Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Kuasai Cara Menggunakan Photoshop Dengan 9 Alat Edit Ini

belajar photoshop

Ada berbagai cara menggunakan Photoshop. Namun kalau kamu ingin menguasai cara menggunakan Photoshop dengan baik, ada beberapa tools yang wajib kamu latih.

Kenapa tools ini disebut wajib? Karena saat menggunakan Photoshop, kamu akan sering menggunakannya. Selain itu, kalau kamu sudah menguasainya, semua proses akan jadi lebih mudah.

Seiring kamu belajar Photoshop, kamu juga akan menemukan kalau tools ini akan membawamu lebih baik dalam memilih teknik dan berimprovisasi. Yah, namanya juga hal mendasar. Jelas akan membantu proses perkembangan lebih lanjut.

Tools Wajib Dalam Menggunakan Photoshop

Brush

Brush atau kuas adalah salah satu alat paling dasar untuk melakukan edit foto atau membuat ilustrasi. Kamu akan sering menggunakannya di Photoshop. Entah untuk melakukan seleksi, melukis, membuat efek, dll.

pilihan brush di photoshop

Ada berbagai jenis brush di Photoshop. Bahkan kamu bisa membuat sendiri. Masing-masing bisa kamu atur ukuran dan tingkat ketajamannya. Semakin halus, bidang kabur di bagian pinggir akan semakin besar.

Seleksi

Seleksi merupakan hal pertama yang harus kamu kuasai. Dengan seleksi, kamu bisa memisahkan obyek di Photoshop untuk proses edit lebih jauh. Misalnya mewarnai ulang, mengubah ukuran, dll.

cara menggunakan seleksi photoshop

Ada berbagai cara untuk melakukan seleksi. Seperti menggunakan Lasso Tool, Magic Wand, Quick Selection Tool, atau bahkan dengan Marquee Tool. Mengenali obyek dan memilih tool seleksi yang tepat bisa mempermudah kamu memulai proses desain atau edit foto.

Masking

Masking merupakan salah satu teknik paling berguna di Photoshop. Mask berarti topeng. Pada dasarnya teknik ini bisa menyembunyikan obyek yang tidak kamu inginkan. Jadi teknik ini tidak menghapus obyek secara permanen. Kamu bisa memulihkannya lagi bila dibutuhkan.

layer mask photoshop

 

Ada beberapa tool masking di Photoshop. Misalnya Quick Mask (berguna untuk seleksi), Layer Mask, Vector Mask, dll. Masking juga merupakan salah satu teknik yang bisa dipakai untuk memisahkan obyek.

Saat kamu menggunakan masking, di palet warna akan ada warna hitam dan putih. Mengisi dengan warna hitam (entah lewat brush atau fill) akan menyembunyikan obyek, dan mengisi dengan warna putih akan memulihkannya kembali.

Smart Objects

Smart Objects merupakan layer yang menjaga konten asli di dalamnya. Salah satu keuntungan dari mengubah obyek di layer biasa menjadi smart object adalah bisa mengatur ulang efek yang kita terapkan.

smart object photoshop

Yang lebih enak lagi, efek yang kita pasang di smart object akan memiliki layer mask. Jadi kamu bisa membuat seleksi untuk bidang tertentu yang mendapat efek bersangkutan. Ini memberikan kebebasan lebih dalam melakukan editing.

Kalau tidak salah, smart objects baru hadir di CS 6. Biasanya juga berguna untuk mengedit file Adobe Illustrator di Photoshop. Kita pun masih bisa mengedit file Illustrator asli dan secara otomatis akan diperbarui di Photoshop.

Adjustment Layer

Adjustment Layer merupakan pengaturan warna (seperti yang ada di menu Photoshop), tapi hadir sebagai layer. Adjustment Layer juga menggunakan layer mask sebagai media seleksi.

menggunakan adjustment layer di photoshop

Karena pengaturan ini terpisah dari layer obyek, kita bisa lebih leluasa mengatur bidang yang terkena perubahan warna, dan tetap bisa mengaturnya kapanpun juga. Kebebasan ini memberikan keuntungan besar saat melakukan editing.

Layer Style

Layer style adalah tambahan efek yang bisa diberi pada layer. Kamu bisa menemukannya dengan klik kanan di layer bersangkutan dan memilih blending option. Dengan alat ini kamu bisa menambah bermacam-macam efek, seperti stroke (outline), bayangan, tekstur, dll.

layer style photoshop

Seperti Adjustment Layer, kamu masih bisa mengedit efek yang ada di layer bersangkutan. Selain itu kamu juga bisa copas layer style dari layer satu ke yang lain.

Blend Mode

Blend Mode adalah sebuah cara memberi tampilan visual tertentu melalui layer yang bertumpuk. Tampilan visual ini merupakan hasil dari perbedaan transparansi warna dan cahaya dari satu layer di atas layer lain.

layer style photoshop

Blend Mode sangat menarik dipakai bereksperimen dengan tools lain. Sebagai contoh, lingkaran merah yang ada di berbagai screenshot di atas merupakan gabungan ellipse tool,Β layer style (stroke) dengan blending mode (softlay).

Transformasi

Transformasi atau transformation tools adalah alat untuk mengubah ukuran dan bentuk sebuah obyek. Selain mengubah ukuran, kamu bisa memiringkan obyek, membalik (mirror), dll. Alat ini jelas merupakan salah cara edit mendasar dalam menggunakan Photoshop.

transformation tool

Alat “Pembersih”

Ada beberapa tools di Photoshop yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan obyek atau membersihkan bidang tertentu. Kamu bisa menggunakan clone stamp, healing brush, patch tools, dll.

Clone Stamp atau stempel klon adalah alat untuk membuat duplikat bagian tertentu obyek dan meletakkannya di bagian lain. Alat ini merupakan salah satu yang paling berguna kalau kamu mengedit foto.

clone stamp healing brush dan patch tool

Healing brush dan patch tools punya fungsi yang mirip dengan clone stamp. Bedanya, mereka menyesuaikan tekstur dan warna di antara dua bidang yang berbeda itu. Jadi hasilnya lebih halus. Kedua alat ini bisa menyempurnakan hasil clone stamp.

More Stories
Android Oreo
Handphone Apa Saja yang Mendapat Update Android 8 Oreo?