Cara Menghilangkan Malware di Komputer Secara Manual

Bagi pengguna komputer, istilah seperti malware, trojan, worm dan virus tentu tidak asing. Berikut ini cara mudah menghilangkan berbagai malware di komputer Windows.

Malware adalah pemrograman atau file yang dibuat dengan tujuan melukai. Malware termasuk virus komputer, worm, trojan horse, spyware, pembajak, dan jenis adware tertentu.

Komputer yang terserang malware sangat beragam. Ada yang bisa dideteksi dengan mudah, dan ada pula yang sama sekali tidak terlihat.

Malware tentu sangat merugikan pengguna komputer. Apalagi malware berbahaya seperti ransomware yang dapat mengenkripsi data komputer dan minta tebusan uang.

Sumber Gambar : Hacker Combat

Jangan khawatir karena malware-malware itu dapat dihilangkan. Berikut ini saya bagikan tips menghilangkan malware di komputer WIndows.

Cara Menghilangkan Malware Secara Manual

Penggunaan antivirus maupun anti-malware memang perlu. Sebab keduanya mampu menangkal dan menghapus beberapa jenis malware atau virus.

Sayangnya ada beberapa antivirus atau anti-malware yang tidak dapat mendeteksi malware. Oleh sebab itu, kalian perlu memeriksa malware secara manual di komputer berbasis Windows.

Beberapa malware biasanya akan bersarang di aplikasi. Kalian perlu memeriksa semua aplikasi untuk memastikan ada malware atau tidak di dalamnya.

Jika program tertentu terbukti terinfeksi malware, maka kalian harus cepat menghapusnya. Simak langkah-langkah berikut ini:

  • Download program Autoruns by Sysinternals.
  • Ekstrak program tersebut di partisi β€˜C:’.
  • Reboot komputer menjadi Safe Mode agar lebih aman.
  • Arahkan menu ke folder β€˜C: \ Autoruns’.
  • Klik dua kali pada β€˜exe’.
  • Saat program mulai, klik menu β€˜Options’.
  • Aktifkan opsi β€˜Include empty locations’, β€˜Include empty locationsβ€˜ dan β€˜Include empty locations.’
  • Tekan tombol F5 pada keyboard untuk menyegarkan daftar startup.

Setelah itu, Autoruns akan menampilkan informasi tentang entri startup di 8 tab berbeda. Sebagian besar nama file yang dicari ada di bawah tab Logon atau Services.

Kalian bisa klik masing-masing tab untuk melihat nama file yang ingin dihapus. Nama file ada di bawah kolom Image Path.

Jika sudah selesai menghapus malware, kalian tinggal reboot ke mode normal. Setelah itu komputer akan bersih dari infeksi malware.

More Stories
Receipt Tracker: Untuk Mencatat Pengeluaran Kita