Cara Mengaktifkan Fitur Parental Controls di Xbox

Aktivitas anak saat bermain game di Xbox perlu dipantau agar tidak kelewat batas. Oleh karena itu, penting mengetahui cara mengaktifkan parental controls di Xbox.

Anak dan game adalah dua hal yang dari dulu tidak bisa dipisahkan. Apalagi zaman sekarang, ketika gamegame mobile dan konsol semakin banyak.

Orang tua biasanya akan memberikan fasilitas berupa smartphone, PC atau konsol untuk anak mereka. Salah satu item gaming yang memiliki banyak peminat adalah konsol, Xbox salah satunya.

Tidak bisa dipungkiri, bermain game konsol memang memiliki sensasi tersendiri. Inilah yang membuat anak ketagihan dan tidak jarang lupa waktu.

Orang tua memiliki kendali penuh untuk mengawasi anak mereka saat bermain game. Salah satu hal yang bisa dilakukan orang tua adalah memberi batas waktu untuk bermain game.

Sumber Gambar : World Game

Untungnya, Xbox memiliki fitur parental controls. Fitur ini memungkinkan orang tua bisa menetapkan batas waktu bermain anak.

Nah, kali ini saya akan berbagi cara mengaktifkan parental controls di Xbox. Oke, langsung saja simak panduan lengkapnya berikut ini.

Cara Mengaktifkan Fitur Parental Controls di Xbox

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengaktifkan parental controls adalah memiliki akun Microsoft. Selain akun Microsoft, kalian juga harus membuatkan profil untuk masing-masing anak.

Kalian dapat gunakan akun Microsoft untuk membuat profil milik sendiri. Setelah itu, kalian cukup memilih email atau konfirmasi nomor telepon. Oya, proses ini tidak dikenakan biaya sedikit pun.

Setelah profil jadi, pergilah ke beranda Xbox. Pilih menu โ€˜Add Newโ€™ yang ada di atas layar. Selanjutnya kalian bisa menambah profil baru untuk anak-anak.

Cara Membatasi Layar

Xbox memungkinkan kalian untuk mengatur waktu layar. Selain itu, kalian bisa mengatur waktu per hari anak saat bermain game.

Untuk mengaktifkan batas bermain, kalian bisa kunjungi ‘account.microsoft.com/family‘. Setelah itu, cukup masukkan akun Microsoft kalian.

Oya, pembatasan layar tidak hanya berlaku untuk game lho. Kalian juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk membatasi waktu anak saat bermain media sosial, dll.

Cara Membatasi Konten

Orang tua biasanya khawatir jika anak mereka memainkan game dewasa. Jangan khawatir, karena Xbox memungkinkan kalian untuk membatasi konten untuk anak.

Berikut cara membatasi konten di Xbox:

  • Tekan tombol Xbox (huruf X besar di tengah controller).
  • Buka โ€˜Settings > All Settings > System.โ€™
  • Setelah itu, pilih menu โ€˜Signed out content restrictions > Access to content.โ€™

Di dalam menu tersebut, kalian bisa memilih pengaturan usia pada game. Perlu diketahui, pembatasan usia juga akan mengecualikan konten dari Netflix di konsol Xbox.

Cara Mengontrol Pembelian

Mungkin hal ini sering dialami oleh banyak orang tua. Dimana anak secara tidak sengaja melakukan pembelian game. Akhirnya, orang tua harus membayar ratusan ribu untuk hal ini.

Nah, hal ini dapat diantisipasi dengan mudah kok. Kalian bisa mengatur pembelian dari akun anak, agar melewati izin dari kalian terlebih dahulu.

Kalian cukup membuka menu โ€˜Settings > All Settings > Account > Sign in, security & passkey.โ€™ Di sini kalian bisa mengatur passkey untuk setiap pembelian melalui konsol.

Cara Mengontrol Privasi Anak

Konsol menyajikan beragam game online. Saat online, anak mungkin akan bermain game bersama orang asing. Hal ini membuat orang tua merasa khawatir dengan keselamatan si anak.

Supaya anak aman, kalian bisa membatasi privasi anak. Pengaturan ini membuat anak hanya bisa bermain dengan orang yang mereka kenal.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka โ€˜Settings > All Settings > Account > Family.โ€™ Kemudian sesuaikan pengaturan berdasarkan โ€˜Privacyโ€™ dan online safety.