5 Cara Mudah Mengamankan Akun Spotify Agar Tetap Bersifat Pribadi

Kamu ingin membuat akun Spotify-mu tetap private? Cobalah tutorial cara mengamankan akun Spotify agar tetap private berikut ini.

Mendengarkan musik adalah pengalaman yang sangat pribadi. Banyak dari kita menganggap musik sebagai cara untuk mengekspresikan diri atau menemukan pelepasan kecemasan.

Jadi, bukan rahasia lagi kalau kebanyakan orang tidak ingin berbagi ‘riwayat mendengarkan’ lagu dengan orang lain. Yah, intinya, beberapa orang lebih suka merahasiakan lagu yang mereka dengar.

Nah, kali ini, kami akan menjelaskan cara agar kamu dapat mengamankan akun Spotify supaya tetap private alias anonim.

Cara Mengamankan Akun Spotify Agar Private

Ubah Nama Tampilanmu

Walau nama penggunamu tidak bisa diubah, tapi Spotify tidak mewajibkanmu untuk menampilkan nama asli (untuk penggunaan umum). Kalau tidak ingin orang lain mengenalimu, kamu bisa mengubah nama tampilan.

Sumber Gambar : Make Use Of

Untuk mengubah nama tampilan di Spotify, buka aplikasi Spotify dan ketuk “Settings > View > Profile > Edit Profile.”

Hapus Riwayat Mendengarkan

Setelah mendengarkan lagu yang sama selama 20 kali berturut-turut, mungkin beberapa dari kita ingin melupakan lagu itu, atau mencegah orang lain agar tak mengetahui betapa gilanya kita dengan lagu tersebut. Hehehe.

Sumber Gambar : Make Use Of

Untuk mencegah orang lain tahu lagu favorit kita, cukup buka Spotify dan ketuk “Settings > Social” dan matikan opsi “Recently played artists.”

Kamu juga bisa menghapus riwayat mendengarkan di Spotify web. Caranya klik “Settings > Social” dan matikan opsi “Show my recently played artists.”

Setelah kamu mematikan opsi tersebut, artis atau lagu yang baru-baru ini kamu dengarkan tidak akan muncul lagi di profilmu.

Dengarkan Lagu Secara Anonim

Kalau kamu habis putus sama pacar dan tidak ingin dunia tahu lagu apa yang membuatmu menangis, tenang. Spotify memberimu opsi untuk menyembunyikannya kok.

Sumber Gambar : Make Use Of

Untuk merahasiakan apa yang kamu dengarkan, kamu bisa mendengarkan lagu secara anonim. Caranya, buka aplikasi Spotify dan ketuk “Settings > Social” kemudian alihkan tombol “Private session.”

Sementara untuk Spotify web, kamu bisa mengklik “Settings > Social” dan matikan opsi “Start a private session to listen anonymously.”

Sumber Gambar : Make Use Of

Setelah kamu mengaktifkan fitur tersebut, fitur ‘Listening activity’ dan ‘Recently played artists’ akan mati secara otomatis.

Ubah Daftar Putar Jadi Pribadi

Sebagian pengguna Spotify suka membuat berbagai macam daftar putar lagu. Kalau kamu tidak orang lain mengetahui daftar putarmu, kamu bisa membuat playlist lama dan baru menjadi pribadi.

Sumber Gambar : Make Use Of

Untuk daftar putar publik ‘yang sudah terlanjur’ kamu buat, buka daftar putar tersebut dan klik tombol tiga titik. Setelah itu, pilihlah opsi “Make Secret.” Kalau berhasil, kamu akan melihat konfirmasi pop-up Playlist is now Secret.”

Sumber Gambar : Make Use Of

Sedangkan untuk semua daftar putar ‘masa depan’ yang ingin kamu bikin pribadi, buka “Settings > Social” dan nonaktifkan opsi “Make my new playlist private.”

Jangan Hubungkan Spotify ke Facebook

Selain nama penggunamu, Spotify punya fitur Find Friends yang memungkinkan kamu menemukan teman di Facebook. Kalau kamu ingin teman-teman Facebook tidak mengetahui selera musikmu, maka jangan hubungkan akun Spotify-mu ke Facebook.

Kalau akun Spotify-mu sudah terlanjur terhubung ke Facebook, batalkan tautan akunmu dengan membuka aplikasi Spotify. Setelah itu, masuklah ke “Settings > Social > Disconnect from Facebook.”

%d blogger menyukai ini: