Memunculkan scroll bar Mac

Bagaimana Menampilkan Scroll bar di Mac Secara Permanen

Kalau kamu perhatikan, scroll bar Mac tidak terlihat (baik di OS X maupun macOS). Scroll bar baru muncul ketika kamu mulai menggeser halaman. Ada suka dengan hal ini dan ada pula yang ingin menampilkan scroll bar agar bisa mengontrol halaman lebih mudah.

Perubahan perilaku scroll bar ini terjadi di OS X Lion. Konon hal ini disebabkan karena Apple ingin perilaku antara iOS dan Mac OS X lebih sejalan. Entah apa pun perangkat Apple yang kamu miliki, perilakunya serupa.

Walau pun lebar scroll bar tidak besar, kelihatannya Apple juga ingin agar tampilan jendela kerja tidak terganggu. Toh menggeser halaman bisa dilakukan dengan natural. Tapi tentu saja hal ini sangat bisa diperdebatkan.


Baca juga: Cara Mengatur dan Menghapus Ikon di Menu Bar Mac


Tanpa ada scroll bar, kita tidak tahu sudah sejauh apa kita melihat atau membaca sebuah dokumen atau halaman situs. Kadang kita juga tidak tahu kalau ada halaman yang bisa digeser ke samping. Mau menggeser dengan cepat dan tepat pun sulit.

perbandingan scrollbar mac
Perbandingan tanpa scrollbar dan dengan scroll bar di Mac

Untuk yang sudah terbiasa sih mungkin bukan masalah. Tapi untuk pengguna baru — apalagi yang terbiasa dengan Windows — ini bisa cukup mengganggu.

Untungnya pilihan mengatur scroll bar sesuai keinginan kita tetap ada.

Cara mengatur scroll bar Mac

  1. Buka System Preference. Bisa dari ikon Apple  > System Preference, atau dari Dock.
  2. Pilih (klik dua kali) General.
  3. Lihat di bagian tengah, di pengaturan ‘Show scroll bars‘. Ada tiga pilihan:
    • Automatically based on mouse or trackpadScroll bar akan muncul kalau kita menggeser kursor ke area scroll bar, dan ketika kita menggeser halaman.
    • When scrollingScroll bar akan muncul ketika kita menggeser halaman.
    • Always — Scroll bar akan selalu terlihat walau tidak menggeser halaman.

Tentu saja, kalau kamu ingin menampilkan scroll bar di Mac secara permanen, pilih ‘Always‘.

mengatur scrollbar di mac
Mengatur scroll bar Mac

Selain pilihan bagaimana menampilkan scroll bar Mac, di pengaturan itu juga ada pilihan untuk perilaku ketika kita klik scroll bar. Bisa langsung melompat ke halaman berikutnya, bisa juga menuju halaman tempat klik dilakukan.


Baca juga: Review Aplikasi Email Spark untuk Mac


Biasanya saya menggunakan pilihan otomatis berdasar trackpad. Harapan saya, ketika saya geser (hover) kursor ke area scroll bar, tuas akan muncul, dan saya bisa menggunakannya (dengan tekan dan tahan tiga jari) untuk menuju halaman yang saya inginkan. Sayangnya, ini tidak terjadi.

Pilihan scroll bar muncul saat kita menggeser halaman tidak terlalu fungsional menurut saya. Jadi ya saya lewatkan.

Kalau saya memilih ‘Always‘, saya bisa melihat posisi tuas scroll bar dan bisa menggunakannya untuk menggeser halaman ke tempat yang saya inginkan. Apabila kamu menemukan ada halaman dengan tuas scroll bar tidak terlihat, coba refresh atau tutup dan buka lagi halaman yang bersangkutan.

Kebiasaan tiap orang memang berbeda. Saat ini saya sudah terbiasa dengan pilihan mengikuti trackpad (walau kehilangan posisi halaman). Entah kenapa — walaupun kecil — kehadiran scroll bar ini tiba-tiba kurang nyaman di mata.

Tapi ini kebiasaan saya. Sekali lagi, tiap orang berbeda. Kamu tentunya bisa memilih mana yang terbaik buatmu. Mau menghilangkan atau menampilkan scroll bar di Mac, terserah saja. Bukan begitu?

More Stories
2 Laptop HP Terbaru Seri Spectre Hadir Untuk Kelas Premium