya cara yang kedua adalah jangan membuka tabs terlalu banyak. Seringkali banyak orang membuka tab baru terlalu banyak, dan akhirnya lupa menutup tab yang sebelumnya.

Semakin banyak tab yang dibuka, maka akan sangat berpengaruh terhadap kinerja dari PC atau laptopmu.

Oleh sebab itu, disarankan untuk tidak membuka tabs terlalu banyak dalam waktu yang bersamaan. Pilihlah tab mana yang lebih kamu butuhkan.

Pikirkan lagi untuk menambah add-ons pada browser

Sumber Gambar : ops sumawe city

Kemudian cara yang ketiga adalah pikirkan lagi untuk menambahkan add-ons pada browser kalian.

Ada sebagian orang yang rela menambahkan berbagai add-ons di browsernya hanya untuk terlihat keren saja.

Namun hal tersebut justru bisa membuat browser lebih rawan crash dan eror. Apalagi jika ditambah dengan mencoba mengotak-atik pengaturan di halaman “about config” browser.

Sebaiknya jika tidak terlalu mengerti, jangan sekali-kali megotak-atiknya. Karena hal tersebut justru bisa membuat kinerja browsermu lebih lamban.

Perhatikan modem agar tidak terlalu panas

Sumber Gambar : smkstradadm.sch.id

Cara yang keempat adalah perhatikan modem agar tidak terlalu panas. Bagi kalian yang sering menggunakan jaringan internet melalui modem, maka diharapkan untuk sering-sering mengecek kondisi modem yang kalian gunakan.

Karena penggunaan modem dalam jangka waktu panjang akan menjadi panas. Jika modem dalam keadaan panas saat digunakan, maka secara otomatis akan membuat kinerja perangkatmu menjadi menurun.

Jika modem yang kamu gunakan sudah terlalu panas, sebaiknya lepaskan modem tersebut dan dinginkan beberapa saat hingga akhirnya siap digunakan kembali.

Update anti virus

Sumber Gambar : Kaspersky support – Kaspersky Lab

Selanjutnya cara yang kelima adalah dengan meng-update anti virus yang kalian gunakan. Salah satu penyebab yang menjadikan PC atau browser menjadi lemot adalah dengan adanya serangan virus.

Maka dari itu, sebaiknya rajin-rajinlah meng-update antivirus yang kalian gunakan.

Jumlah pengguna yang terlalu banyak

Sumber Gambar : Okezone Techno

Dan cara yang terakhir adalah periksa jumlah pengguna yang ikut menggunakan koneksi internetmu. Karena jika jumlah penggunanya terlalu banyak, koneksi internet akan menjadi lemot.

Apalagi jika koneksi tersbeut digunakan untuk aktivitas internet yang terlalu berat seperti bermain game, atau melakukan streaming.

Selain itu, mengunduh file-file yang terlalu besar juga sangat berpengaruh pada kecepatan koneksi internet.

Maka jika kalian lebih membutuhkan browsing daripada mengunduh, coba tunda dulu unduhan kalian dan nikmati koneksi internet yang lebih cepat.

Jika kalian ingin menikmati koneksi internet yang lebih cepat, sebaiknya perhatikan jumlah orang yang memakai koneksi internet, karena hal tersebut mempengaruhi jumlah bandwith yang termakan.

Nah itu dia beberapa cara untuk mempercepat koneksi internet pada PC atau laptopmu. Praktikan cara diatas dan dapatkan koneksi internet yang jauh lebih cepat. Selamat mencoba.

Ada komentar?