Cara Menghubungkan Kontroler Xbox One ke Raspberry Pi

Apa kalian penggemar game retro dan ingin menghubungkan kontroler Xbox One ke Raspberry Pi? Jika iya, simak artikel ini untuk mengetahui tutorialnya.

Penggemar game retro memang banyak. Saat ini telah ada alat konfigurasi otomatis di RetroPie dan Recalbox. Dengan begitu, kalian bisa mengatur game dengan controller Xbox One.

Tapi bagaimana cara menghubungkan controller Xbox One ke Raspberry Pi? Apakah membutuhkan adaptor untuk menghubungkan controller Xbox One ke komputer orang lain?

Simak langkah berikut ini untuk menghubungkan kontroler Xbox One ke Raspberry Pi:

Mengkonfigurasi Raspberry Pi ke Kontroler Xbox One

Sumber Gambar : Hackster Blog

Langkah pertama yang dapat kalian lakukan ada mengubah sistem operasi. Gunakan kode di bawah ini di terminal controller Xbox One maupun Raspberry Pi:

sudo apt update

sudo apt upgrade

Tunggu proses di masing-masing perangkat selesai. Jika proses selesai, kalian hanya perlu konfirmasi dengan mengikuti petunjuk yang ada.

Dalam banyak kasus, kalian tidak butuh driver untuk menghubungkan controller Xbox One ke Raspberry. Sebab dukungan untuk controller telah terintegrasi ke sistem operasi.

Sayangnya emulator game jadul tidak bisa mendeteksi hal ini. Jika hal tersebut terjadi, kalian bisa menggunakan cara lain.

Jika proses di atas berhasil, kalian bisa bermain game seperti biasa. Tapi jika ada masalah saat menggunakan controller Xbox One di game tertentu, install driver-nya.

Untuk menginstal driver, masukkan kode berikut ke terminal Xbox One:

sudo apt install xboxdrv

Tunggu sampai proses instalasi selesai.

Menghubungkan Controller Xbox One ke Raspberry Pi via USB

Sumber Gambar : eBay

Fleksibilitas nirkabel adalah salah satu kenyamanan yang ditawarkan controller Xbox One.  Jika kalian ingin menggunakannya, maka cobalah USB.

Kabel pengisian daya Xbox One bisa digunakan untuk menghubungkan controller ke Raspberry Pi. USB 2,7 m paling cocok digunakan bermain game di sistem retro.

Menghubungkan Controller Xbox One ke Raspberry Pi Via Adaptor Microsoft Xbox

Sumber Gambar : Xbox

Untuk melakukan hal ini, sebaiknya gunakan model Raspberry Pi yang lebih baru. Sebab Raspberry Pi versi lama tidak punya kecepatan pemrosesan (WiFi dan Bluetooth) nirkabel.

Ini adalah cara paling sederhana yang dapat kalian lakukan. Kalian hanya perlu mencolokkan adaptor Microsoft Xbox ke Raspberry Pi.

Setelah itu Raspberry Pi akan mulai proses boot. Tunggu sampai perangkat menyala kembali. Tahan tombol adaptor dan controller Xbox One secara bersamaan.

Tunggulah sampai lampu disinkronkan. Saat mereka berhenti berkedip, kalian bisa langsung bermain game seperti biasa.