Cara Mengatur dan Menghapus Ikon di Menu Bar Mac

mengatur ikon menu bar mac

Menu bar Mac merupakan salah satu tempat strategis untuk mengakses aplikasi. Namun, ada tombol atau ikon menu bar Mac yang kurang fungsional, dan cuma memenuhi tempat saja. Untuk itu, kali ini kami akan membahas bagaimana mengatur atau menghapus ikon di menu bar Mac.

Oke, mari kita lihat sebuah contoh kasus. Sebutlah ikon volume. Untuk apa ada ikon volume di menu bar, kalau kita bisa dengan mudah menambah / mengurangi volume di touch bar atau dengan menekan tombol volume di keyboard? Ya, kamu bisa menghapus ikon ini.

Namun, Mac selalu memiliki fungsi tersembunyi. Begitu juga di ikon menu bar. Beberapa ikon tersebut memiliki dua wajah yang berbeda.


Baca juga: Cara Mengganti Aplikasi Email Default di Mac


Melihat Fungsi Lain Ikon di Menu Bar Mac

Untuk melihat fungsi lain dari ikon di menu bar Mac, yang harus kamu lakukan adalah tekan dan tahan tombol ‘Option’ di keyboard lalu klik ikon yang bersangkutan.

Sebagai contoh tombol volume. Kalau kita klik ikon tersebut seperti biasa, maka yang keluar adalah kontrol volume. Sedangkan kalau menggunakan ‘Option + Volume’, akan muncul pilihan perangkat suara keluar (Output Device), perangkat suara masuk (Input Device), dan Pengaturan Suara (Sound Preference).

perbandingan fungsi volume menu bar mac
Perbandingan fungsi ikon Volume di Menu Bar Mac

Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk menghapus sebuah ikon, coba dulu cek fungsi terkait. Kalau memang tidak terlalu fungsional, baru hapus ikon tersebut.

Cara Memindah dan Menghapus Ikon di Menu Bar Mac

Untuk memindah ikon di menu bar Mac, yang harus kamu lakukan adalah tekan dan tahan tombol ‘Command’ di keyboard, lalu geser ikon di menu bar (drag n drop).

pindah ikon menu bar mac

Pengguna macOS Sierra bisa memindah baik aplikasi sistem Mac maupun aplikasi pihak ketiga (Dropbox, Spectacle, dll). Sedangkan pengguna sebelum Sierra hanya bisa memindah ikon aplikasi sistem Mac saja.

Cara Menghapus Ikon di Menu Bar Mac

Untuk menghapus ikon di menu bar Mac, yang harus kamu lakukan adalah tekan dan tahan tombol ‘Command’ di keyboard, lalu geser ikon bersangkutan keluar dari menu bar (drag n drop) ke desktop.

Ya, sama seperti menghapus aplikasi atau program dari Dock Mac.

hapus ikon menu bar mac

Cara menghapus ikon di menu bar ini hanya berlaku untuk aplikasi sistem saja. Sementara untuk aplikasi pihak ketiga, bisa cek pengaturan aplikasi yang bersangkutan (kalau menyediakan pilihan tersebut), atau menutup (quit) aplikasi bersangkutan.

Cara Memulihkan Ikon di Menu Bar Mac

Kalau kamu tiba-tiba merasa membutuhkan ikon yang sudah dihapus dari menu bar, kamu bisa memulihkannya lagi. Kalau aplikasi itu merupakan aplikasi sistem, maka kamu bisa mengaktifkannya di pengaturan aplikasi yang bersangkutan di System Preference.

Misalnya: System Preference > Sound > Show volume in menu bar

memulihkan ikon volume di menu bar mac

Untuk aplikasi pihak ketiga, kamu bisa memulihkannya lagi melalui pengaturan aplikasi yang bersangkutan. Sekali lagi, tergantung aplikasi tersebut apakah menyediakan pilihan itu atau tidak.


Baca juga: 18 Aplikasi Mac Utility Yang Layak Diperhatikan


Itulah cara mengatur ikon di menu bar Mac. Sebuah cara sederhana yang seringkali terlewatkan.

Kalau kamu ingin mengatur menu bar dengan lebih canggih, kamu bisa mencoba aplikasi Bartender. Aplikasi ini akan membantu kamu mengatur, memindah, dan menyembunyikan (bukan menghapus) ikon di menu bar.

Salam olahraga!