Cara Memudarkan Gambar di Lightroom dengan Plugin The Fader

Memudarkan gambar (fade) di aplikasi Lightroom sangat mudah. Berikut ini cara memudarkan gambar di Lightroom dengan plugin The Fader.

Tools dalam Lightroom memang tidak sebanyak Photoshop. Agar maksimal, kalian butuh plugin tambahan supaya proses edit lebih mudah.

Teknik edit gambar saat ini sudah lebih beragam. Namun banyak orang lebih suka gambar pudar untuk menurunkan kontras.

Jika kalian suka edit gambar jadi pudar, maka cobalah plugin Lightroom The Fader. Plugin ini berisi berbagai tools untuk memudarkan gambar.

Sumber Gambar : Photography Tutplus

Berikut ini cara menggunakan The Fader untuk memudarkan gambar di Lightroom:

Cara Memasang The Fader

Adobe memang tidak menyertakan preset sebagai fitur bawaan. Untungnya, Adobe mengizinkan pengguna untuk menggunakan plugin ke aplikasi.

The Fader adalah pilihan yang pas untuk aplikasi Lightroom. Plugin tersebut kompatibel dengan Lightroom, sehingga bisa kalian gunakan dengan lancar.

Berikut ini cara memasang The Fader di Lightroom:

  • Download plugin The Fader.
  • Ekstrak file The Fader dalam komputer.
  • Pindahkan β€˜Irplugin’ ke folder lain di komputer.
  • Buka aplikasi Lightroom Classic CC.
  • Klik menu β€˜File > Plug-in Manager’ untuk instalasi plugin.
  • Klik menu β€˜Add’ di sebelah kiri.
  • Carilah file β€˜Irplugin’ yang diunduh sebelumnya.

The Fader versi gratis hanya menyediakan beberapa tools saja. Jika kalian ingin membuka semua tools The Fader, maka kalian harus membayar $10.

Cara Menggunakan The Fader

Untuk menggunakan The Fader, kalian harus membuka aplikasi Lightroom terlebih dahulu. Kemudian klik menu β€˜File > Plug-in Extras > Fader.’

Selanjutnya akan muncul dua jendela yang berisi dua dropdown.Β Dropdown pertama bernama Folder, sedangkan yang kedua bernama Preset.

Kalian bisa melihat ke dalam Folder dan Preset. Untuk memudarkan gambar, pilihlah salah satu preset yang ada di dalam sana.

Sekarang kalian hanya perlu berkreasi dengan bermain pada Opacity. Layaknya Opacity di Photoshop, kalian dapat menggeser Opacity sampai preset terasa pas.

Sumber Gambar : Photography Tutplus

Jika proses edit sudah selesai, kalian dapat menyimpan preset tadi. Hal ini berguna jika suatu saat nanti kalian ingin mengedit gambar dengan efek yang sama seperti sebelumnya.

Untuk menyimpan preset, kalian dapat menggunakan modul Develop. Dengan begitu, kalian bisa menemukan preset lebih cepat di The Fader.

Sumber Gambar : Photography Tutplus

Kalian tidak perlu khawatir jika efek pada gambar tidak sesuai. Sebab kalian bisa kembali ke panel History untuk mengakses gambar yang belum diedit.