Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Mengatasi Telepon WhatsApp Bermasalah Putus-Putus

Cara Mengatasi Telepon WhatsApp Bermasalah Putus-Putus

Pernahkah kamu mengalami masalah atau gangguan ketika sedang melakukan panggilan telepon di aplikasi WhatsApp? Jika iya, berikut cara mengatasi telepon WhatsApp bermasalah putus-putus.

Terkadang terdapat beberapa kemungkinan kenapa panggilan telepon WhatsApp sering putus-putus. Seperti error pada aplikasi, hingga permasalahan pada smartphone kamu.

Oleh karena itu, agar telepon WhatsApp tetap bisa berjalan lancar, simak artikel ini sampai habis, agar kamu tidak perlu takut telepon putus-putus lagi, deh.


Solusi Cepat

Cara mengatasi telepon WhatsApp bermasalah putus-putus dapat dilakukan dengan mengecek konektivitas jaringan internet, periksa izin WhatsApp, menghapus cache, update aplikasi, mengubah jaringan, mematikan mode hemat baterai, dan melakukan restart pada smartphone.


Cara Mengatasi Telepon WhatsApp Bermasalah Putus-Putus

WhatsApp memiliki berbagai keunggulan sebagai aplikasi chat. Selain digunakan untuk mengirim pesan via teks, kamu dapat menggunakannya untuk melakukan panggilan telepon dan melakukan video call ke lebih dari satu pengguna.

Telepon WhatsApp sering digunakan oleh banyak penggunanya karena tidak membutuhkan pulsa. Kamu cukup menggunakan bantuan dari jaringan internet, maka kamu dapat melakukan panggilan telepon hingga video call.

Karena banyaknya pengguna aplikasi ini, sehingga tidak heran terjadi beberapa permasalahan yang sering terjadi. Salah satu permasalahan yang paling umum adalah suara yang putus-putus, sehingga saat melakukan panggilan telepon menjadi tidak jelas.

Jika kamu cukup sering mengalami permasalahan suara yang putus-putus ketika sedang melakukan panggilan telepon, kamu dapat memeriksa kuota internet terlebih dahulu. Apakah kuota yang kamu miliki masih tersedia atau tidak.

Baca Juga:  WhatsApp Bikin Fitur Sinkronisasi Riwayat Chat ke Perangkat Pendamping

Namun jika dirasa kuota paket data atau bahkan WiFi kamu baik-baik saja, maka tentunya kamu harus memeriksa dan melakukan berbagai hal lain agar panggilan telepon kamu tidak terganggu.

Tentunya permasalahan seperti ini dapat mengganggu aktivitas menelpon kamu, seperti saat bertukar kabar dengan keluarga, teman, atau bahkan untuk urusan pekerjaan. Sehingga kamu harus sesegera mungkin mengatasinya agar telepon pada WhatsApp tidak lagi bermasalah atau putus-putus.

Untuk itu berikut ini adalah cara mengatasi telepon WhatsApp bermasalah putus-putus yang dapat kamu terapkan dengan mudah.

1. Cek Konektivitas Jaringan Internet

Agar dapat melakukan panggilan telepon ke pengguna lainnya, kamu membutuhkan jaringan internet yang tersambung pada perangkat yang digunakan. Panggilan telepon dapat lancar jika jaringan internet yang kamu gunakan stabil.

Namun jika tidak stabil, dapat mengakibatkan panggilan telepon yang dilakukan dari WhatsApp menjadi putus-putus atau terganggu.

2. Periksa Izin Aplikasi WhatsApp

Jika jaringan internet kamu telah stabil namun tidak dapat melakukan panggilan telepon, atau penerima tidak dapat mendengar suara kamu, maka ada kemungkinan jika permasalahan terjadi pada izin aplikasi.

Saat ini setiap smartphone butuh untuk memberikan perizinan dari setiap aplikasi yang akan digunakan. Kamu dapat melakukan pengecekan dengan cara:

  • Buka pengaturan pada smartphone
  • Pilih Aplikasi & Notifikasi
  • Lalu pilih aplikasi WhatsApp
  • Cek apa saja yang sudah diizinkan atau allow
  • Periksa dan pastikan apakah kamera, kontak, mikrofon, hingga phone aktif atau sudah diizinkan atau tidak

3. Menghapus Cache

Adanya cache yang jarang dihapus sehingga menumpuk dapat menyebabkan kinerja aplikasi menjadi lambat. Oleh karena itu kamu dapat menghapus cache yang ada di WhatsApp.

Jika kamu menumpuk cache, maka dapat mengakibatkan aktivitas di WhatsApp menjadi terganggu. Contohnya seperti telepon yang putus-putus akibat terlalu banyaknya data yang tidak digunakan.

Baca Juga:  Fitur Komunitas WhatsApp Yang Perlu Kamu Tahu

4. Melakukan Update Aplikasi WhatsApp

Jika cara-cara sebelumnya belum berhasil membuat telepon WhatsApp tidak bermasalah, maka kamu dapat memastikan terlebih dahulu apakah aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone mu telah ter-update atau belum.

Karena versi aplikasi terbaru dapat mendukung beban aktivitas yang dimungkinkan lebih berat. Sehingga dapat meminimalisir resiko permasalahan yang terjadi.

5. Mengubah Jaringan

Umumnya terjadi permasalahan pada saat melakukan telepon WhatsApp karena jaringannya yang kurang stabil. Jika awalnya kamu menggunakan bantuan jaringan WiFi untuk akses internet, maka kamu dapat menggantinya dengan data seluler.

6. Menonaktifkan Mode Penghemat Baterai

Kemungkinan lain telepon putus-putus adalah dengan aktifnya mode penghemat baterai dan juga koneksi bluetooth pada smartphone secara bersamaan.

Sehingga kamu dapat menonaktifkan mode penghemat baterai dan bluetooth agar tidak terhubung ketika kamu sedang melakukan panggilan telepon WhatsApp.

7. Melakukan Restart Pada Smartphone

Dengan kamu melakukan restart ulang dapat memberikan penyegaran pada sistem smartphone khususnya untuk beberapa aplikasi.

Jika keenam cara sebelumnya masih belum dapat mengatasi permasalahan suara yang putus-putus, maka kamu dapat merestart smartphone terlebih dahulu.

What’s Next

Cara mengatasi telepon WhatsApp bermasalah putus-putus telah kamu ketahui, saat ini kamu tidak perlu khawatir lagi ketika akan melakukan panggilan via aplikasi ini. Dengan memeriksa jaringan hingga melakukan restart dapat kamu terapkan untuk mengatasi error saat melakukan panggilan via WhatsApp.

Kalau kamu memiliki pertanyaan yang ingin ditanyakan, tulis di kolom komentar, ya! Agar nantinya kita dapat berdiskusi seputar topik yang ingin kamu bahas ke depannya.


Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.