Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Mengatasi Nomor Diblokir Pihak WhatsApp, Terbukti Ampuh!

cara mengatasi nomor diblokir pihak whatsapp
Sumber: ePrompto
Indri Penulis

Bagaimana cara mengatasi nomor diblokir pihak WhatsApp? Ada beberapa cara untuk membuka nomor yang diblokir WhatsApp, simak artikel ini yuk!

Sebagai aplikasi chat terpopuler di dunia, fitur-fitur yang ada di WhatsApp terbilang sangat lengkap. Kamu bisa mengirim chat, melakukan panggilan suara/video, bikin status, grup, atau bahkan blokir pengguna lain.

Nah ngobrolin soal ‘blokir-memblokir,’ aktivitas yang satu ini memang sudah ada sejak WhatsApp pertama kali ada. Dengan fitur Blokir, pengguna bisa memblokir nomor orang lain yang dianggap mengganggu (contohnya mantan).

Yah, begitulah konsep fitur blokir yang ada di WhatsApp. Tapi ada satu lagi ‘versi blokir yang lebih berbahaya.’ Yakni ketika nomor kamu diblokir langsung oleh WhatsApp.

Cara Mengatasi Nomor Diblokir Pihak WhatsApp

Walau mungkin jarang terjadi, namun kasus nomor diblokir langsung oleh WhatsApp tetap ada. Jika hal tersebut terjadi, berarti pelanggaran yang dilakukan si pemilik akun WhatsApp sudah dianggap berat.

Hm.. Kalau WhatsApp sudah turun tangan, kamu otomatis nggak bisa lagi pakai aplikasi WhatsApp. Lalu adakah cara mengatasi nomor yang diblokir pihak WhatsApp? Ada, kamu cukup praktikkan cara jitu berikut ini!

Tapi sebelum mempraktikkan tips dari kami, ada beberapa hal yang harus kamu tahu. Yakni tanda nomor diblokir oleh pihak WhatsApp, dan juga penyebab nomor diblokir pihak WhatsApp.

1. Tanda Nomor Diblokir oleh Pihak WhatsApp

Mungkin beberapa orang ada yang sudah pernah mengalaminya. Ada beberapa tanda nomor diblokir oleh pihak WhatsApp.

cara mengatasi nomor diblokir pihak whatsapp
Sumber; BGR India

Pertama, saat membuka aplikasi WhatsApp, pengguna tidak bisa mengakses daftar chat atau semua fitur yang ada di WhatsApp. Lalu yang kedua, pengguna akan melihat pesan yang bunyinya seperti ini:

Your phone number *** is banned from using WhatsApp. Contact support for help.”

Kalau kamu saat ini melihat kedua tanda di atas, sabar ya. Berarti fix, nomormu sudah diblokir langsung oleh pihak WhatsApp.

2. Apa Penyebab Nomor Diblokir oleh Pihak WhatsApp?

Ada beberapa hal yang menyebabkan nomor diblokir oleh pihak WhatsApp. Hal tersebut berkaitan erat dengan Ketentuan Layanan WhatsApp.

cara mengatasi nomor diblokir pihak whatsapp
Sumber: Legacy Tips

Ketentuan Layanan WhatsApp apa saja? Misalnya pengguna WhatsApp terbukti mengirim chat berupa spam, penipuan, atau bahkan pesan yang bisa membahayakan pengguna WhatsApp.

3. Bagaimana Cara Mengatasi Nomor Diblokir Pihak WhatsApp?

Kalau nomormu diblokir karena kamu jelas-jelas sudah melanggar Ketentuan Layanan WhatsApp, berarti nggak ada yang bisa kamu lakukan.

Tapi beda ceritanya kalau kamu tidak pernah melakukan pelanggaran apapun. Kemudian secara tiba-tiba ada pemblokiran dari WhatsApp. Nah, ini baru ada solusinya.

a. Mengirim Email Peninjauan ke Pihak WhatsApp

Kamu hanya perlu mengirimkan email kepada WhatsApp. Untuk mengirim email, kamu bisa praktikkan langkah-langkah ini:

  • Klik di sini untuk mengirim email ke WhatsApp.
cara mengatasi nomor diblokir pihak whatsapp
  • Selanjutnya klik “contact us” yang ada di bagian Contact WhatsApp.
  • Isi nomor WhatsApp-mu ke bagian “Phone Number.”
cara mengatasi nomor diblokir pihak whatsapp
  • Isi juga alamat email di bagian “Email Address.”
  • Konfirmasi email-mu di bagian “Confirm Email Address.”
  • Pilih tipe perangkat yang kamu pakai untuk menjalankan WhatsApp di “How do you use WhatsApp?
  • Isi pesan yang mau kamu sampaikan ke WhatsApp di bagian “Please enter your message below.”
cara mengatasi nomor diblokir pihak whatsapp
  • Kemudian klik tombol “Next Step.”

Setelah itu, kamu tinggal ikuti petunjuk yang ada di layar WhatsApp. Kalau sudah selesai, tunggulah beberapa waktu sampai WhatsApp selesai melakukan peninjauan. Nanti kalau sudah selesai, kamu akan mendapat email dari WhatsApp.

b. Meminta Peninjauan Ulang Lewat Aplikasi WhatsApp

Atau, kamu juga bisa klik “Request a Review” di aplikasi (bisa kamu temukan saat kamu membuka aplikasi WhatsApp).

Ketika kamu minta peninjuan lewat aplikasi, kamu akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi 6 digit. Kode tersebut akan dikirim WhatsApp via SMS.

Setelah memasukkan kode tersebut, kamu bisa mengirim permintaan peninjauan. Lalu kamu juga bisa menambahkan detil untuk mendukung kasus yang sedang terjadi padamu.

Akhir Kata

Baiklah, itu dia beberapa cara mengatasi nomor diblokir pihak WhatsApp. Bagaimana menurutmu, gampang dipraktikkan bukan?

Saran saya kalau tidak mau diblokir pihak WhatsApp, ‘bermainlah’ di jalur yang aman. Artinya, sebisa mungkin jangan sampai kamu melangar Ketentuan Layanan WhatsApp.

Kalau akun sampai diblokir langsung dari pihak WhatsApp, kan repot. Kamu jadi harus membuat akun WhatsApp dari nol lagi. Hehehe..

Jika kamu ingin masukan, kritik atau saran terkait artikel ini, kamu bisa sampaikan ke email [email protected] Atau kamu juga bisa meninggalkan pesan cinta di kolom komentar. ^_^


Oya, jangan lupa baca juga artikel seru seputar WhatsApp lainnya di Urbandigital. Seperti artikel seputar kabar terbaru, tutorial, fitur unik, dll dari Indri. Jangan sungkan juga untuk meninggalkan komentar di artikel saya atau teman-teman yang lain.


Sumber:

  • Cara Mengatasi Nomor Diblokir Pihak WhatsApp – https://faq.whatsapp.com/548904562625986/?locale=en_US