Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Nggak Perlu Panik, Ini 5 Cara Jitu Buat Mengatasi Laptop yang Terkena Air

Indri Penulis

Laptop ketumpahan air? Nggak perlu panik. Kamu bisa coba praktikkan cara jitu untuk mengatasi laptop yang terkena air berikut ini.

Bagi sebagian orang, laptop ibarat sudah menjadi soulmate yang bahkan melebihi pasangan sendiri. Apalagi buat yang kerjanya pakai laptop, sudah pasti sebagian besar waktu bakal dihabiskan bersama si lappy.

Nah karena kerja atau aktivitas sehari-hari pakai laptop, nggak sedikit orang yang sering melakukan aktivitas lain sambil main laptop. Misalnya makan atau minum di samping laptop.

Sebenarnya nggak ada masalah sih soal kebiasaan seperti itu. Toh rasanya nyaman saja. Main laptop sambil cemal-cemil makanan dan minuman yang ada di samping. Setuju nggak?

Sayangnya yang namanya manusia pasti nggak pernah lepas dari ‘kecerobohan.’ Nggak jarang terjadi insiden laptop ketumpahan makanan/minuman. Bahkan parahnya, ada yang minumannya merembes sampai ke dalam bodi laptop.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang terkena tumpahan air? Kamu nggak perlu bingung. Kali ini saya bakal kasih tips dan cara buat mengatasi laptop yang terkena tumpahan air.

Matikan Laptop

Saat laptopmu terkena tumpahan air, nggak perlu terlalu panik. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mematikan laptop.

mengatasi laptop terkena air
Sumber : Nesaba

Tapi kalau laptopmu masih terhubung ke stop kontak (pas charge data misalnya), kamu bisa mencabut kabel charge dari stop kontak. Baru setelah itu shutdown laptop seperti biasa. Hal ini harus dilakukan dengan cepat supaya tidak terjadi korsleting.

Cabut Hardware Eksternal

Selain mematikan laptop, kamu juga perlu mencabut semua hardware eksternal yang mungkin masih terhubung dengan laptop. Apa saja contohnya? Misalnya flashdisk, hardisk eksternal, mouse, charger, headphone, dll.

mengatasi laptop terkena air
Sumber : Techspirited

Kenapa hardware eksternal harus dicabut? Eits.. Ini penting banget lho. Cara ini harus kamu praktikkan supaya hardware eksternal yang terhubung ke laptopmu tidak korslet dan rusak.

Baca Juga:  Alasan Kenapa Memilih dan Membeli Laptop Windows

Hilangkan Cairan di Permukaan Laptop

Saat laptop terkena tumpahan air, sebagian besar air mungkin sudah merembes ke bagian dalam laptop. Namun tak sedikit pula cairan yang masih menggenang di permukaan.

mengatasi laptop terkena air
Sumber: How To Clean Things

Setelah laptop mati, kamu bisa gosokkan kain kering ke permukaan yang terkena air (saya sarankan pakai kain berukuran kecil dan bersih, supaya bisa menjangkau celah keyboard).

Atur Posisi Laptop Agar Terbalik

Trik yang ketiga ini lumayan jitu untuk mengeluarkan air yang terlanjur masuk ke dalam bodi laptop. Caranya gampang, kamu hanya perlu membalik laptop seperti yang ada pada gambar di bawah ini.

mengatasi laptop terkena air
Sumber : ShopBack

Tunggu selama beberapa menit. Kalau sudah, kembalikan posisi laptop seperti semua. Selanjutnya, kamu bisa mengusap air yang keluar menggunakan kain kering.

Taruh Handuk di Bawah Bodi Laptop

Setelah mempraktikkan empat cara di atas, sekarang kamu hanya perlu meletakkan handuk kering di bawah bodi laptop. Ini adalah cara untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ada air yang merembes dari bodi belakang laptop. Jadi nanti air tersebut bisa langsung terserap oleh permukaan handuk.

Selesai. Setelah ini kamu bisa tunggu selama beberapa hari. Kalau misalnya masih ada air yang merembes dari dalam laptop, atau bahkan terjadi masalah serius sama laptopmu, kamu bisa langsung membawanya ke tempat service laptop.