Cara Menggunakan Ekstensi Chrome di Firefox

menggunakan ekstensi chrome di firefox

Mungkin kamu salah satu pengguna browser yang pindah dari Chrome ke Firefox. Tapi kemudian kangen dengan ekstensi Chrome yang belum tersedia di Firefox. Jangan galau dulu. Ada cara mudah supaya kita bisa menggunakan ekstensi Chrome di Firefox.

Sejak Mozilla merilis browser Firefox Quantum (versi 57), browser ini kembali populer di ranah internet. Klaim Mozilla yang menyebut browser ini lebih cepat dari Chrome terbukti. Tidak sedikit pengguna Chrome yang kemudian hijrah ke Firefox (saat ini termasuk saya).

Selain cepat dan relatif lebih ringan, sekarang Firefox juga punya banyak fitur menarik. Apalagi dengan penampilan lebih modern dan mudah diatur.

Namun harus kita akui, koleksi ekstensinya (add-on) masih kalah dibanding Chrome. Untuk bisa menggunakan ekstensi Chrome di Firefox, kita harus menggunakan trik khusus. Silakan ikuti langkah di bawah ini.

Cara Menggunakan Ekstensi Chrome di Firefox

  1. Masuk ke halaman add-on.
  2. Daftar atau masuk ke akun pengembang.
  3. Cari dan pasang add-on Chrome Store Foxified.
    • Add-on ini akan membantu kamu mengubah ekstensi Chrome menjadi add-on di Firefox.
  4. Buka add-on Foxified itu.
  5. Cari dan salin alamat ekstensi Chrome yang mau kamu pakai
    • Silakan buka tab baru dan masuk ke Chrome Webstore.
    • Cari ekstensi.
    • Kembali ke tab Foxified dan salin alamat ekstensi itu di kotak ‘Store URL’ Foxified.
  6. Klik ‘Add to Firefox‘.
  7. Ekstensi akan secara otomatis terpasang. Kalau tidak, kamu bisa klik tombol ‘Install
    • Akan ada konfirmasi atau notifikasi di kotak alamat Firefox.

menggunakan ekstensi chrome di firefox dengan foxifed

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

Karena ada perbedaan antara Chrome dan Firefox, mungkin ada ekstensi yang tidak bekerja dengan baik atau sesuai yang diharapkan. Sejauh yang saya coba, masih berjalan lancar. Sebagai contoh, saat ini saya memasang ekstensi Refind Twitter dari Chrome di Firefox.

Ekstensi Chrome yang kamu pasang di Firefox kemungkinan besar tidak akan mendapat update (kalau ada perbaikan atau fitur baru) secara otomatis. Bisa kita maklumi. Karena yang mendapat update di Chrome, sementara yang kita pakai di Firefox.

Jangan lupa cek halaman add-on Firefox secara berkala. Siapa tahu ekstensi itu sudah secara resmi hadir. Kalau sudah, lebih baik pakai yang resmi. Karena akan mendapat dukungan dan update yang lebih baik.

Begitulah cara menggunakan ekstensi Chrome di Firefox. Semoga bisa membantu dan membuat hari-harimu lebih indah. ????

Ada komentar?