Cara Menggunakan Office Online di Microsoft Edge

Microsoft Office online

Update Windows 10 Insider Preview build 14366 di rilis kemarin, dan salah sat u fitur baru yang hadir pada build tersebut adalah ekstensi Office Online di Microsoft Edge. Dengan ekstensi tersebut, kita bisa menggunakan aplikasi Office secara gratis, jadi sangat bermanfaat buat kalian yang enggan mengeluarkan uang untuk berlangganan Office 365.

Jadi bagaimana cara menggunakan Office Online di browser Microsoft Edge? tidak sulit, pastikan kalian sudah menggunakan update terbaru (build 14366) di PC. Jika sudah, kalian harus menginstall ekstensinya di Store (klik disini).

ekstensi office online
ekstensi Office Online di Store

Setelah selesai menginstall ekstensi Office Online, bukalah browser Microsoft Edge, kalian akan menemukan pesan pop-up bahwa ada ekstensi baru yang terpasang (Office Online). Aktifkan plugin tersebut dengan memilih ‘Turn it on’.

turn it on
pilih ‘turn it on’

Setelah ekstensi aktif, kalian bisa pilih ikon […] di pojok kanan atas dari Microsoft Edge, dan pilih logo Office seperti yang bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.

ekstensi office

Setelah itu kalian akan di bawa pada pilihan penyimpanan file. Ada dua pilihan, yaitu OneDrive dan OneDrive for Business, belum ada pilihan untuk menyimpan ke hardisk PC. Pilih salah satu layanan yang kalian punya (untuk personal biasanya OneDrive), kemudian login menggunakan akun OneDrive.

onedrive login

Setelah berhasil masuk, berarti kalian sudah bisa menggunakan Office Online melalui Microsoft Edge. Tampilan pada ekstesni akan menampilkan filie-file yang baru-baru saja di buka. Untuk menampilkan semua file, pilih ‘Lihat selengkapnya’. Microsoft Edge akan membuka tab untuk menampilkan file-file dokumen Office kalian yang tersimpan di OneDrive (lihat gambar di bawah).

office online microsoft edge

Tampilan dari Office Online ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi Office yang ada di PC, jadi kita tidak perlu banyak mempelajari tampilan dan letak dari pilihan menu. Secara fungsi pun, Office Online cukup lengkap, hampir tidak memiliki perbedaan dengan yang berbayar.

edit office online
tampilan edit file

Nah begitulah cara mengaktifkan dan menggunakan Office Online melalui browser Microsoft Edge. Untuk tips Office Online lain, akan kami tuliskan di artikel lain.