Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Mengatasi Masalah iPhone Aksesoris Tidak Mendukung 

kabel charger anker
Sumber Gambar : ArenaLTE.com

Tidak hanya perangkatnya, aksesoris iPhone resmi pun memiliki harga yang tidak murah. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah iPhone aksesoris tidak mendukung?

Saat ini iPhone menjadi ponsel dengan kategori golongan atas. Aksesorisnya seperti Apple watch atau airpods, dan lain sebagainya pun memiliki harga yang terkesan mahal dibanding dengan Android.

Setelah membeli dengan harga cukup mahal, bagaimana jika aksesoris tersebut tidak mendukung? Permasalahan ini dapat dengan mudah kamu atasi, cukup simak artikel ini sampai selesai, dan kamu akan mengetahuinya.


Cara Mengatasi Masalah iPhone Aksesoris Tidak Mendukung

Ketika kamu membeli aksesoris iPhone dan tidak mendukung, biasanya akan muncul notifikasi dengan tulisan “Aksesoris tidak didukung”. Sehingga kamu tidak dapat menggunakan aksesoris tersebut.

Namun hal ini tidak terjadi pada saat kamu membeli aksesoris baru saja. Aksesoris yang tidak mendukung juga dapat terjadi pada aksesoris yang telah kamu gunakan sebelumnya, lalu kemudian menjadi tidak terhubung.

Lalu apakah kamu perlu langsung membeli aksesoris iPhone yang baru? Tidak perlu terburu-buru, karena kamu bisa mengatasinya terlebih dulu melalui beberapa cara berikut ini.

1. Memastikan Aksesoris Tidak Rusak atau Cacat

Tentunya ketika kita akan membeli barang apapun, kita perlu memastikan apakah barang tersebut rusak atau tidak, bukan? Hal ini tentunya juga berlaku ketika kamu membeli aksesoris iPhone.

Contoh yang paling umum, yaitu penggunaan charger. Jika pengisian daya iPhone berjalan lambat atau bahkan tidak dapat mengisi daya, kamu dapat memeriksa kabel dan adaptor USB. 

Apakah di bagian kabelnya ada yang putus atau tidak. Atau pada bagian adaptor ada bagian yang retak atau bengkok.

Baca Juga:  Lini iPhone 14 Hadir & Versi Pro Punya Kamera Depan Seru

Dengan harga yang tidak murah, kamu perlu memastikan bahwa aksesoris iPhone yang kamu pilih tidak dalam keadaan rusak atau cacat produksi. Jika rusak atau cacat, tentu saja kamu tidak dapat menggunakannya, bukan?

2. Aksesoris Tidak Memiliki Sertifikasi Apple

Aksesoris Apple cukup berbeda dengan Android. Smartphone Android memiliki banyak variasi aksesoris dan harganya pun terbilang terjangkau.

Untuk aksesoris iPhone, pastikan kamu menggunakan dengan merek yang tidak berbeda. Jika kamu memiliki aksesoris dengan sertifikasi Apple, maka kemungkinan permasalahan tidak mendukung tidak akan terjadi.

Misalnya kamu dapat membeli airpods produksi Apple, atau apple watch, dan berbagai aksesoris tambahan lainnya dengan merk yang sama, Apple.

3. Aksesoris Tidak Mendukung Perangkat iPhone

Jika kamu menggunakan aksesoris tambahan dengan merk selain Apple, pastikan bahwa merek tersebut juga mendukung perangkat iPhone yang kamu gunakan.

Dengan kata lain, produk pembuat aksesoris tersebut telah mendapatkan izin dari Apple dalam pembuatannya sehingga kamu tidak akan mengalami masalah ketika aksesoris dihubungkan pada iPhone kamu.

Karena jika aksesoris yang kamu beli dan gunakan tidak mendukung perangkat iPhone, maka tentu saja permasalahan ini dapat terjadi. 

Saat ini banyak aksesoris yang cukup membuat para pengguna iPhone bingung. Karena tidak seluruh tipe aksesoris Android dapat digunakan di iPhone, contohnya seperti headset.

Kemungkinan aksesoris yang kamu gunakan hanya support pada Android saja, sehingga jika kamu hubungkan dengan iPhone tidak mendukung.

Oleh karena itu pastikan bahwa aksesoris yang kamu gunakan mendukung perangkat iPhone, sehingga tidak akan terjadi permasalahan

4. Port Konektor Rusak atau Berdebu

colokan apple iphone 13
Gambar: BGR

Periksa dan pastikan apakah port konektor pada iPhone kamu mengalami kerusakan atau tidak, serta apakah banyak debu yang menempel atau tidak.

Karena permasalahan aksesoris yang tidak mendukung bisa disebabkan karena port konektor yang rusak atau berdebu sehingga tidak terbaca dan tidak bisa terhubung.

Baca Juga:  Apple Konfirmasi iPhone Pakai USB-C, Akhir Colokan Lighting?

Biasanya port konektor mengalami kerusakan jika iPhone kamu sudah lama digunakan. Sehingga kamu dapat memeriksa dan rutin membersihkan bagian port agar terhindar dari debu yang menempel dan mengganggu aksesoris.

Contohnya seperti jika kamu tidak dapat mengisi daya baterai pada iPhone. Pengisian baterai membutuhkan kabel yang terhubung dengan port konektor.

5. Pastikan Update iOS Terbaru

update ios 14.5

Permasalahan aksesoris iPhone tidak mendukung lainnya adalah, karena kamu belum melakukan update iOS dengan versi terbaru. Sehingga kamu perlu memeriksa apakah iOS di iPhone yang kamu gunakan sudah versi terbaru atau belum.

Kamu dapat melakukan update secara manual dengan cara download software yang terdapat di menu pengaturan, kemudian melakukan instalasi. Lalu coba aksesoris tersebut dengan menghubungkan kembali pada iPhone kamu.

6. Periksa Kembali Sambungan Aksesoris

Setelah kamu memastikan bahwa iPhone kamu baik-baik saja dan telah menggunakan iOS versi terbaru, periksa kembali sambungan aksesoris yang kamu gunakan.

Apakah cara menyambungkan aksesoris pada iPhone sudah tepat atau belum. Apalagi jika kamu menggunakan aksesoris dengan sistem nirkabel atau tanpa kabel seperti bluetooth atau WiFi.

Jadi kamu dapat memeriksa kembali sambungannya, dan lakukan penghubungan ulang. Apakah sudah dapat terhubung dengan iPhone kamu kembali atau tidak.

What’s Next

Dengan harga yang terbilang tidak murah, kamu perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah iPhone aksesoris tidak mendukung seperti yang telah dijelaskan. Jadi kamu tidak perlu terburu-buru untuk membeli aksesoris yang baru.

Jika memiliki pertanyaan atau topik lain yang ingin dibahas, tulis di bagian kolom komentar, ya. Nantinya kita bisa berdiskusi seputar topik yang kamu inginkan kedepannya.


Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.