Biar Nggak Boros, Begini Cara Menghemat Penyimpanan SSD di PS5

PS5 hadir dengan penyimpanan SSD yang tidak terlalu besar. Agar tidak boros, cobalah cara menghemat penyimpanan SSD PS5 berikut ini.

Konsol terbaru Sony, PlayStation 5 (PS5) telah resmi keluar. Konsol ini menghadirkan daftar game yang sangat luas. Bahkan PS5 juga mendukung berbagai game PS4 lho. Bisa dibilang kalau soal game, PS5 tidak akan kekurangan.

Sayangnya, beberapa game PS5 (atau yang kompatibel dengannya) ada yang berukuran besar. Makanya, kalian harus lebih hati-hati dalam mengelola data.

Tapi kalian tidak perlu khawatir. Saya akan memberi kalian cara mudah menghemat penyimpanan SSD di PS5.

Cara Menghemat SSD PS5
Sumber Gambar : The Sun

Cara Menghemat Penyimpanan SSD PS5

PS5 hadir dengan SSD 825GB untuk penyimpanan, sedangkan sekitar 667GB di antaranya bisa digunakan secara gratis.

Nah, dengan ukuran game yang makin besar seperti Call of Duty: Black Ops Cold War (200GB), jelas memori SSD di PS5 akan cepat terkuras.

Jelas ini adalah masalah serius. Sebab game PS5 harus diinstal ke dalam drive internal. Game PS5 juga tidak bisa dipindahkan ke drive eksternal.

Bukan cuma itu. Untuk sementara ini, pengguna juga tidak bisa memperluas penyimpanan internal PS5. Yah, meskipun hal tersebut dapat dilakukan di masa yang akan datang (kata Sony). Lalu bagaimana tips menghemat SSD di PS5?

Prioritaskan Game Kesukaan Kalian

Perlu kalian ingat, setiap game yang kalian punya di perpustakaan akan memakan ruang di SSD PS5. Ini juga termasuk disk game yang perlu memuat data ke drive.

Saya paham, kalian mungkin ingin mengunduh semua game yang menarik. Tapi untuk masalah ini, saya sarankan agar kalian fokus dulu ke gamegame ‘penting’ atau yang ‘paling disukai.’

Tenang saja. Kalian akan selalu memiliki akses game yang dibeli di perpustakaan akun. Jadi meskipun kalian menghapus game dari drive, kalian masih bisa mengunduhnya lagi jika sewaktu-waktu ingin memainkannya.

Matikan Pembaruan Otomatis

Umumnya, pembaruan (update) game yang kalian install di konsol akan diunduh otomatis ke drive. Hal ini terjadi saat konsol online.

Untuk mengoptimalkan ruang, pastikan untuk mematikan fitur update otomatis. Dengan begitu, kalian bisa lebih fokus mengunduh game tertentu saja.

Matikan Fitur ‘Trophy Videos’

PS5 punya fitur ‘Trophy Videos.’ Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan PS5 menyimpan video saat kalian mendapatkan trofi. Secara default, kumpulan video ini akan disimpan dalam drive dan akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Agar lebih hemat ruang, sebaiknya kalian nonaktifkan saja fitur ini. Jika kalian benar-benar ingin menyimpan momen saat meraih trofi, cukup ketuk tombol bagikan. Setelah itu, momen akan langsung disimpan sebagai video.

Gunakan Penyimpanan Eksternal

Game PS5 memang tidak bisa dipindahkan ke drive eksternal. Tapi hal ini tidak berlaku untuk game PS4 yang kompatibel dengan PS5. Kalian bisa memainkan game PS4 di PS5 lewat drive eskternal.

Caranya, colokkan saja drive eksternal lewat USB. Kemudian unduh game PS4 yang kalian suka langsung ke drive eksternal. Tadaa.. Kalian bisa langsung memainkan game tersebut lewat drive eksternal (waktu loading bervariasi tergantung drive yang dipakai).

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: