Spyware serang Whatsapp, Berdampak ke Pengguna Indonesia?

Berita spyware serang Whatsapp memang sangat meresahkan para penggunanya, namun apakah benar hal tersebut akan berdampak ke pengguna Indonesia juga?

Entahlah. Belum ada kepastian yang jelas mengenai spyware yang juga menyerang pengguna lain di seluruh dunia. Untuk mengantisipasinya, WhatsApp menyarankan supaya memperbarui aplikasi ke versi terbaru.

Keberadaan spyware memang sangat merugikan. Spyware menggunakan panggilan telepon yang terinfeksi untuk mengambil alih sistem operasi ponsel. Kemudian penyerang akan mengirimkan kode berbahaya ke perangkat target dengan cara melakukan panggilan.

Meskipun penerima tidak mengangkat panggilan tersebut, spyware tetap dapat menyusup ke dalam ponsel. Yang lebih hebatnya lagi, log panggilan akan hilang begitu saja. Sehingga kamu tidak akan mengetahui siapa yang meneleponmu.

Sumber Gambar : Brilio

Pada awalnya, spyware bermula dari upaya serangan telepon yang dilakukan kepada seorang pengacara Inggris. Pengacara tersebut ternyata terlibat dalam gugatan terhadap NSO yang diajukan oleh banyak orang.

Mulai dari sekelompok wartawan Meksiko, kritikus pemerintah, dan seorang pembangkang Arab Saudi yang menetap di Kanada.

Gugatan ini diajukan karena, NSO dianggap turut bertanggung jawab atas penyalahgunaan perangkat lunak dari semua klien-nya.

Kinerja dari spyware ini bisa dibilang hampir sempurna. Setelah spyware berhasil masuk ke dalam ponsel, maka perangkat lunak akan mengekstrak semua data yang ada di perangkat. Mulai dari pesan teks, kontak, lokasi GPS, email, riwayat browser, dll.

Sumber Gambar : Tribun Sumsel – Tribunnews.com

Bukan hanya itu saja, spyware juga akan membuat data baru dengan menggunakan mikrofon dan memanfaatkan kamera ponsel untuk merekam lingkungan dan suara di sekitar penggunanya.

Meskipun WhatsApp telah memiliki sekitar 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia dan memiliki keamanan yang ketat, nyatanya masih saja bisa kebobolan spyware.

Jadi mulai sekarang berhati-hatilah dalam menggunakan ponselmu. Jangan memasukkan semua hal pribadimu ke dalam ponsel, karena kamu tak pernah tau kapan spyware akan datang.

Agar tetap aman, segeralah perbarui aplikasi Whatsapp ke versi terbaru.