Cara Menghapus Data yang Sama di Microsoft Excel

Indri Penulis

Suka kerepotan menghapus data yang sama di Excel karena banyak banget? Mungkin kamu bisa coba cara menghapus data yang sama di Excel ini.

Sudah bukan rahasia lagi kalau Microsoft Excel jadi salah satu aplikasi kerja yang paling banyak digunakan, khususnya buat karyawan kantoran yang bagian ngurusin data. Pasti mereka nggak bakal bisa pisah sama aplikasi yang satu ini.

Nggak heran juga sih. Pasalnya Microsoft Excel memang menyediakan tools lengkap untuk mengutak-atik data. Makanya Microsoft Excel sering dipakai rujukan banyak orang. Yah walaupun sebenarnya ada beberapa aplikasi alternatif Microsoft Excel sih.

Walau sering dipakai banyak orang, tapi nggak sedikit pengguna yang masih bingung mengoperasikan Microsoft Excel lho. Contoh yang paling simpel adalah ketika ada banyak data yang sama (duplicate data) di dalam form. Kalau dihapus satu per satu pasti merepotkan. Tapi mau menghapusnya secara otomatis masih bingung caranya.

Hehehe tenang dulu. Nggak perlu panik. Caranya gampang banget kok. Kamu tinggal praktikkan saja cara menghapus data yang sama di Microsoft Excel berikut ini.

Sebelum menghapus data, kamu perlu mencari tahu terlebih dulu. Kira-kira beneran ada data yang sama atau nggak. Terus, bagaimana cara mengetahui ada data yang sama di Microsoft Excel? Ini langkah-langkahnya:

  • Buka file Excel-mu.
  • Sekarang blok semua data yang akan kamu pilah nantinya.
  • Setelah itu, klik “Home > Conditional Formating > Highlight Cell Rules.”
  • Selanjutnya klik “Duplicate Value.”
  • Klik tombol “Ok” untuk mengonfirmasi perintah.

Kalau ada data yang sama di dalam form-mu, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini gengs. Data yang kembar bakal disorot dengan warna tertentu.

Sekarang saatnya menghapus data yang sama di Excel secara otomatis. Oke kalau begitu, mari kita lakukan!

  • Blok semua data seperti yang ada di gambar (kecuali judulnya ya).
  • Setelah itu klik “Data > Remove Duplicate.”
  • Klik tombol “Ok” untuk mengonfirmasi perintah.

Tadaa.. Semua data duplikat sudah hilang. Kamu juga bakal melihat pemberitahuan, lengkap dengan jumlah data duplikat yang telah dihapus sebelumnya.

    %d blogger menyukai ini: