Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Cara Menghentikan Aplikasi Secara Paksa (Force Quit) di Mac

kalau ada aplikasi yang ngadat

Anom Penulis

Ya, bahkan di sistem operasi yang terkenal stabil seperti macOS pun aplikasi bisa ngadat. Untungnya, kita bisa menghentikan aplikasi secara paksa (Force Quit) di Mac. Menariknya, salah satu caranya pun mirip di Windows.

Aplikasi yang berhenti bekerja bisa terjadi di platform apapun. Penyebabnya pun beragam. Mulai dari RAM penuh sampai ada masalah pada aplikasi tersebut.

popculture.id

Tentu hal ini bisa mengganggu aktivitas dan kinerja komputer. Jadi tidak ada salahnya menghentikan aplikasi secara paksa jika memang perlu. Biasanya, macOS kemudian menawarkan mengirim catatan kendala pada Apple untuk memperbaikinya di masa depan (jika memang ada kendala pada aplikasi atau sistem operasi).

Nah, bagaimana caranya menghentikan aplikasi secara paksa di Mac? Ada beberapa pilihan untuk melakukannya.


Lewat Dock

Kalau sebuah aplikasi yang kamu pasang di Dock berhenti bekerja, kamu bisa coba klik kanan pada ikon aplikasi tersebut. Sistem operasi akan memunculkan pilihan ‘Force Quit’. Kalau kamu klik pada pilihan itu, macOS akan memaksa menutup aplikasi itu.

menghentikan aplikasi dari dock mac

Lewat Jendela ‘Force Quit Applications’

macOS punya jendela khusus untuk menutup aplikasi secara paksa. Untuk memunculkan jendela ‘Force Quit Applications’ ini, kamu bisa klik logo Apple di Menu Bar () > Force Quit… atau kamu bisa menekan kombo Cmd + Option + Esc.

jendela untuk menghentikan aplikasi secara paksa di mac

Ketika jendela itu muncul, kamu bisa memilih aplikasi yang ingin kamu tutup, lalu klik tombol ‘Force Quit‘. macOS pun akan menutup paksa aplikasi tersebut.


Melalui ‘Activity Monitor’

Kamu juga bisa menutup aplikasi secara paksa lewat ‘Activity Monitor’, sebuah fitur yang mirip Task Manager di Windows. Kamu bisa membuka ‘Activity Monitor’ lewat ‘Launchpad’ atau mencarinya lewat Spotlight (tekan Cmd + Space lalu ketik: Activity Monitor).

Setelah jendela ‘Activity Monitor’ muncul, kamu bisa melihat aplikasi yang tidak responsif alias berhenti bekerja. Pilih aplikasi itu, lalu klik tombol Tutup di Menu. Kemudian tekan ‘Force Quit’ dari pilihan yang muncul.


Nah, itulah beberapa cara untuk menghentikan aplikasi secara paksa di Mac. Namun harap kamu ingat, lakukan hal ini jika memang perlu. Kalau aplikasi masih bisa kamu tutup secara normal, maka itu akan lebih baik.

Oya, kalau kamu ingin mengetahui shortcut yang ada di sistem operasi macOS lebih jelas, kamu bisa unduh aplikasi ‘Cheatsheet‘.

    %d blogger menyukai ini: