Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

6 Cara Mendapat Uang dari TikTok untuk Pemula dengan Cepat

Sumber: TikTok
Indri Penulis

Cara mendapat uang dari TikTok, cuma modal viral kamu sudah bisa banjir cuan! Yang perlu kamu lakukan adalah praktikkan cara-cara berikut.

TikTok dulunya dianggap sebagai aplikasi ‘alay’ dan ‘unfaedah.’ Pasalnya TikTok cuma bisa dipakai buat mengedit video-video receh. Tapi itu dulu, sekarang TikTok telah menjelma menjadi aplikasi sejuta umat yang dipuja miliaran orang di dunia.

TikTok tak hanya menjadi aplikasi pelopor video vertikal tersukses. Tapi TikTok juga rumah para konten kreator untuk bebas mengekspresikan diri. Dengan fitur editing video yang lengkap di platform-nya, kreator TikTok bisa bikin video model apapun yang mereka mau.

Tapi bukan itu saja keunggulan TikTok. Selain sebagai media sosial biasa, TikTok juga bisa menjadi ‘ladang cuan’ buat para konten kreator.

Apalagi sejak hadirnya program TikTok Creator Fund, nasib konten kreator di TikTok lebih terjamin. Pasalnya TikTok telah menggelontorkan dana $200 untuk menggaji kreator mereka.

Lalu bagaimana cara mendapat uang dari TikTok untuk pemula? Hm.. Kamu mungkin penasaran gimana cara menghasilkan uang dari TikTok kan?

Nggak perlu bingung. Ini dia beberapa tips mendapatkan uang dari TikTok seperti dilansir dari Sprout Social.

Cara Mendapat Uang dari TikTok untuk Pemula

Memang, TikTok berbeda dari platform lain khususnya YouTube. Di YouTube pengguna bisa memasang iklan atau adsense untuk mendapat uang. Sedangkan di TikTok, pengguna bebas bikin konten tanpa tercampur dengan iklan di dalamnya.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat uang dari TikTok. Mulai dari menjadi konten kreator itu sendiri, main iklan, dan lain sebagainya. Kalau begitu, yuk kita kupas satu per satu triknya~

1. Menjadi Konten Kreator Serbaguna (Open Endorse, Jadi BA, dll)

Menjadi konten kreator adalah salah satu cara mendapat uang dari TikTok. Kalau kamu ingin menghasilkan uang dengan cara tersebut, ini dia beberapa opsi yang bisa kamu lakukan:

  • Mengunggah konten bersponsor
  • Affiliate marketing / pemasaran marketing
  • Jadi brand ambassador
  • Open endorse dan hal-hal lain sejenisnya.
Baca Juga:  4 Alasan TikTok Bahaya Buat Privasi dan Keamanan Pribadi

Seperti yang mungkin sudah kamu tahu, TikTok punya halaman bernama ‘FYP.’ Halaman ini khusus menampilkan video-video yang viral di TikTok.

Apakah FYP TikTok Dapat Uang?

cara mendapat uang dari tiktok

Kalau video TikTok bisa tembus FYP, otomatis video tersebut akan ditonton oleh lebih banyak pengguna TikTok lainnya. Dengan begitu, peluangmu untuk menjadi konten kreator yang bisa menghasilkan uang di TikTok lebih besar.

2. Menjual Barang atau Jasa yang Sesuai dengan Tema Video

Kalau kamu kebetulan punya banyak followers di TikTok, kebetulan banget. Ide menjual barang atau jasa lewat TikTok bisa jadi salah satu cara untuk mendapatkan uang dari sana.

Caranya yakni dengan menjual merchandise yang berhubungan denganmu. Atau misalnya menjual barang-barang yang diminati banyak orang (barang yang lagi hype saat ini).

Contohnya kamu konten kreator spesialis makeup. Nah selain bikin tutorial makeup seperti biasa, kamu bisa sambil mempromosikan produk makeup yang kamu jual.

Kalau mau tips paling tokcer, kamu bisa bikin video pakai produk makeup yang kamu jual. Jadi penonton bisa langsung tahu hasil dari pengaplikasian produk tersebut ke wajah kamu.

3. Rajin Live Streaming dan Dapat Hadiah Virtual dari Penonton

Cara mendapat uang dari TikTok yang ketiga ini juga gampang dilakukan. Kamu cuma perlu meluangkan waktu dan mulai live streaming sesuai pilihan temamu.

Nah nanti saat ada penonton memberikan hadiah virtual ke kamu, saat itu juga kamu bakal dapat uang. Hadiah virtual dari live streaming TikTok bisa ditukarkan uang tunai.

cara mendapat uang dari tiktok
Sumber: TikTok

Walau terlihat gampang dilakukan, tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Dengan begitu penonton bisa merasa nyaman saat menonton siaran langsungmu yakni:

  • Pilih waktu yang tepat untuk live streaming (pastikan saat mayoritas followers sedang online).
  • Pastikan koneksi internetmu stabil.
  • Pakai hashtag untuk menarik lebih banyak penonton.
  • Pastikan masalah teknis aman.
  • Hindari gangguan di sekitar yang mungkin terjadi selama live streaming.

4. Memanfaatkan Fitur Iklan “TikTok Pulse”

Layaknya platform media sosial lainnya, TikTok juga menyediakan fitur ads atau iklan bernama TikTok Pulse. Fitur tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnis atau memonetisasi akunmu.

Baca Juga:  Makin Kreatif, TikTok Rilis Beberapa Fitur Edit Video Baru dan Mode Foto

Lewat fitur ini, kamu bisa menargetkan lebih banyak audiens untuk menonton siaran langsung. Selain itu orang-orang yang nonton via iklan, biasanya berpotensi menjadi bagian dari followers-mu.

cara mendapat uang dari tiktok
Sumber: TikTok Business Help Center

Memang nggak bisa dipungkiri, tips ini butuh modal yang cukup besar. Tapi nggak perlu khawatir. Kamu cuma harus cukup jeli dalam melihat peluang yang ada. Kalau sudah seperti itu, bukan tidak mungkin akun TikTok-mu bakal makin ramai dan terkenal.

5. Posting Konten Sponsor Biar Makin Cuan!

Buatmu yang punya followers banyak, cara mendapat uang dari TikTok yang satu ini juga bisa jadi ladang uang yang menjanjikan. Hal yang perlu kamu lakukan adalah bekerja sama dengan merek/toko online tertentu.

Kemudian kamu bisa mulai mempromosikan produknya lewat konten video. Yah istilah lainnya adalah kamu membuka Paid Promote atau Paid Partnership.

6. Promosi Musik Siapa Tahu Dilirik Produser Ternama

Suka bikin musik atau menciptakan lagu? TikTok bisa jadi ‘alat musik’ yang menghasilkan uang. Caranya yakni dengan mempromosikan musikmu lewat video pendek yang diunggah ke TikTok. Jangan lupa sertakan tautan pembelian untuk musik yang kamu rekam.

Kalau beruntung, kamu bahkan bisa bertemu dengan salah satu produser musik dari label ternama. Nah yang terpenting, kamu harus tetap konsisten bekerja dan optimis.

Baiklah kurang lebih seperti itulah cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula. Mendapatkan uang dari TikTok mungkin nggak semudah membalik telapak tangan.

Tapi bukan berarti cara mendapatkan uang dari TikTok tidak bisa kamu lakukan bukan? Dari beberapa tips yang sudah saya bagikan di atas, mana cara mendapat uang dari TikTok yang menurutmu paling gampang dilakukan?