Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Cara Mengatur Taskbar Windows 11 (Tambah Aplikasi, Pindah Taskbar, Dll)

Indri Penulis

Masih asing dengan taskbar yang ada di Windows 11? Kalau iya, pantengin cara lengkap mengatur taskbar di Windows 11 berikut ini yuk!

Siapa nih yang baru upgrade Windows 11? Kalau kamu salah satunya, kamu merasa asing nggak sama tampilan fitur-fitur yang ada di Windows 11? Contohnya seperti widget dan taskbar yang baru?

Kalau iya, maklum saja. Karena tampilan Windows 11 (lengkap dengan fitur yang ada di dalamnya) agak beda jauh dengan pendahulunya. Apalagi bagian taskbar-nya.

Biasanya taskbar di Windows 10 ada di pojok kiri layar. Sekarang taskbar Windows 11 pindah ke tengah layar. Selain itu juga beberapa pengaturan taskbar yang berbeda dari sebelumnya.

Makanya biar kamu nggak kebingungan menggunakan taskbar Windows 11, kali ini saya akan memberikan panduan tentang cara lengkap mengatur taskbar di Windows 11. Kepoin sampai selesai ya!

Cara Menambah Aplikasi ke Taskbar

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menambahkan aplikasi ke taskbar. Contohnya saat aplikasi tengah berjalan, menambahkannya dari desktop, dll.

  • Saat Aplikasi Sedang Dibuka : Ketika kamu sedang membuat aplikasi, ikon aplikasi otomatis akan muncul di taskbar dengan garis kecil di bawahnya (itu tandanya aplikasi sedang aktif). Klik kanan ikon aplikasi dan pilih opsi “Pin to Taskbar.”
  • Jika Aplikasi Tidak Sedang Dibuka: Kalau kamu nggak sedang membuka aplikasi tapi ikonnya ada di desktop, klik kanan ikon aplikasi yang ada di desktop dan pilih “Pin to Taskbar.”
  • Lewat Ikon Start : Setelah kamu klik ikon Start, klik tombol “All Apps.” Setelah itu carilah aplikasi tujuanmu dan jika sudah ketemu, klik kanan aplikasi tersebut dan pilih “Pin to Taskbar.”

Cara Menghapus Aplikasi dari Taskbar

Mayoritas aplikasi sebenarnya dapat dihapus dari taskbar. Kamu cukup klik kanan ikon aplikasi tersebut, pilih “Unpin from Taskbar.”

Sayangnya ada juga ikon nggak bisa dihapus begitu saja (menu Start contohnya). Lalu ada juga 4 ikon yang nggak bisa dihapus, tapi masih bisa disembunyikan (Search, Task View, Widgets dan Chat). Cara termudah untuk menyembunyikan keempat ikon tersebut adalah:

  • Klik kanan taskbar dan pilih “Taskbar Settings.”
  • Atau kamu juga bisa buka “Settings > Personalizations > Taskbar.”
  • Nonaktifkan salah satu dari empat ikon – “Search,” “Task View,” “Widgets” atau “Chat” – yang ingin kamu sembunyikan.
  • Sebagai contoh, di sini saya akan menyembunyikan ikon “Task View.”

Cara Memindahkan Posisi Taskbar

Saat menggunakan Windows 10, beberapa darimu mungkin terbiasa menggunakan taskbar di sisi kiri layar. Jadi saat pertama kali upgrade Windows 11 dan kamu menemukan posisi taskbar ada di bawah, kamu mungkin akan merasa sedikit canggung menggunakannya.

Tenang saja, sama seperti Windows 10, di Windows 11 kamu juga bisa mengubah posisi taskbar sesuai keinginanmu kok.

  • Klik kanan pada taskbar dan klik “Taskbar Settings.”
  • Selanjutnya klik “Taskbar Behaviors.”
  • Perhatikan bagian “Taskbar Alignment.”
  • Klik tombol yang ada di sebelah kanannya.
  • Klik “Left” untuk mengubah posisi taskbar agar pindah ke kiri layar.
  • Sekarang tutup jendela pengaturan dan kamu bakal lihat hasilnya.

Oya, di bagian “Taskbar Behaviors” kamu juga bisa menyembunyikan taskbar lho. Caranya kamu hanya perlu mencentang menu “Automatically hide the taskbar.”

Kalau kamu ingin taskbar tersembunyi namun pesan notifikasi tetap tampil, cukup centang opsi “Show badges (unread messages counter) on taskbar apps.”

    %d blogger menyukai ini: