Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Menghilangkan Iklan di YouTube, Cepat dan Mudah

youtube on mac safari

Cara menghilangkan iklan di YouTube penting untuk dipahami bagi para kreator konten maupun para penontonnya. Oleh karena itu, pengalaman menonton video melalui platform asal Amerika Serikat itu bisa kamu tingkatkan.

Seperti yang diketahui, hampir sebagian besar video yang ditayangkan di YouTube diselingi oleh iklan. Kondisi itu membuat beberapa orang merasa terganggu dan kerap ingin melewati iklan yang muncul dengan cepat.

Untungnya, terdapat metode menghilangkan iklan di YouTube yang bisa kamu praktikkan dengan mudah. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini, ya!

Apa Itu Iklan di YouTube?

YouTube merupakan platform berbagi video yang memungkinkan siapa pun menonton konten secara gratis. Ada banyak jenis konten yang bisa diakses melalui situs web yang berdiri tahun 2005 tersebut. Misalnya, video tutorial, vlog, dan masih banyak yang lainnya.

Di tengah keseruan menonton video, terdapat beberapa iklan yang muncul. Bagi sebagian orang, keadaan tersebut cukup membuang waktu sehingga menghilangkan iklan merupakan solusi yang banyak dicari.

Bagi yang belum familier, iklan di YouTube merupakan cara mengiklankan produk melalui video guna menghasilkan jangkauan ke lebih banyak audience. Adanya iklan di YouTube dijadikan sumber penghasilan bagi para kreator konten. 

Itulah sebabnya, tak sedikit dari para YouTuber menyisipkan banyak iklan pada konten yang dimonetisasi. Melalui cara ini, mereka mendapatkan banyak pemasukan dari konten yang ia bagikan. 

Umumnya, iklan di YouTube berkisar antara 15 hingga 20 detik. Akan tetapi, hal itu bergantung pada standar regional yang berlaku. Namun ada pula jenis iklan video pendek yang tidak dapat di-skip dan harus ditonton hingga habis sebelum konten dimainkan.

Baca Juga:  Nonton Video YouTube di Apple Watch? Bisa Aja, Tapi Yah Gitu..

Cara Menghilangkan Iklan di YouTube bagi Kreator Konten

Bila kamu sedang mengelola konten di channel YouTube pribadi, ada beberapa langkah mudah untuk menghilangkan iklan di YouTube. Melalui metode ini, kamu bisa meningkatkan pengalaman subscriber saat menonton konten yang dibagikan. 

Cara ini pula, mereka tak perlu menekan tombol skip saat menikmati konten video yang kamu unggah.

Berikut langkah mudah yang bisa kamu terapkan:

  • Login ke akun YouTube kamu.
  • Setelah itu, klik foto profil kamu dan pilih YouTube Studio.
Cara Menghilangkan Iklan di YouTube
  • Pada menu di sebelah kiri, klik opsi Konten.
  • Selanjutnya, pilih video yang iklannya ingin kamu hilangkan.
  • Lalu, klik Monetisasi di menu sebelah kiri.
Cara Menghilangkan Iklan di YouTube
  • Pada bagian atas kotak Monetisasi, klik Nonaktif atau Off.
  • Berikutnya, klik Terapkan.
  • Terakhir, klik Simpan di bagian kanan atas layar.
  • Selesai.

Kamu bisa mengulangi langkah di atas bila ingin menghilangkan iklan di konten video lainnya sesuai kebutuhan.

Alternatif Menghilangkan Iklan di YouTube bagi Penonton Konten

Bagi kamu yang hanya menonton konten dari YouTuber favorit, kamu bisa menghilangkan iklan yang terselip di dalamnya melalui berbagai alternatif yang tak kalah praktis dan mudah untuk dilakukan. 

Contohnya, berlangganan YouTube Premium atau mengunduh konten video yang ingin ditonton. Untuk mengetahui dua alternatif tersebut lebih lanjut, berikut uraiannya masing-masing.

Berlangganan YouTube Premium

Berlangganan YouTube Premium menjadi solusi paling efektif untuk menghindari ‘serangan’ iklan yang ada di video YouTube. Fitur premium ini diperkenalkan pada tahun 2014 dan menghadirkan beberapa pengalaman tambahan yang tak ditemukan pada layanan YouTube biasa.

Tak sekadar menghilangkan iklan, berlangganan YouTube Premium juga memungkinkan kamu mengakses konten video eksklusif dan YouTube Music. Dengan cara ini pula, kamu bisa tetap mendukung YouTuber yang kontennya kamu tonton meski tak ada iklan di dalamnya. 

Baca Juga:  Asik.. Share Lagu YouTube Music ke Instagram Stories Sekarang Bisa!

Pasalnya, YouTube Premium memungkinkan si pembuat konten tetap mendapatkan penghasilan dari video yang ia bagikan.

Bisa dibilang, hadirnya YouTube Premium sebagai opsi solutif yang bisa menguntungkan pihak kreator maupun penonton. Untuk itu, bagi kamu yang ingin tetap mendukung perkembangan channel favorit tanpa terganggu adanya iklan, berlangganan fitur premium dari YouTube dapat dijadikan pilihan yang tepat dan aman.

svg%3E

Mengunduh Video yang Akan Ditonton

Alternatif agar terhindar dari adanya iklan di YouTube adalah mengaksesnya secara offline. Artinya, kamu harus mengunduh video yang akan ditonton. Dengan cara ini, kamu bebas mengakses keseluruhan konten tanpa khawatir terjeda oleh iklan yang dianggap mengganggu.

Saat ini, banyak aplikasi maupun situs web gratis yang memfasilitasi siapa pun untuk mengunduh video secara gratis. Salah satu platform seperti 4K Video Downloader menjadi opsi yang bisa kamu pilih untuk mengunduh konten video YouTube secara otomatis dari channel yang kamu subscribe.

Platform ini juga memfasilitasi kamu mengunduh kumpulan daftar playlist dan konten channel sesuai keinginan.

Namun perlu diingat, metode ini mungkin saja tak diizinkan bila digunakan untuk tujuan komersil. Dalam artian, kamu tak disarankan untuk mengunduh video dan mengunggahnya kembali tanpa seizin pemilik konten.

Lebih dari itu, mengunduh video YouTube umumnya merupakan hal yang bertentangan dengan persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak YouTube.

What’s Next

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui cara menghilangkan iklan di YouTube untuk meningkatkan pengalaman menonton video tanpa gangguan. Alternatif di atas bisa kamu terapkan sesuai kebutuhan. 

Pastikan pula untuk tetap menerapkan cara yang aman agar tak terjadi berbagai masalah yang tak diinginkan. Kamu bisa membagikan informasi ini ke orang terdekatmu agar mereka juga bisa meningkatkan kenyamanan saat menonton konten yang disukai.

Baca Juga:  3 Channel YouTube untuk Ditonton Hewan Peliharaan Pas Kamu Nggak Di Rumah

Bila kamu memiliki pertanyaan ataupun topik lainnya yang ingin diulas lebih lanjut, jangan lupa tinggalkan komentar di bawah, ya!