Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Mengembalikan Akun yang Terkena Hack Genshin Impact

genshin impact 3.2 primogem
Sumber: Genshin Impact

Akun terkena hack menjadi salah satu isu yang cukup sering dibahas di forum Genshin Impact. Berikut cara mengembalikan akun yang terkena hack Genshin Impact.

Perlu diketahui bahwa keamanan akun sudah menjadi tanggung jawab dari pemilik akun. Jadi bila terjadi apa-apa seperti permasalahan keamanan, dan lain sebagainya. Maka pihak developer tidak bisa berbuat banyak. 

Selain itu proses pengembalian sebuah akun tidak bisa terjadi dalam sekejap mata. Tentunya dibutuhkan perbaikan pada beberapa hal, jadi membutuhkan waktu dan proses yang cukup lama.

Cara Mengembalikan Akun yang Terkena Hack Genshin Impact

svg%3E

Fenomena akun yang terkena hack memang akan membuat para pemilik akun merasa khawatir. Baik akun sosial media, hingga akun game pun tidak lepas dari kasus hack.

Seluruh jenis akun game dapat terkena hack, salah satunya seperti game Genshin Impact. Beberapa waktu lalu, terjadi kasus hack yang menimpa salah satu pemain dari game ini.

Dampak yang dialami adalah, email yang digunakan pada game Genshin Impact diubah menjadi domain lain. Hal lain yang dapat terjadi, kamu tidak dapat membuka dan menggunakan akun tersebut untuk bermain.

Kerugian seperti karakter atau item sulit yang telah kamu dapatkan tentu saja tidak bisa kamu gunakan lagi. Hal tersebut yang membuat para pemilik akun akan merasa kesal, dan khawatir jika akunnya terkena hack.

Mengembalikan akun Genshin Impact menurut halaman resmi Genshin Impact membutuhkan setidaknya beberapa hari dalam seminggu. Jadi mohon untuk bersabar bagi kamu para pemilik akun.

Sebelum mengetahui cara mengembalikan akun, ada beberapa hal lainnya penting untuk kamu ketahui seputar akun yang terkena hack untuk menambah informasi.

1. Persiapkan Bukti Pemilik Akun Genshin Impact

svg%3E

Sebelum menuliskan pelaporan, terdapat beberapa poin penting yang perlu kamu ketahui dan lakukan sebelum menghubungi customer service.

Karena nantinya sistem kerja dari CS akan meminta bukti satu atau lebih pada kamu. Dengan adanya bukti tersebut, CS dapat mengkonfirmasi apakah kamu benar-benar pemilik akun tersebut atau bukan.

Sehingga terdapat beberapa hal yang perlu kamu siapkan, seperti data dan informasi seperti berikut:

  • Username ID pada game Genshin Impact
  • Email dan atau nomor telepon yang kamu gunakan saat mendaftar akun Genshin Impact
  • Apakah email dan atau nomor telepon tersebut telah diubah atau tidak
  • Kapan tanggal dan waktu kamu login terakhir kali. Jika kamu ingat, usahakan dengan seakurat mungkin untuk memberikan informasi tersebut
  • Kapan tanggal pendaftaran akun Genshin Impact yang kamu buat
  • Perangkat apa yang kamu gunakan untuk mengakses akun tersebut
  • Transaksi apa saja yang pernah kamu lakukan, termasuk nomor konfirmasi, tanggal, waktu, hingga jumlah transaksi
  • Tanggal ulang tahun yang kamu pilih, jika kamu melakukan ingame 
  • AR sebelum akun kamu terkena hack
  • Berapa banyak Primogem yang tersisa pada akun kamu
Baca Juga:  Akhirnya Kamisato Ayaka Rerun, Prediksi Jadwal dan Karakter Rerun Genshin Impact 3.4 Terbaru

2. Cara Lapor Soal Akun Genshin Impact Kena Hack

Jika akun Genshin Impact kamu terkena hack dan tidak dapat dibuka atau digunakan, hal yang dapat kamu lakukan tentu saja adalah dengan menghubungi customer service atau CS.

Biasanya customer service akan menyediakan layanan berupa email untuk menangani segala keluhan yang kamu alami terkait game tersebut. Namun terdapat customer service selain email yang dapat kamu gunakan, contohnya tersedia CS yang ada di dalam game.

Setelah kamu menyiapkan beberapa data dan informasi tersebut, maka kamu dapat menghubungi CS dan melaporkan kasus yang sedang kamu alami.

1. Melaporkan ke CS Lewat Ingame

Ketika kamu akan melaporkan akun yang terkena hack pada customer service, kamu bisa menghubungi CS ingame untuk metode tercepat. Lakukan beberapa langkah berikut:

  1. Buat akun baru terlebih dahulu
  2. Mulai permainan 
  3. Buka opsi “Player Menu” dan pilih opsi umpan balik atau feedback yang tersedia di bagian bawah
  4. Kemudian klik pada tanda + untuk memuat halaman web baru pada bagian kiri bawah
  5. Lalu pilih history atau riwayat sebelumnya
  6. Kemudian kamu dapat memilih opsi “Kontak CS”
  7. Kamu dapat menuliskan permasalahan yang kamu alami secara singkat, seperti “Akun saya terkena hack, tolong bantu saya untuk mendapatkan akun saya kembali”
  8. Kamu juga dapat menuliskan email yang digunakan pada bagian bawah. Namun besar kemungkinan jika email tersebut tidak bisa kembali

Beberapa catatan yang perlu kamu perhatikan adalah, jangan lupa cantumkan bahwa email dan atau nomor telepon yang telah diretas oleh hacker, dan tulis pada CS.

Contohnya seperti, “Hacker telah mengubah email dan atau nomor telepon saya. Silakan hapus tautannya.”

Informasi penting lainnya terkait pelaporan pada CS melalui ingame yang perlu kamu ketahui adalah, ada kemungkinan jika kamu tidak akan mendapatkan pemberitahuan balasan melalui ingame.

Sehingga kamu perlu untuk memeriksa ticket setiap beberapa jam sekali, sembari menerapkan langkah 2-5 yang telah dijelaskan sebelumnya. Kemudian kamu dapat melihat status ticket.

Jika dalam beberapa hari kamu masih belum mendapatkan status yang jelas pada ticket, kamu dapat menuliskannya seperti “Saya masih menunggu”. Jika tidak, maka secara otomatis ticket akan ditutup karena tidak aktif.

2. Melaporkan ke CS Lewat Email

Jika pelaporan melalui CS ingame dapat dikatakan metode yang cepat, maka cara ini dapat terbilang merupakan metode yang cukup lambat.

Karena pelaporan atau menghubungi CS dengan email membutuhkan waktu yang cukup lama. Tergantung dari bahasa apa yang kamu gunakan, maka pelaporan dapat memakan waktu hingga mencapai 4 minggu.

Untuk waktu tercepat dengan menggunakan email, kamu dapat menunggunya hingga satu minggu. Jika kamu menggunakan Bahasa Indonesia pada game ini, maka waktu menunggu kurang lebih 4 minggu dan jangan lupa untuk cek selalu bagian spam di email yang kamu gunakan.

Jika kamu menggunakan Bahasa Indonesia, waktu tercepat pihak CS untuk merespon pelaporan kamu setelah 2 hari dengan mengirimkan email pada Indonesian: [email protected]

Baca Juga:  4 Konstelasi Terkuat Kamisato Ayaka & Kekuatan Tersembunyinya!

Untuk mengirim email pada alamat resminya tidak disarankan, karena akan memakan waktu yang lebih lama. Namun jika kamu ingin mencoba, email resmi Genshin Impact adalah [email protected]

Agar kamu bisa menemukan seluruh email support, kamu dapat mencarinya melalui melalui forum resmi.

Pada saat pelaporan dengan email, jangan lupa untuk menuliskan subjek seperti “Akun saya diretas, tolong bantu saya untuk mendapatkannya kembali.”

Kemudian kamu dapat menunggu hingga mendapatkan email balasan terkait permasalahan akunmu. Seperti sebelumnya, jangan lupa untuk menuliskan jika akun dan atau email kamu juga ikut terkena hack.

Contoh tulisan seperti, “hacker telah mengubah email dan nomor saya, silakan hapus tautan pada game ini”. Jika tidak, setelah akun kamu kembali maka hacker akan dengan mudah melakukan hack melalui email kamu kembali.

Cara Mengamankan Akun Genshin Impact

svg%3E

Agar terhindar dari kasus hack, tentunya kamu perlu memberikan pengamanan yang cukup ekstra pada akun Genshin Impact milikmu, dengan cara:

  • Gunakan password yang rumit dan panjang
  • Jangan gunakan password yang sama di banyak website atau aplikasi
  • Hindari berbagi akun dan password ke orang lain
  • Jangan percaya dan gunakan aplikasi atau plugin tidak resmi, termasuk website mencurigakan yang menawarkan Primogem gratis.

Apa yang Perlu Kamu Tahu Terkait Akun Ke Hack

Jika kamu cukup rutin mencari informasi pada halaman resmi Genshin Impact dan juga forum resminya, pembahasan seputar keamanan  akun atau akun yang terkena hack cukup sering terjadi.

Ketika terjadi pelaporan kasus akun yang terkena hack, Pihak Genshin Impact memberikan keterangan, apakah terdapat kasus penyerangan terhadap sistem akun atau tidak. 

Akun Genshin Impact yang terkena hack, biasanya akan meretas melalui email. Hacker akan mengganti email yang kamu gunakan untuk akun game tersebut. Jadi hal yang terjadi adalah kamu tidak dapat masuk kedalam akun tersebut, bahkan parahnya hacker kemungkinan dapat mengakses informasi dari email kamu.

Catatan Penting untuk akun ke Hack

Akun Genshin Impact yang terkena hack memerlukan waktu pemulihan berhari-hari bahkan minggu, jadi pastikan untuk selalu sabar selama tim developer mengembalikan akun Genshin impact kamu. 

Tidak disarankan juga untuk mengirim email yang sama berkali-kali kepada tim support Genshin Impact, karena hal ini akan membuang waktu saja. 

Sembari menunggu akun kembali kamu juga harus segera mengganti password yang sebelumnya kamu gunakan di akun yang terkoneksi dengan Genshin Impact.

What’s Next

Nah setelah mengetahui cara mengembalikan akun yang terkena hack Genshin Impact, alangkah baiknya untuk memasang otentikasi ganda dan lebih berhati-hati lagi dalam menjaga akun. Terutama tidak membagikan informasi akun ke orang lain. 

Jika kamu memiliki pertanyaan atau topik lain yang ingin didiskusikan, tulis di kolom komentar, ya. Agar kita dapat saling berdiskusi seputar topik yang kamu inginkan di kemudian hari.


Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.