Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Cara Sederhana Mengetahui Ponsel Kena Spyware 

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai serangan spyware pada Whatsapp, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengetahui bagaimana ponsel kena spyware.

Hingga detik ini, memang belum ada cara jitu untuk mengetahui secara persis apakah ponselmu terkena serangan spyware atau tidak. Namun cara ini setidaknya akan lebih membantumu.

Yang paling mendasar, sadari perubahan-perubahan yang terjadi pada perangkat. Seringkali orang-orang mengabaikan perubahan yang terjadi pada perangkatnya, lantaran dianggap tidak terlalu penting.

Jika sewaktu-waktu penggunaan baterai terlihat berbeda dari sebelumnya, hal tersebut patut dicurigai. Apalagi jika tiba-tiba ponsel terasa sangat panas. Padahal kamu tidak melakukan aktivitas berat.

Sumber Gambar : Portal Berita Batam Kepri

Bukan hanya itu saja, kamu juga harus memantau penggunaan data pada ponsel. Jika secara mendadak ada lonjakan transfer data yang cukup drastis, bisa jadi ada sesuatu yang bekerja di latar belakang tanpa kamu ketahui.

Itu sebabnya kamu perlu mengecek penggunaan data, baterai, dan update secara berkala pada ponselmu, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengapa hal tersebut perlu sekali dilakukan? Karena di dalam ponsel terdapat berbagai fitur seperti kamera, mikrofon, GPS yang dapat disadap kapan saja oleh penyerang.

Penyerang bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk memata-mataimu. Setelah itu, data yang telah direkam akan dikirim lagi kepada si penyerang. Nah, jika kamu lengah sedikit saja, bisa jadi data tersebut akan masuk ke dalam file penyerang.

Sumber Gambar : WhatsApp

Namun, ini hanyalah sebuah indikasi. Misalnya dalam kasus Whatsapp, mereka sendiri belum bisa menjelaskan secara detail bagaimana cara mengetahui ponsel yang kena spyware. Whatsapp hanya bisa memperketat keamanannya agar spyware tidak bisa masuk kedalamnya.

Sekali lagi, hati-hatilah dalam menggunakan ponsel, sering-sering mengecek kondisi ponselmu.

Lalu, jangan lupa rajin-rajinlah melakukan update aplikasi atau firmware. Karena seringkali pembaruan keamanan hadir melalui update tersebut. Aplikasi lama lebih rentan terhadap serangan.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba.

More Stories
3 Game Android Simulasi Pesawat Terbang yang Harus Kamu Coba