Cara Lengkap Menggunakan Fitur Widget di Windows 11

Bingung cara pakai fitur Widget di Windows 11? Yuk, simak dulu cara lengkap menggunakan fitur Widget yang ada di Windows 11 berikut ini.

Windows 11 telah mengenalkan panel Widget baru. Dalam versi baru ini, kamu bisa mengakses berbagai informasi terbaru menggunakan box topics yang bisa dikonfigurasi sesuai selera.

Tampilan Widget di Windows 11 dibagi menjadi dua bagian. Bagian atas menampilkan widget cuaca, olahraga, foto terbarumu, dan topik pribadi lainnya. Sedangkan bagian bawah menyajikan berita dan gosip-gosip terkini.

Karena tampilannya beda dari versi Windows 10, kali ini saya bakal membeberkan cara lengkap menggunakan fitur Widget yang ada di Windows 11.

Cara Mengakses Fitur Widget

Untuk mengakses Widget, kamu bisa pilih ikon Widget yang ada di bilah tugas (ikon yang terlihat seperti kotak yang dibagi menjadi bagian putih dan biru). Kamu juga bisa mengakses widget dengan menekan shortcutWindows + W.” Lalu jika pakai layar sentuh kamu bisa langsung swap touchscreen ke kiri.

Saat pertama kali membuka Widget, kamu nanti bakal melihat beberapa fitur widget pemula. Contohnya seperti info seputar cuaca, skor olahraga, gambar apa pun yang mungkin kamu punya di akun OneDrive-mu, harga saham, dll.

Cara Mengatur Widget

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur Widget di Windows 11. Saya akan membaginya dalam beberapa poin.

  • Memindahkan Widget : Tekan lama di bagian atas widget sampai kamu melihat ikon tangan terbuka. Setelah itu, ubahlah posisi widget di panel sesuai selera.
  • Mengubah Ukuran, Menghapus atau Mengkustom Widget : Tekan tanda titik tiga yang ada di sudut kanan atas. Di sana kamu bisa mengubah ukuran widget, mengkustom widget (suhu, saham perusahaan mana yang ingin ditampilkan, dll) atau bahkan menghapusnya.
Mengubah Ukuran, Mengkustom dan Menghapus Widget
  • Melihat Info Lengkap Widget : Cukup klik nama widget di sudut kiri atas. Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman terpisah. Di sana kamu bisa melihat info cuaca secara rinci, lebih banyak skor olahraga, lebih banyak info saham, dll.
  • Menambahkan Widget Lain : Klik tombol “Add Widgets” yang ada di antara fitur widget dan umpan berita. Di sana kamu bisa menemukan berbagai macam widget lainnya seperti To Do, Outlook Calendar, dll.

Cara Mempersonalisasi Feed Sesuai Minat

Minat setiap orang pasti berbeda-beda. Ada yang lebih suka menyimak info terkini soal dunia hiburan, ada juga yang lebih suka berita-berita politik, dan ada pula yang lebih tertarik dengan info seputar olahraga.

Cara Mempersonalisasi Widget

Kebetulan di Windows 11 kamu bisa mempersonalisasi feed sesuai minatmu. Ini bisa kamu mulai dengan menekan tombol “Add Widget.” Di halaman berikutnya, klik “Personalize Your Interests” yang ada di pojok kiri bawah.

Setelah itu kamu bakal dibawa ke halaman Microsoft Start. Klik tabMinat Saya > Temukan Minat.” Selanjutnya kamu bisa memilih minat sesuai selera. Sebagai contoh, saya memilih “Gaya Hidup” dan mencentang opsi “Kuliner” dan “Griya.”

Umpan Berita

Kalau kamu scroll layar Widget ke bawah, kamu akan menemukan umpan berita (letaknya ada tepat di bawah tombol “Add Widgets”). Bagian ini bernama “Berita Utama” dan bakal menyoroti berbagai berita politik.

Lalu di bawahnya ada artikel seputar gosip terkini artis dalam dan luar negeri. Menariknya, bagian ini formatnya agak mirip seperti di media sosial lho. Kamu bisa memberikan reaksi seperti like, tanda hati, emoji, ke setiap postingan.

%d blogger menyukai ini: