Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Memunculkan Kursor yang Hilang dengan Cepat! 

cara melihat versi windows
Sumber: CHOICE

Apa yang terjadi saat kita sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan, tapi tiba-tiba kursor menghilang? Nah tidak perlu panik, berikut cara memunculkan kursor yang hilang dengan cepat.

Biasanya kursor menghilang ketika kamu menyalakan laptop atau PC pertama kali. Lalu layar Windows tidak memunculkan kursor, jadi kamu kesulitan untuk melanjutkan pekerjaan.

Lalu bagaimana cara supaya kursor muncul? Yuk, baca artikel sampai selesai, ya agar bisa memecahkan permasalahan kursormu.


Solusi Cepat

Ketika kursor tidak muncul saat menyalakan laptop, kamu dapat melakukan restart terlebih dahulu. Karena beberapa permasalahan dapat teratasi dengan menyalakan kembali perangkat yang kamu gunakan. Kamu bisa menekan tombol ALT+F4 di keyboard atau tekan lama tombol power hingga laptop mati.


Cara Memunculkan Kursor yang Hilang

Mungkin kamu heran, kenapa sih kok tiba-tiba kursor bisa menghilang? Tentunya kursor tidak mungkin tiba-tiba hilang, pasti karena ada penyebabnya.

Bagi kamu pengguna Windows, biasanya penyebab dari hilangnya kursor berkaitan dengan permasalahan sistem yang membuat laptop menjadi hang atau driver mouse sedang bermasalah, mouse yang tidak mendapat respon dari sistem, atau touchpad yang tidak berfungsi dengan baik.

Penyebab tersebut adalah permasalahan paling umum yang sering kali ditemui. Jadi jangan buru-buru panik, coba dulu cara berikut ini, ya!

1. Coba Restart Laptop

Saat laptop pertama kali dinyalakan dan kursor tidak muncul, kamu bisa melakukan proses menyalakan kembali atau restart pada laptop. Percaya atau tidak, tapi dengan proses restart dapat menyelesaikan beberapa masalah pada laptop bahkan smartphone, lho.

Jika biasanya kita melakukan restart dengan menggunakan bantuan kursor, tapi karena kursor tidak muncul, kamu bisa menggunakan tombol keyboard kok.

Cara restart laptop dengan tombol keyboard yaitu:

  1. Tekan tombol Alt+F4 di keyboard secara bersama
  2. Tekan tombol power hingga laptop kamu mati

Kamu bisa mencoba langkah 1 terlebih dahulu. Jika cara itu belum bisa membuat laptop kamu mati, gunakan cara nomor 2.

Baca Juga:  3 Tools Canggih untuk Memperbaiki File Windows yang Rusak

2. Membuka Kunci Touch Pad

Jika kamu menggunakan laptop terbaru, biasanya telah dilengkapi dengan tombol pengunci touchpad. Letaknya berada di bagian samping touchpad atau tombol keyboard dengan logo touchpad.

Kamu cukup mencari letak tombol tersebut, atau kamu juga dapat menggunakan bantuan tombol keyboard untuk mengaktifkannya dengan langkah berikut ini:

  1. Cek terlebih dahulu tombol F1 sampai F12 untuk mencari logo touchpad
  2. Kemudian tekan tombol touchpad + FN secara bersamaan
  3. Lalu periksa kembali kursor di laptop

Setelah kamu menerapkan cara ini, cek kembali kursor di laptop. Apakah kursor sudah muncul atau belum,

3. Periksa Kondisi Mouse

Saat ini banyak mouse yang telah dilengkapi dengan koneksi bluetooth. Jadi kamu tidak perlu menggunakan colokan USB lagi.

Namun pada kasus ini, jika kursor hilang kemungkinan terjadi permasalahan pada bluetooth pada mouse yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan mouse USB, kemungkinan terjadi permasalahan pada koneksi yang terputus di socket atau colokan USB.

Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu dapat mencoba menggunakan mouse baru. Jika dengan menggunakan mouse baru berhasil, maka kemungkinan permasalahan kursor tidak muncul terjadi karena mouse yang kamu gunakan.

Jangan lupa juga untuk cek kondisi baterai di dalam mouse, bila dirasa sudah tidak berfungsi coba ganti dengan baterai baru ya.

4. Update Driver Touchpad atau Mouse

Touchpad memiliki fungsi yang berbeda sesuai merk dan seri laptop yang kamu gunakan. Sehingga untuk melakukan update driver pada touchpad tentunya juga akan membutuhkan jenis driver yang berbeda.

Agar kamu dapat mengetahui jenis touchpad di laptop, kamu cukup mencari tahu merk dan seri laptop yang sedang digunakan. Kemudian, buka website resmi sesuai merk laptop yang kamu gunakan.

Sehingga kamu akan melihat jenis touchpad yang sesuai, lalu download driver tersebut. Kemudian kamu dapat melakukan reinstall driver dengan cara:

  • Buka menu “RUN” atau klik logo Windows+R di keyboard secara bersamaan
Cara Memunculkan Kursor yang Hilang dengan Cepat! 
  • Pada kolom, tuliskan devmgmt.msc lalu tekan enter
Cara Memunculkan Kursor yang Hilang dengan Cepat! 
  • Kemudian pilih opsi “Mice and other pointing devices” dengan cara tekan tombol Tab. Lalu kamu dapat menggunakan panah di keyboard untuk mengarahkan
Cara Memunculkan Kursor yang Hilang dengan Cepat! 
  • Lalu piih opsi “HID-compliant mouse
  • Tekan enter dan tab baru akan terbuka
  • Pilih opsi “update driver”, dan tunggu beberapa saat. Lalu kamu dapat restart laptop
Baca Juga:  Cara Memutuskan Jaringan WiFi dengan CMD

Setelah kamu restart laptop, periksa kursor apakah telah muncul dan berjalan dengan normal atau tidak. Jika kursor telah muncul dan dapat berfungsi dengan baik, maka permasalahan sebelumnya terjadi akibat driver.

5. Reinstall Driver Lewat Device Manager

Jika kamu pernah install driver, baik itu touchpad atau mouse, kemungkinan permasalahan kursor tidak muncul akibat dari driver yang bermasalah atau tidak kompatibel dengan perangkat yang kamu gunakan.

Sehingga kamu dapat melakukan beberapa cara berikut ini untuk memunculkan kursor yang hilang dengan menggunakan bantuan device manager:

  1. Tekan simbol Window+R di keyboard secara bersamaan sampai menu Run muncul
  2. Kemudian tuliskan devmgmt.msc pada kolom yang tersedia, lalu klik enter
  3. Layar akan memunculkan berbagai opsi, pilih “Mice and other pointing devices” dengan tombol tab dan gunakan tombol panah
  4. Lalu klik enter pada menu “HID-compliant mouse
  5. Pilih update driver
  6. Tunggu beberapa saat dan restart laptop

Cara ini hampir sama dengan langkah update driver touchpad sebelumnya. Namun yang membedakan adalah, pada langkah sebelumnya kamu perlu mengunduh driver terlebih dahulu.

6. Bawa Laptop ke Service Center

Jika cara memunculkan kursor yang hilang sebelumnya tidak dapat berhasil kamu gunakan, dan kursor masih tidak muncul, kamu dapat membawa laptop ke service center resmi sesuai dengan merk laptop.

Karena kemungkinan sistem komputer yang berhubungan dengan fungsi mouse mengalami kerusakan. Sehingga kamu dapat membawanya dan diperbaiki oleh para profesional yang ada di Service Center.

What’s Next

Sebelum membawa laptop ke tempat perbaikan, ada baiknya kamu mencoba beberapa cara memunculkan kursor yang hilang ini. Jika cara tersebut belum berhasil, maka kamu dapat membawanya ke service center resmi.

Jika memiliki pertanyaan atau topik lain yang ingin dibahas, tulis di bagian kolom komentar, ya. Nantinya kita bisa berdiskusi seputar topik yang kamu inginkan kedepannya.


Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.