Cara Agar Tidak Terganggu Notifikasi Saat Main Game di Android

game offline hitman sniper

Salah satu hal paling mengganggu saat main game adalah munculnya notifikasi di layar. Lalu, bagaimana cara mematikan notifikasi saat main game? Ternyata caranya sangat mudah.

Notifikasi yang muncul di layar memang bisa sangat mengganggu. Entah itu notifikasi WhatsApp, Instagram, Facebook, SMS, atau apa pun. Notifikasi itu bisa menutup layar sehingga kita tidak bisa melihat jalannya permainan. Selain itu, kita bisa salah pencet sehingga malah pindah aplikasi. Hal ini tentunya fatal. Bayangkan kalau kita sedang main Mobile Legends atau PUBG atau game online lain. Di samping bisa mati, kita bisa di-bully.

Beberapa merk smartphone, memang memiliki fitur game mode di dalam skin Android mereka. Mode ini bisa menonaktifkan notifikasi Android saat bermain game. Misalnya di Funtouch OS dari Vivo. Tapi sebagian lainnya tidak memiliki fitur seperti ini. Apalagi yang mendekati Android murni, seperti di handphone ASUS Zenfone Max Pro M1 atau handphone Motorola (misalnya Moto G5s Plus).

Matikan Notifikasi Saat Main Game

Lalu bagaimana cara supaya tidak terganggu notifikasi saat main game? Ya matikan notifikasi di handphone Android-mu untuk sementara waktu. Lho, tapi kan repot mematikan notifikasi aplikasi satu persatu? Tentu tidak. Android memiliki fitur yang disebut ‘Jangan Ganggu‘ atau ‘Do Not Disturb‘ (sudah hadir di Android Lollipop dan dapat perubahan di Android Marshmallow).

Fitur ‘Jangan Ganggu’ atau ‘Do Not Disturb’ ini bisa kamu temui di Quick Setting — menu yang muncul saat kamu menggeser dari pinggir atas ke bawah. Kalau kamu tidak menemukannya di sana, mungkin kamu harus mengganti fitur Quick Setting tersebut.

Fitur Jangan Ganggu di Android 8.1 Oreo

Fitur ‘Jangan Ganggu’ di Android 8.1 Oreo

Kalau fitur ini aktif, Android akan mematikan semua notifikasi untuk sementara. Yah, tergantung pilihan yang kamu ambil. Fitur ini memiliki pilihan: Senyap total (Total silence), Hanya alarm (Alarm only), dan Hanya Prioritas (Priority only). Kamu juga bisa mengatur waktunya. Mau sampai kamu menyalakannya lagi, atau hanya untuk waktu tertentu.

Itu saja. Sangat mudah bukan. Hanya dengan satu kali tekan, kamu bisa main game tanpa terganggu notifikasi apapun. Notifikasi akan tetap hadir. Namun tidak akan muncul (pop-up) di layar dan tidak akan bergetar.

Kalau kamu mau, kamu bisa melakukan setelan lebih jauh lagi. Untuk mengatur fitur ini, tekan tulisan ‘Jangan ganggu ▾‘, lalu tekan tulisan ‘Setelan Lainnya‘ (More Settings).

Di dalam setelan, kamu bisa mengatur prioritas (notifikasi apa yang bisa muncul), blokir gangguan visual (kondisi  dalam mematikan pop-up), atau pengaturan otomatis kapan fitur ini aktif.

setelan fitur jangan ganggu

Setelan fitur ‘Jangan ganggu’ di Android 8.1 Oreo

Kalau kamu lihat di setelan ‘Jangan Ganggu’, yang bisa menjadi prioritas di fitur ini hanyalah Pengingat (Reminder), Acara (Event dan Alarm), Pesan (Messages), dan Panggilan Telepon.

Kamu pun bisa mengatur prioritas ini lebih jauh lagi. Misalnya notifikasi pesan dan panggilan telepon dari kontak tertentu (kamu mungkin harus menandai kontak sebagai favorit). Kamu juga bisa mengatur agar orang yang menelpon berulang bisa masuk (menelpon berulang kali bisa jadi karena hal penting).

Jadi, setelan fitur ini bisa membuatmu lebih yakin. Kamu bisa main game tanpa terganggu notifikasi, tapi tetap bisa menerima dalam kondisi tertentu. Sesuatu yang penting tidak akan terlewat.

Nah itulah cara mematikan notifikasi saat main game di Android. Semoga tutorial ini bisa membantu kamu lebih asik main dan tidak di-bully oleh gamers lain. Salam olahraga!

Ada komentar?