Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

5 Rekomendasi Aplikasi Alternatif Pengganti Microsoft Excel

Indri Penulis

Kamu sedang cari aplikasi pengganti Microsoft Excel? Tenang, kamu bisa temukan beberapa rekomendasi aplikasi di artikel ini.

Dalam dunia perkantoran, orang-orang tentunya sudah nggak asing dengan Microsoft Excel. Aplikasi yang satu ini biasa dipakai buat bikin laporan keuangan, atau berbagai urusan yang berhubungan dengan angka dan tabel.

Walau pun berbayar, tapi aplikasi yang tergabung dalam Microsoft Office diklaim punya fitur sangat lengkap. Terus ada nggak sih aplikasi alternatif pengganti Microsoft Excel? Ada dong!

Kali ini saya telah merangkum beberapa aplikasi alternatif Microsoft Excel. Cocok buatmu yang bosan atau kesulitan pakai Excel, atau bahkan malas pakai Excel gara-gara berbayar.

Google Sheets

Google Sheets adalah program spreadsheet berbasis web bikinan Google. Kalau Microsoft Excel bisa kamu pakai secara offline, Google Sheets dipakai secara online dengan memanfaatkan penyimpanan Cloud Storage Google Drive.

Sumber : EdGadget

Karena sifatnya online, jadi kamu bisa mengakses Google Sheets dari berbagai browser. Nggak cuma itu, kamu juga bisa mengakses aplikasi ini lewat smartphone.

Lalu apa manfaatkan aplikasi Google Sheets? Aplikasi ini bisa kamu pakai buat mengolah, mengurutkan dan memanipulasi data. Kalau di perusahaan, biasanya aplikasi ini dipakai untuk mengolah data seperti laporan penjualan, keuangan, piutang, dll.

Kamu juga bisa memanfaatkan Google Sheets untuk melakukan perhitungan matematis, hingga membuat grafik dan diagram. Satu lagi yang bikin aplikasi ini menarik. Kamu bisa melakukan kolaborasi dengan rekan kerjamu (misal untuk mengedit dokumen, membagikan file, dll).

LibreOffice Calc

Pernah dengan soal aplikasi ini? Buat yang belum dengar, jadi LibreOffice adalah paket aplikasi perkantoran open source yang dikembangkan oleh The Document Foundation.

Sumber : Wikipedia

Sedangkan LibreOffice Calc adalah satu dari enam program yang dimiliki LibreOffice. Kelima program lain yang ada di paket aplikasi ini antara lain Writer, Impress, Draw, Math dan Base.

Lalu apa fungsi aplikasi LibreOffice Calc? Jadi aplikasi ini berfungsi untuk membuat dan memanipulasi data angka, teks, dan berbagai rumus matematis. Selanjutnya aplikasi ini bakal menampilkannya sebagai sebuah tabel data terstruktur atau grafik menarik.

LibreOffice Mac saat ini telah tersedia untuk perangkat Windows, Mac OS X dan Linux. Sayangnya sampai artikel ini ditulis, belum ada versi mobile-nya.

WPS Spreadsheet

WPS Speadsheet punya antarmuka yang hampir mirip dengan Microsoft Excel. Jadi kalau kamu sudah pernah pakai Excel, kamu nggak bakal kesulitan menggunakannya.

Sumber : Pinterest

Aplikasi ini menyajikan berbagai template yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan (pendidikan bisnis, kantor, resume, dll). Dia juga sudah dibekali perangkat lunak konversi PDF bawaan.

Untuk pengolahan data, kamu nggak perlu khawatir. WPS Spreadsheet dilengkapi berbagai rumus dan fungsi seperti ekspresi bersyarat, pengurutan, pemfilteran, konsolidasi, dll.

Satu lagi keunggulan aplikasi ini. Dia sudah kompatibel dengan aplikasi Microsoft Excel. Semua file bikinanmu juga bisa kamu bagikan via email.

AirTable

Aplikasi ini cocok banget buat kamu yang suka bikin tabel untuk mengatur data. Misalnya untuk merencanakan pernikahan dan ingin bikin daftar tamu, checklist keperluan lokasi, dll.

membuat tabel dengan mudah di Airtable

Nah, yang membedakan AirTable sama aplikasi Excel adalah fungsinya. AirTable lebih untuk melakukan pengaturan data, bukan untuk mengolah data seperti di Excel.

Di aplikasi ini kamu bisa membuat dan mengatur berbagai database sesuai kategori, berkolaborasi dengan orang lain, memilih tampilan sesuai kategori (seperti tabel biasa, galeri, kalender, dll).

Notion

Notion adalah aplikasi yang dirancang untuk membuat data dengan tampilan sederhana. Nggak cuma catatan teks, Notion juga bisa dipakai untuk membuat tabel, list, menambah gambar atau video, sampai format kode untuk pekerjaanmu.

Sumber : Zetizen

Aplikasi ini juga dibekali fitur untuk melakukan kolaborasi bersama tim. Notion juga menyediakan berbagai template, yang bisa kamu pakai untuk menambah catatan dengan format tertentu.