Cara Menggunakan Fitur Game Space di Ponsel realme

realme game space splash screen

Bisa bermain game secara maksimal dan tanpa gangguan tentu menyenangkan. Untuk itu, kami akan membahas cara menggunakan fitur Game Space yang ada di ponsel realme.

Bermain game secara maksimal berarti bisa mengutamakan sumber daya yang ada di ponsel. Berbagai komponen pendukung seperti GPU, RAM, dan juga baterai akan diatur supaya ponsel bisa mengantar permainan dengan baik.

Bermain tanpa gangguan, tentu saja berarti bisa main game tanpa terganggu notifikasi atau panggilan. Baik dalam bentuk suara maupun tampilan (yang sering menutup layar dan tidak sengaja terpencet).

Android sendiri sudah memiliki trik supaya terhindar dari gangguan notifikasi. Tapi fitur seperti Game Space di realme (atau fitur sejenis di merk lain), memungkinkan semua pengaturan lebih mudah. Nantinya pun bisa berjalan otomatis.

Sekedar catatan, yang saya pakai di sini (sebagai contoh) berasal dari ponsel realme 5 Pro. Jadi kalau ada perbedaan harap maklum.

Apa itu Game Space?

Game Space adalah fitur yang ada di ponsel realme untuk mengoptimalkan kinerja ponsel dan menghindar dari gangguan notifikasi atau panggilan telepon saat bermain.

Game Space juga memiliki fitur asisten, tempat kita bisa mengatur saat bermain, merekam layar, dan melihat apa ada notifikasi dari aplikasi lain (juga membukanya).

Cara Memakai Game Space

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memakai fitur Game Space ini. Misalnya menambah game, memilih mode, dan apa yang diblok.

Cara Menambah Game

  1. Buka aplikasi Game Space di ponsel realme,
  2. Tekan tanda tambah ,
  3. Pilih game dengan menggeser tuas menjadi aktif di daftar aplikasi.
Masukkan permainan ke daftar game space
Masukkan game ke daftar

Cara Menghapus Game

  1. Tekan lama ikon game di aplikasi Game Space sampai keluar menu pilihan.
  2. Tekan pilihan “Remove from Game Space”.
  3. Berik konfirmasi tindakan.
hapus game dari game space
Menghapus game

Memilih Mode

  1. Tekan tombol Mode (secara bawaan terpilih ‘Balanced Mode’) di bilah bagian bawah.
  2. Tentukan mode yang ingin kamu pakai:
    • Competitive Mode: Memaksimalkan performa, frame rate, dan responsivitas, tapi lebih menguras baterai.
    • Balanced Mode: Menggunakan aspek performa dan daya secara seimbang.
    • Low Power Consumption Mode: Memaksimalkan penggunaan daya, tapi menurunkan performa.

Memilih Blokir

  1. Tekan tombol blokir (secara bawaan terpilih ‘Block Calls and Banners’) di bilah bagian bawah.
  2. Tentukan apa yang mau kamu blokir:
    • Ignore Calls: Mengabaikan panggilan telepon.
    • Block Notification: Tidak menampilkan tampilan notifikasi saat main game.
    • Block Calls and Banners: Blok panggilan dan notifikasi.
Setelan Mode

Aktif Secara Otomatis

Kalau kamu sudah memilih dan mengatur semua setelan itu, yang kamu lakukan tinggal bermain. Fitur Game Space akan secara otomatis aktif ketika kamu membuka game yang sudah masuk di dalamnya.

Begitupun setelah selesai bermain. Semua fungsi kembali berjalan normal tanpa kamu harus melakukan apapun.

Optimalisasi game berjalan otomatis dengan game space
Optimalisasi game berjalan otomatis

Smart Assistant / Sidebar

Saat bermain game, kamu bisa memunculkan peralatan di sidebar layar. Di dalam sidebar ini terdapat beberapa pilihan. Mulai dari setelan cepat, membuat screenshot atau merekam layar, dan melihat notifikasi termasuk membuka versi kecil (floating) aplikasi yang bersangkutan.

Game Space Sidebar atau smart assistant
Game Space Sidebar

Untuk fitur setelan atau merekam layar sudah cukup biasa dan saya yakin mudah dilakukan. Nah, yang menarik adalah membuka aplikasi dalam bentuk floating (mengambang / versi kecil).

Ketika kamu buka sidebar saat bermain game, melihat ada notifikasi dari aplikasi lain (misalnya WhatsApp), kamu bisa menekan ikon aplikasi itu untuk membukanya.

Namun, alih-alih tampil sebagai aplikasi penuh, aplikasi akan muncul dalam bentuk jendela kecil mengambang di atas game. Serunya, sebagai contoh, kamu juga bisa menjawab percakapan WhatsApp.

Yah, tentu saja, hal ini tergantung dukungan dari aplikasi dan game bersangkutan. Tapi kemungkinan bisa membuka dalam bentuk seperti ini jelas menarik.

membuka aplikasi versi kecil di atas game
Membuka aplikasi mini di atas game

Itulah cara menggunakan fitur Game Space dan beberapa fitur menariknya yang ada di ponsel realme. Sekali lagi, saya memakai ponsel realme 5 Pro sebagai bahan. Jadi kalau ada perbedaan harap maklum. Tentunya karena berhubungan dengan perangkat keras, juga versi Android yang ada.

More Stories
amd radeon 7
AMD Radeon VII: GPU 7nm Pertama Di Dunia