Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Menampilkan Inspect Element di Google Chrome Laptop dan HP

google chrome for mac

Browser dengan Google Chrome memiliki berbagai fitur yang dapat membantu kamu untuk melakukan browsing, seperti inspect element. Kali ini kami akan membahas tentang cara menampilkan inspect element di Google Chrome.

Apabila kamu bekerja di bidang IT atau sering melakukan browsing website, salah satu fitur yang berguna adalah inspect element. Bahkan jika kamu sedang belajar seputar web atau bahkan membuat tampilan halaman web agar membuatnya lebih mudah, fitur ini juga dapat berguna.

Kamu dapat memanfaatkan fitur inspect element agar dapat menampilkan source code HTML di setiap halaman situs web yang sedang dibuka. Tidak hanya membuka, kamu juga dapat mengedit tampilan dengan tidak mempengaruhi website yang asli.

Sebenarnya apa sih fungsi dari fitur inspect element ini? Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat memanfaatkannya dengan berbagai hal. 

Kamu dapat melakukan edit di panel CSS (Cascading Style Sheet) yang dapat mengatur tampilan elemen yang tertulis dalam bahasa markup, seperti HTML. Jadi kamu dapat mengedit di panel dan melihat perubahannya secara langsung.

Selain itu kamu dapat mengetes berbagai macam layout pada website, membantu melakukan maintenance pada website karena pada fitur ini dapat memeriksa apakah terdapat kode yang rusak pada halaman web tersebut.

Serta melakukan edit sementara pada elemen halaman tanpa merubah tampilan website aslinya, dan tanpa mengubah kode website secara permanen. Jadi fitur ini cocok kamu gunakan untuk belajar tentang IT, lho.

Baca Juga:  Google Sajikan Fitur Shortcut di Google Chrome, Nyari Bookmark dll Lebih Gampang!

Menampilkan Inspect Element di Google Chrome di Laptop

Jika melalui laptop, kamu akan dapat lebih nyaman untuk menggunakan fitur inspect element ini.

Cara menampilkan inspect element di Google Chrome melalui laptop, yaitu:

  1. Buka browser Google Chrome melalui laptop
  2. Kemudian buka halaman website yang kamu inginkan. Contohnya seperti membuka laman Google
  3. Pada area kosong, kamu dapat menggerakkan kursor lalu klik kanan dan pilih opsi “Inspect”. Cara singkatnya, kamu dapat menggunakan bantuan pada tombol keyboard dengan menekan shortcut CTRL + SHIFT + I secara bersamaan
  4. Kemudian akan muncul panel inspect element yang berisikan source code HTML dari halaman yang sedang kamu buka. Lalu kamu dapat melakukan eksperimen sesuai dengan apa yang kamu inginkan.
  5. Jika kamu ingin keluar dari panel fitur inspect element, kamu cukup menekan tombol X yang berada pada bagian pojok kanan atas. Maka kamu secara otomatis telah terkeluar dari panel tersebut.

Menampilkan Inspect Element Google Chrome di HP

Biasanya melakukan inspect element rata-rata dilakukan pada perangkat PC atau laptop. Sayangnya, browser Chrome untuk Android juga tidak menyediakan cara menampilkan Inspect Element. Namun hal ini bisa disiasati dengan mengunakan browser lain yang sama-sama berbasis chromium.

Nah kamu dapat menggunakan browser yang dapat menyediakan fitur inspect element ini, yaitu Kiwi Browser. Kiwi browser adalah peramban berbasis Chromium yang memiliki fitur hampir serupa seperti di komputer.

Lewat Browser

Cara menampilkan inspect element dengan HP Android adalah:

  1. Buka Kiwi Browser terlebih dahulu
  2. Pilih akses website yang akan kamu tuju
  3. Lalu pilih opsi menu atau titik tiga yang tersedia di bagian pojok kanan atas
  4. Kemudian pilih opsi menu “Developer Tools
  5. Lalu fitur inspect element akan muncul pada tab yang baru
Baca Juga:  Cara Membuat Chrome Menjadi Default Browser di HP dan Laptop

Lewat Aplikasi

Eruda
Sumber: Playstore

Terdapat opsi lain yang dapat kamu gunakan untuk melakukan inspect element melalui HP Android. Menggunakan Eruda Browser Console, kamu akan mendapatkan berbagai fitur seperti manipulasi, injeksi javascript, hingga pemantauan jaringan.

Cukup dengan mengunduh aplikasi ini, kamu dapat mengedit berbagai halaman website melalui HP Android. Jadi kamu tidak perlu mengandalkan desktop untuk mengedit halaman website

Untuk menggunakan inspect element, kamu dapat menerapkan cara berikut ini:

  1. Unduh aplikasi Eruda Browser Console dari Play Store
  2. Copy terlebih dahulu kode yang ingin kamu inspect
  3. Buka Eruda browser, dan bookmarks, kemudian pilih edit pada bookmarks yang kamu pilih.
  4. Pada tulisan judul atau title, tuliskan dengan nama “Inspect Element
  5. Pada link website di kolom bawah, paste dengan link atau kode yang telah kamu copy sebelumnya
  6. pilih “Finished” dan tutup edit bookmark
  7. Lalu kamu akan kembali ke menu awal, pilih bookmark yang telah kamu edit sebelumnya
  8. Pada bagian kiri bawah terdapat tool untuk kamu melakukan inspect element

What’s Next

Kamu telah mengetahui bagaimana cara menampilkan inspect element di Google Chrome baik dengan menggunakan laptop maupun HP tanpa aplikasi dan dengan aplikasi. Sehingga kamu dapat belajar maupun melakukan berbagai hal untuk mengasah skill dalam dunia IT. 

Jika kamu memiliki pertanyaan atau topik lain yang ingin didiskusikan, tulis di kolom komentar, ya. Agar kita dapat saling berdiskusi seputar topik yang kamu inginkan di kemudian hari.


Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.