Diskon VPN terbaik: Klik di sini

CheatSheet: Melihat Shortcut Keyboard Mac

cheatsheet shortcut keyboard

Shortcut keyboard setiap aplikasi atau program bisa jadi berbeda. Kalau kamu seorang pengguna Macbook atau iMac, coba CheatSheet. Sebuah aplikasi untuk melihat shortcut tiap aplikasi.

Kalau sudah terbiasa, menggunakan shortcut adalah langkah cepat dalam mengoperasikan komputer. Tinggal pencet kombinasi tombol keyboard, perintah bisa langsung berjalan. Tidak perlu menggeser kursor dan repot dengan mouse atau trackpad.

Nah, kalau bicara soal shortcut keyboard di Mac, CheatSheet adalah aplikasi yang bisa membantu. Seperti namanya, ia akan memunculkan daftar shortcut untuk tiap aplikasi yang aktif.

Sebagai contoh, kalau kamu sedang menggunakan browser Google Chrome, maka CheatSheet akan menunjukkan daftar shortcut Chrome. Kalau kamu sedang memakai Microsoft Excel, maka yang muncul adalah shortcut Excel.

shortcut keyboard excel
CheatSheet menunjukkan shortcut Excel

CheatSheet bekerja di latar belakang. Setelah memasangnya di Macbook atau iMac milikmu, kamu tidak akan sadar kehadiran aplikasi ini. Bahkan tidak ada ikon di menu bar. Seperti ninja!

Cara memunculkan daftar shortcut pun mudah. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memencet tombol Command ⌘ agak lama (dalam kondisi aplikasi atau program aktif). Nanti akan muncul pop-up berisi daftar shortcut aplikasi yang bersangkutan.

Ada yang harus kamu perhatikan. Tidak semua shortcut akan langsung muncul secara lengkap. Hal ini tergantung pada masing-masing aplikasi dan jendela yang terbuka.

Sebagai contoh, kalau kamu membuka Photoshop tapi belum membuka file, maka shortcut yang muncul hanya sedikit. Karena banyak fungsi yang belum aktif.

daftar shortcut photoshop
CheatSheet menunjukkan shortcut Photoshop

Tapi ketika kamu sudah membuka salah satu file Photoshop atau membuat berkas baru, maka daftar shortcut Photoshop yang muncul akan lebih lengkap.

Seperti kamu lihat, aplikasi ini sangat menguntungkan. Kamu tidak perlu repot mengingat shortcut setiap aplikasi. Cukup intip dengan Cheatsheet.

Aplikasi ini menurut saya merupakan salah satu aplikasi wajib pengguna Mac. Tidak hanya praktis. Untuk jangka panjang, kamu juga akan semakin mudah mengingat shortcut keyboard yang ada. Dengan begitu, kamu pun semakin fasih mengoperasikan komputer Mac-mu.

Download (macOS / OS X)

More Stories
VERO – Salah Satu Media Sosial Pesaing Instagram